Beranda Belajar Islam Jalan Kebenaran Madzhab Rasul

Madzhab Rasul

865
6
Wajibkah orang awam bermadzhab? Wajibkah ia mengikuti salah satu dari madzhab yang empat?
Pertanyaan seperti di atas pernah diajukan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin sebagai berikut.
Apakah orang awam yang bukan seorang yang alim dalam hal madzhab wajib baginya mengikuti madzhab tertentu dari empat madzhab yang ada? Lalu mana madzhab yang baiknya diikuti?
Jawaban Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin:
Yang tepat, tidak wajib bagi seorang pun untuk memilih madzhab tertentu. Madzhab yang jelas yang wajib untuk diikuti adalah madzhab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan seluruh imam yang empat juga menginginkan agar kita bisa berpegang teguh dengan madzhab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena manusia (selain Rasul) bisa benar dan salah. Jadi tidak ada manusia selain Rasul yang wajib mutlak untuk diikuti.
Namun kami nyatakan bahwa siapa saja dari imam tadi yang berada di atas kebenaran, maka wajib untuk diikuti karena kita memandang bahwa ia benar, bukan karena memandang person atau sosoknya.
Inilah jawaban kami untuk persoalan seperti ini.
Sumber: Silsilah Fatawa Nur ‘ala Ad-Darb, kaset no. 56.
Semoga jadi ilmu yang bermanfaat.
Diterjemahkan di Saudia Airlines saat menuju Madinah, kota Nabi, 17 Rabi’ul Awwal 1437 H
Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal
Channel Telegram @RumayshoCom, @DarushSholihin

6 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaykum , ustad, bagaimana dengan kita yang masih belum paham betul dengan ilmu agama , bersikap terhadap mahdzab yang 4 , apakah jika kita mengikuti mahdzab imam syafi’ dalam hal fiqh sholat nya , maka kita harus berpegang teguh pada mahdzab tsb untuk fiqh yg lain yg berkaitan dengan sholat , thaharah , dan tidak boleh mengambil fiqh mahdzab imam yg lain …mohon penjelasan

  2. Assalamu’alaikum Pak Tuasikal,
    Apakah “Khuruj Fisabilillah” yang selama ini dilakukan oleh Jama’ah Tabligh sesuai dengan tuntunan Rasul SAW? Mohon penjelasannya sejelas mungkin.
    Terima kasih dan Wassalamu’alaikum…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar!
Mohon tulis nama Anda di sini