Beranda Belajar Islam Akhlaq Tips Bergaul

Tips Bergaul

895
5

Islam memerintahkan supaya mencari teman bergaul yang baik, bergaullah dengan mukmin dan hindarilah bergaul dengan orang fasik.

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تُصَاحِبْ إِلاَّ مُؤْمِنًا وَلاَ يَأْكُلْ طَعَامَكَ إِلاَّ تَقِىٌّ

Janganlah engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Janganlah memakan makananmu melainkan orang bertakwa.” (HR. Abu Daud no. 4832 dan Tirmidzi no. 2395. Hadits ini hasan kata Syaikh Al Albani).

Yang dimaksud orang bertakwa adalah orang yang menjadikan antara dirinya dengan keharaman rasa takut pada Allah.

Hadits di atas berisi dua wasiat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wasiat pertama, perintah bergaul atau bersahabat dengan orang yang mukmin lagi memiliki sifat wara‘ (yang menjauhi yang haram). Jangan sampai seorang mukmin bersahabat dengan orang kafir, munafik dan orang fasik serta orang yang hanya mengikuti hawa nafsunya. Alasan terlarangnya adalah karena dapat memberikan mudhorot atau bahaya untuk dunia dan agamanya.

Wasiat kedua adalah hendaklah makanan yang seorang muslim miliki diberikan pada orang yang bertakwa. Artinya, ia diperintahkan untuk bergaul dengan orang yang bertakwa saat makan. Karena berkumpul saat makan akan menimbulkan rasa cinta dalam hati.

Ringkasnya, hadits di atas memerintahkan pada kita untuk bergaul dengan orang yang beriman, bertakwa dan amanat. Dan hendaklah kita menghindari bergaul dengan orang-orang yang rusak, orang kafir dan ahli maksiat, ditambah jika tidak bisa memberikan pengaruh pada mereka.

Hanya Allah yang memberi taufik.

 

Referensi:

Arba’una Haditsan Kullu Haditsin fii Khoslatain, Syaikh Prof. Dr. Sholih bin Ghonim As Sadlan, terbitan Dar Balansiah, cetakan kedua, tahun 1421 H, hal. 101-102.

Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal

Wonosari, Gunungkidul, 8 Safar 1435 H, 11: 40 AM, ditulis via my iPad

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom

Akan segera terbit buku terbaru karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, yaitu Buku Mengenal Bid’ah Lebih Dekat (harga: Rp.13.000,-). Bagi yang ingin melakukan pre order, kirimkan format pemesanan via sms ke no 0852 0017 1222 atau via PIN BB 2AF1727A: Buku Bid’ah#Nama#Alamat#no HP. Nanti akan diingatkan ketika buku sudah siap untuk dikirim.

5 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum ustadz,
    saya pernah membaca hadits yg intinya, bhw seseorang kelak di syurga diijinkan Allaah utk mencari temannya (semasa didunia) agar dikeluarkan dr neraka. Atas ijin Allaah mrk diberikan syafaat. Apakah dalil ini shahih..?
    syukron ustadz.
    barakallahu fiyk

  2. ustadz…bagaimana mau dapat teman yg sholehah, bila teman sholehah tsb hanya mau berteman dengan teman yg sudah sholehah juga, bagi ana yg baru mau hijrah kesulitan mencari teman sholehah, mereka seperti ketakutan terkena virus, padahal ana mau belajar dari mereka, mereka kurang merangkul teman2 yg baru mau hijrah maupun baru berniat hijrah…mohon ustadz berikan nasehat bagi mereka stadz….rangkul kami….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar!
Mohon tulis nama Anda di sini