Keutamaan Kota Madinah dan Batas Wilayahnya
Apa saja keutamaan kota Madinah? Bagaimana batas wilayahnya yang masuk tanah haram?
Bulughul Maram karya Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani
كِتَابُ اَلْحَجِّ
Kitab Haji
بَابُ اَلْإِحْرَامِ وَمَا يَتَعَلَّقُ بِهِ
BAB SEPUTAR IHRAM DAN YANG TERKAIT DENGANNYA
Kemuliaan dan Batas Kota Madinah
Hadits #740
وَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَاصِمٍ ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ ( قَالَ: { إِنَّ إِبْرَاهِيمَ حَرَّمَ مَكَّةَ وَدَعَالِأَهْلِهَا, وَإِنِّي حَرَّمْتُ اَلْمَدِينَةَ كَمَا حَرَّمَ إِبْرَاهِيمُ مَكَّةَ، وَإِنِّي دَعَوْتُ فِي صَاعِهَا وَمُدِّهَابِمِثْلَيْ مَا دَعَا إِبْرَاهِيمُ لِأَهْلِ مَكَّةَ } مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari ‘Abdullah bin Zaid bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Ibrahim mengharamkan kota Makkah dan mendoakan untuk penghuninya. Aku mengharamkan kota Madimnah sebagaimana Ibrahim mengharamkan kota Makkah. Aku mendoakan untuk sha’ dan mud-nya seperti yang didoakan Ibrahim untuk penghuni Makkah.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 2129 dan Muslim, no. 1360]
Faedah hadits
- Nabi Ibrahim menjadikan Makkah sebagai tanah haram.
- Nabi Ibrahim berdoa agar Makkah diberkahi dan diluaskan rezeki.
- Nabi Muhammad menjadikan Madinah sebagai tanah haram, di mana tidak boleh menyakiti binatang buruan dan tidak boleh memotong pohon.
- Penduduk Madinah didoakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam agar mendapatkan keberkahan rezeki.
- Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan sha’ dan mud Madinah.
- Makanan dan minuman di Madinah diberkahi.
- Penduduk Madinah diberikan sifat pandai bersyukur dengan yang sedikit.
Hadits #741
وَعَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ ( قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ ( { اَلْمَدِينَةُ حَرَمٌ مَا بَيْنَ عَيْرٍ إِلَى ثَوْرٍ } رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Madinah itu tanah haram antara ‘Air dan Tsaur.” (HR. Muslim) [HR. Bukhari, no. 6755 dan Muslim, no. 1370]
Faedah hadits
Batasan Kota Madinah:
- batas selatan adalah Jabal ‘Ayr , yang merupakan bukit hitam kemerahan yang memanjang dari timur ke barat, bukit ini dekat dengan Dzulhulaifah (Bir ‘Ali atau Abyar ‘Ali).
- batas utara adalah Jabal Tsaur, adalah bukit kecil berada di belakang gunung Uhud dari utara.
- batas timur adalah Harrah Syarqiyyah, disebut pula Harrah Waqim, Hrarrah Bani Haritsah, yang masuk dalam tanah haram.
- batas barat adalah Harrah Gharbiyyah, disebut pula Harrah Al-Wabroh, berakhir pada Wadi Al-‘Aqiq dan masih masuk pada tanah haram. Disebut Harrah karena di atas tanahnya ada batu hitam.
- Jarak batas utara dan selatan dari kota Madinah adalah 15 km.
- Jabal ‘Ayr adalah gunung terbesar kedua di kota Madinah setelah Gunung Uhud. Jaraknya dari Masjid Nabawi sekitar 8,5 km.
- Jabal Tsaur berjarak 8 km dari Masjid Nabawi, dan 15 km dari Jabal ‘Ayr.
- Ada 161 tanda di berbagai penjuru Madinah yang dibuat oleh Kementrian Dalam Negeri Kerajaan Saudi Arabia untuk menunjukkan batas daerah tanah haram dari kota Madinah sehingga tanda tersebut bisa disaksikan ketika di darat maupun di udara.
Faedah dari batas kota Madinah ini adalah:
- berkah doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
- diharamkannya berburu
- Dajjal tidak akan masuk di dalamnya
- Wabah tha’un tidak akan masuk di dalamnya
Adapun berlipatnya pahala hanyalah khusus di Masjid Nabawi, tidak di masjid lainnya di kota Madinah.
Baca juga:
- Seluk Beluk Kota Madinah
- Keutamaan Tanah Haram Makkah
- Seluk Beluk Kota Makkah
- Keutamaan Shalat di Masjid Nabawi
- Keutamaan Ziarah ke Masjid Nabawi
- Khasiat Kurma Ajwa (Kurma Madinah)
Referensi:
- Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. Jilid Ketiga. 5:244-248.
- Fiqh Bulugh Al-Maram li Bayaan Al-Ahkaam Asy-Syar’iyyah. Cetakan pertama, Tahun 1443 H. Syaikh Prof. Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily. Penerbit Maktabah Daar Al-Bayan. 2:622-625.
–
Diselesaikan di Makkah, 1 Dzulhijjah 1444 H, 19 Juni 2023
Artikel Rumaysho.Com
cocok sekali untuk salah satu referensi
metode dakwah yang digunakan dalam penyusunan artikelnya sangat sederhana kuat hujahnya dan mudah dipahami
bahasanya mudah di pahami dan mudah dimengerti