Umum

Masih Ragu Merokok itu Haram

Ada sebuah soal di website Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz yang pernah menjabat sebagai ketua komisi fatwa di KSA (Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’):

Sahabatku masih belum yakin akan haramnya merokok. Sahabatku tersebut berkata, “Aku tidak mau membenarkan hal itu sampai aku sendiri yang mendengar fatwa dari Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz yang menerangkan tentang hukum merokok.” Jadi tolong, wahai Syaikh untuk menyampaikan nasehat pada sahabatku tersebut. Jazakumullah khoiron.

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz memberikan jawaban,

Merokok menurut kami hukumnya haram. Kita pun telah mengetahui bagaimana hukum rokok itu sendiri dari sisi bahaya yang begitu banyak yang ditimbulkan. Itulah mengapa rokok itu haram tanpa diragukan lagi. Para pakar kesehatan telah menyatakan bahwa rokok dapat menimbulkan bahaya yang amat banyak. Oleh karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk meninggalkan dan berhati-hati dengan rokok. Allah sendiri melarang orang yang beriman mencelakakan dirinya sendiri. Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195). Allah Ta’ala juga berfirman,

وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu“. (QS. An Nisaa: 29).  Oleh karenanya, wajib bagi setiap mukmin dan mukminah untuk menjauhi apa yang Allah haramkan dan apa yang menimbulkan bahaya bagi agama, diri dan badannya. Allah sungguh amat menyayangi hamba-Nya, jadinya Allah pun melarang segala hal yang bisa memudhorotkan mereka. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

لا ضَرَرَ ولا ضِرارَ

Tidak boleh memulai memberi dampak buruk (mudhorot) pada orang lain, begitu pula membalasnya.” Rokok sudah amat jelas memberikan dampak bahaya dan hal ini telah disepakati oleh pakarnya, yaitu para dokter. Ahli kesehatan dan para peneliti telah sepakat (berijma’) akan dampak rokok yang amat-amat berbahaya.

Aku menasehati kepada sahabatmu untuk bertakwa pada Allah dan hendaklah ia meninggalkan hal-hal yang kotor, lalu hendaklah ia bertaubat pada Allah karena dosa tersebut. Semoga seperti ini bisa mengendalikan kesehatannya, selamat dari murka Allah, dan hartanya pun jadi terjaga (tidak boros).

Wallahul musta’an.

Sumber fatwa: http://www.binbaz.org.sa/mat/12026

 

@ Sakan 16 KSU, Riyadh KSA

30 Syawwal 1432 H (28/09/2011)

www.rumaysho.com

Baca Juga:

Artikel yang Terkait

29 Komentar

  1. Mohon izin USt untuk COPAS, untuk rekan dan blog saya. semoga segala kebaikan dan ilmu UST mendapat balasan dari ALLA SWT, Amiin

    1. ustad, kenapa pabrik rokok tidak di tutup saja, trs kenapa MUI tidak mendesak pemerintah supaya di tutup saja, pabrik rokoknya,

  2. Assallamuallaikum.
    Usta. Apabila rokok itu haram. Apakah itu jg menjadi penyebab doa tdk terkabul untuk perokok itu sendiri? Mohon dijawab.

    Jazzakulloh.

    Wassallamuallaikum.

  3. Selain nikotin dan ratusan racun berbahaya lainnya, rokok juga mengandung unsur radioaktif yang disebut sebagai ion alfa. Keberadaan unsur berbahaya ini diklaim sudah diketahui oleh industri rokok, namun disembunyikan selama 42 tahun.

    Klaim mengejutkan ini disampaikan oleh para peneliti dari University of California di Los Angeles dan dipublikasikan di jurnal Nicotine and Tobacco Research. Para peneliti mengungkap hal itu setelah mempelajari dokumen-dokumen rahasia dari industri rokok sejak tahun 1998.

    Salah satu dokumen menyebutkan, adanya bahan radioaktif dalam rokok sudah diketahui 5 tahun lebih awal daripada yang diduga selama ini. Pada awal 1960-an, industri rokok diam-diam sudah melakukan investigasi mendalam terkait kemungkinan adanya unsur radiasi.
    “Industri rokok sudah menyadari adanya unsur radioaktif dalam rokok sejak 1959. Mereka tahu itu memicu kanker, tetapi menyembunyikan fakta itu bertahun-tahun,” ungkap Hrayr S Karagueuzian, profesor kardiologi yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (30/9/2011).Tak hanya itu, dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa selama itu industri rokok berusaha mengaburkan fakta tentang radiasi asap rokok dan bahayanya bagi kesehatan. Hasil-hasil penyelidikan tentang ion alfa yang berbahaya tidak boleh dipublikasikan.Unsur radioaktif dalam rokok, seperti ditulis detikHealth sebelumnya, berasal dari mineral alami di dalam tanah maupun penggunaan pupuk. Salah satu unsur yang melepaskan ion alfa adalah polonium, yang tingkat radiasinya disebut-sebut 7 kali lebih besar dari sinar X.Efek radiasi pada asap rokok bisa terakumulasi, kemudian dalam jangka panjang akan memicu kerusakan paru-paru atau bahkan kanker. Bukan hanya perokok aktif saja yang bisa terkena dampaknya, perokok pasif atau bahkan third hand smoker juga terancam kesehatannya.

    Sumber: http://www.detikhealth.com

    1. Pabriknya petani tembakau karyawannya harus ditutup kalau gak omong kosong. Jangan terima pajak dari pabrik rokok bukan malah diperbesar buat dana pembangunan. Berartl kita semua menikmati hasil dari barang haramq

  4. termasuk diantaranya, pasti juga haram hukumnya orang yang memasang bom dibadannya sendiri dan kemudian meledakkannya dikerumunan manusia lainnya… (berpegang pada ayat AlBaqarah 195 dan An Nissa 29).

    1. Apa yang dinyatakan Ara di atas kemungkinan berangkat dari tidak setujunya beliau atas hukum haramnya merokok, lalu ingin membantahnya dengan menyudutkan ustadz Abu Rumaysho solah2 pemilik website ini adalah pendukung Bom Bunuh Diri. 

      apa mentang2 website ini pembelah sunnah jenggot, celana cingkrang dan si empunya pakai nama kunyah ‘Abu’ , lantas anda sematkan label teroris kepada beliau ?

      kita katakan : ‘Anda salah alamat !!!’

      padahal telah berlalu sekian banyak artikel rumaysho.com yang ingkar terhadap aksi terorisme , lihat :

      http://www.rumaysho.com/component/search/?searchword=bom&ordering=&searchphrase=all

       

    2. Semoga Allah mengampuni dosa orang yang mencela suatu pertanyaan dengan asas “kemungkinan”. Semoga Allah selalu memberi hidayah kepada kita untuk selalu berbaik sangka kepada orang lain.

    3. Terorisme bukan bagian dr kami (Muslim). @Ara : km salah alamat, dan buruk sangkamu tanpa mencari tahu dulu, bertaubatlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button