Home / Zakat / Konsultasi Zakat 11: Zakat Emas Apakah Setiap Tahun Dikeluarkan?

Konsultasi Zakat 11: Zakat Emas Apakah Setiap Tahun Dikeluarkan?

Zakat Mal Zakat Mal Harus Tiap Tahun Zakat Mal Tiap Tahun Zakat Simpanan Apakah Wajib Tiap Tahun Zakat Emas Apakah Dibayar Tiap.comtahun

­Apakah jika tahun lalu sudah mengeluarkan zakat dari emas, tahun ini dikeluarkan lagi?

 

Bunda Elly bertanya mengenai hal zakat via WA pribadi Ustadz M Abduh Tuasikal sebagai berikut.

“Ust klo emas perhiasan zakatnya setiap tahun atau sekali saja …klo zakat emas batangan simpanan pasti tiap tahun yAs”

Jawaban:

Syaikh Shalih Al-Munajjid dalam Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 47088 disebutkan bahwa para ulama dahulu dan belakangan sepakat, zakat emas dan perak itu berulang dikeluarkan setiap tahun.

Dalam Maratib Al-Ijma’, hlm. 38, Ibnu Hazm mengungkapkan bahwa para ulama sepakat zakat itu berulang pembayarannya untuk setiap harta setiap telah mencapai haul (bertahan satu tahun hijriyah), kecuali untuk zakat tanaman dan buah-buahan yang tidak memperhatikan haul.

Dalil ijma’ tersebut adalah apa yang terjadi di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengutus orang untuk menarik zakat pada negeri-negeri dan berbagai qabilah, mereka tidaklah membedakan yang sudah mengeluarkan zakat pada tahun lalu ataukah belum.

Jadi yang menyatakan bahwa zakat emas tidaklah berulang setiap tahun berarti tidak paham dan perlu diajarkan yang benar.

Demikian ringkasan dari jawaban Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid dalam fatawa Al-Islam Sual wa Jawab.

Moga bermanfaat, harta kita moga terus diberkahi.

@ Madinah, Masjid Nabawi, malam 5 Ramadhan 1438 H

Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

Zakat Emas Apakah Dibayar Setiap Tahun Zakat Emas Apakah Benar Khol Itu Harus Tiap Tahun Apakah Setiyap Tahun Apa Sekali Untuk Zakat Mas Apakah Tiap Tahun Wajib Bayar Zakat Emas

About Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Guru dan Masyaikh yang pernah diambil ilmunya: Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa’ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-‘Ushaimi. Sekarang menjadi Pimpinan Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul.

Kunjungi Pula Artikel

Panduan Singkat Zakat Maal dan Zakat Fitrah

Sudah bayar zakat atau belum? Kalau ingin memahami lebih dalam, silakan baca dalam tulisan ini.

6 comments

  1. Kapan Waktu Pengeluarkan Zakat Mal, Misal Haul Jatuh Pada Ramadhan, apa zakat dikeluarkan pada saat bulan Shawal atau Pas Ramadhan

  2. Laila Nurhasan

    Assalamu’alaikum pak ustad…

    Saya ingin bertanya tentang zakat simpanan uang yang sudah sampai pada nishab dan haulnya.
    Apabila seseorang memiliki tabungan uang yang sudah sampai pada nishab dan haulnya, apakah tetap tiap tahun dikeluarkan zakatnya meskipun orang tsb sudah tidak memiliki penghasilan tetap.
    Dia hanya mengandalkan pengeluaran sehari2nya dari tabungannya tsb.

    Jazakalloh khayr.

  3. Assalamualaikum Ust. apakah boleh Zakat Mal sebagian diberikan kepada Pembantu/supir di rumah (diluar gaji bulanan)? kalo boleh apakah harus disebutkan bahwa itu adalah zakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *