Shalat

Menggabungkan Niat Shalat Rawatib dan Tahiyatul Masjid

Pertanyaan:

Wahai Syaikh yang mulia, apakah dua raka’at shalat Dhuha bisa digabungkan dengan shalat sunnah tahiyatul masjid?

Jawaban:

Misalnya seseorang masuk masjid pada waktu Dhuha, lalu ia berniat melaksanakan shalat Dhuha, maka shalat tahiyatul masjid sudah termasuk di dalamnya. Begitu pula ketika masuk, lalu ia laksanakan shalat rawatib, maka shalat tahiyatul masjid juga sudah termasuk di dalamnya. Misalnya, seseorang melaksanakan shalat rawatib qobliyah shubuh atau rawatib qobliyah zhuhur, maka shalat tahiyatul masjid pun tercakup di dalamnya. Akan tetapi sebaliknya, shalat tahiyatul masjid tidak bisa mencukupi shalat rawatib. Seandainya seseorang masuk masjid setelah dikumandangkan adzan zhuhur, lalu ia berniat laksanakan shalat tahiyatul masjid, maka ini tidak bisa mencakup shalat rawatib.

[Liqo’at Al Bab Al Maftuh, Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, kaset no. 108]

(*) Karena memang dalam hadits yang membicarakan shalat sunnah tahiyatul masjid, sifatnya umum. Asalkan mengerjakan shalat sunnah dua raka’at apa saja, termasuk shalat sunnah rawatib dua raka’at, maka sudah dianggap mendapatkan keutamaan shalat tahiyatul masjid. Lihat saja bagaimana redaksional haditsnya,

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ

Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, hendaklah ia kerjakan shalat dua raka’at sebelum ia duduk.” (HR. Bukhari no. 444 dan Muslim no. 714)

Artikel www.rumaysho.com

Artikel yang Terkait

20 Komentar

  1. Assalamu`alaikum
    Ustadz abu rumayso,dengan keumuman Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, hendaklah ia kerjakan shalat dua raka’at sebelum ia duduk.” (HR. Bukhari no. 444 dan Muslim no. 714) artinya bisa dong kita mengerjakan shalat sunnah mutlak tanpa shalat tahiyatul masjid?

  2. Barakallahufiika…. ya ustadz atas penjelasanya,ustadz klo shalat jum’at kita datangnya pas adzan di kumadangkan mana yang utama untuk dilakukan,shalat tahiyatul masjid atau mendengar dan menjawab adzan…? terima kasih…dan semoga Allah membalas antum dengan kebaikan yang banyak.

    1. Langsung shalat tahiyatul masjid ketika itu agar bisa mendengar khutbah secara sempurna. Menjawab adzan hukumnya sunnah, mendengar khutbah jumat itu wajib. Wajib lebih diutamakan dr yg sunnah.

    2. tolong di simak lgi pertanyaanx pak ustadz…pertanyaanya PAS LGI AZAN….masa di Suruh Sholat….bukanx menjawab Azan tsb…..

  3. kalau niat sholat fajar di masjid seb3elum subuh apakah sudah tercakup kuga sholat tahyatul masjid?

    berarti kalau sholat sunnah sebelum subuh cukup 2 rakaat atau bisa 2 rakaat sholat tahiyaul masjid serta dilanjutkan 2 rakaat sholat fajar?

    jazakallah…

    1. Shalat sunnah fajar itu dilakukan ketika sudah masuk waktu shubuh, bukan sebelumnya. Perlu diketahui bahwa istilah shalat sunnah fajar dan qobliyah shubuh adl istilah yg sama.Jadi ketika datang sebelum masuk waktu shubuh, shalatnya adl tahiyatul masjid. Kalau sudah masuk waktu shubuh, shalatnya adl shalat sunnah qobliyah shubuh dan di sini bisa digabungkan dg niat tahiyatul masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button