Aqidah

Kesetiaan pada Muslim

Setiap muslim harus menunjukkan rasa setianya yang besar pada sesama muslim, bukanlah malah lebih mencintai orang kafir daripada saudaranya sendiri yang seiman.

Setia dalam bahasa arab disebut wala. Wala itu sendiri berarti cinta, memberi pertolongan, dan dekat. Ada juga kata yang berkaitan yaitu wali berarti yang dicintai, teman dekat, yang ditolong. Sedangkan lawan dari kata wali adalah musuh.

Setia Haruslah Besar pada Orang Beriman

Wala secara istilah didefinisikan dengan pengertian mencintai orang beriman dikarenakan keimanan yang mereka miliki, menolong mereka, menasehati mereka, menyayangi dan memenuhi kewajiban sesama mukmin.

Inilah sifat para sahabat radhiyallahu ‘anhum,

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka.” (QS. Al Fath: 29).

Sifat wala’ pada orang beriman itulah yang diperintahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Salah seorang di antara kalian tidaklah dikatakan beriman hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45)

Adapun jika muslim tersebut pelaku dosa besar seperti pemakan riba dan suka ghibah (menggunjing), maka orang tersebut dicintai sekadar dengan ketaatan yang ada padanya dan dibenci karena maksiat yang ia terus lakukan.

Hanya Allah yang memberi taufik.

Pagi hari penuh berkah, 2 Muharram 1436 H di Darush Sholihin

Oleh Al Faqir Ilallah: M. Abduh Tuasikal, MSc

Artikel Rumaysho.Com

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoComInstagram RumayshoCom

Segera pesan buku Ustadz Abduh Tuasikal “Mengenal Bid’ah Lebih Dekat” di Toko Online Ruwaifi.Com via sms +62 852 00 171 222 atau BB 27EACDF5 atau WA +62 8222 604 2114. Kirim format pesan: bid’ah#nama pemesan#alamat#no HP#jumlah buku. Harga Rp.14.000,- (belum termasuk ongkir).

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button