Home Amalan Tidur Tanpa Berdzikir pada Allah

Tidur Tanpa Berdzikir pada Allah

1037
6

Kadang kita lupa berdzikir dulu sebelum tidur. Padahal kita bisa mempraktekkan dzikir sederhana saja, yang penting mengingat Allah sebelum tidur.

Dzikir sebelum tidur misalnya dicontohkan berikut:

Mengumpulkan dua tapak tangan. Lalu ditiup dan dibacakan surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas. Kemudian dengan dua tapak tangan mengusap tubuh yang dapat dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan. Kemudian hal ini diulang sampai tiga kali.

Juga bisa ditambahkan dengan doa’ yang berasal dari hadits yang muttafaqun ‘alaih:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا.

Bismika allahumma amuutu wa ahyaa“ [Dengan namaMu, ya Allah! Aku mati dan hidup] (HR. Bukhari bersama Fathul Baari (11/113, no. 6312) dan Muslim (4/2083, no. 2711) dari hadits Al Barro’ radhiyallahu ‘anhu)

Perhatikan hadits berikut:

Dalam sunan Abi Daud, dengan sanad yang jayyid, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Barangsiapa yang duduk di majelis (suatu perkumpulan) lantas tidak menyebut nama Allah di dalamnya, maka ditetapkan oleh Allah suatu tirotun (kekurangan). Dan barangsiapa yang berbaring di tempat tidur lantas tidak mengucapkan nama Allah saat akan tidur, maka Allah menetapkan pada dirinya tirotun (kekurangan).

Tirotun dijelaskan oleh Imam Nawawi yang dimaksud adalah naqshun (kekurangan).

Dalam kitab Al Adzkar, Imam Nawawi membawakan hadits di atas dalam bab “Dimakruhkan tidur tanpa berdzikir pada Allah terlebih dahulu.”

Silakan lihat bahasan Rumaysho.Com tentang dzikir sebelum tidur. Juga bacalah adab Islami sederhana sebelum tidur.

Semoga bermanfaat. Hanya Allah yang memberi taufik.

@ Bandara Soeta Cingkareng, 1 Jumadal Ula 1435 H selepas Isya di Jakarta

Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom

Akan segera hadir buku Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal terbaru: “Kenapa Masih Enggan Shalat?” seharga Rp.16.000,-. Silakan lakukan pre order dengan format: Buku enggan shalat# nama pemesan# alamat# no HP# jumlah buku, lalu kirim sms ke 0852 00 171 222.

6 COMMENTS

  1. aku insomniacs, ketika mau tidur mesti kesulitan. tidur cuma 4/5 jam perhari. saat sekolah ngantuk dan nilai pelajaran makin turun. terus gak tahu kenapa aku pingin banget waktu itu buat banyakin ibadah. aku mulai dengan puasa senin-kamis, pas aku puasa hari senin dan malamnya mau tidur, aku zikir. aku ambil tasbih dan sambil tidur hadap kanan aku mulai zikir. gak tahu kenapa otakku mikir, “kog aku ngantuk ya”. soalnya biasanya aku susah buat mau tidur. lalu lama2 bibirku berhenti berdzikir dan aku terusin di dalam hati. dan alhamdulillah aku tertidur. dan itu tidurku yang paling terlelap selama beberapa bulan ini. saat bangun aku kaget ternyata bisa tidur lelap banget.. yee 🙂

    aku dzikirnya istigfar, kalo lagi takut dzikir ayatul kursi, kalo lagi sedih dengerin yaasin.. maaf ya malah jadi curhat, hehe 😛

  2. Dzikir apa yang pling baik setelah mlkkan shalat sunnah qabliyah mnunggu msuknya shalat wajib? Apakah kita wajib dzikir stlh mlkkan shalat sunnah dhuha atau cm sunnah,dan setelah salam apa kita bs lngsung berDo’a?

  3. apakah boleh istigfha/bacaan tasbih, hamdalah, takbir

    r saja sampai tertidur. dalam artian dpilih salah satu saja dzikirnya sebelum tidur

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here