Amalan

Keutamaan Surah Al-Fatihah dan Disebut Tujuh Ayat yang Terus Diulangi

Di antara keutamaan surah Al-Fatihah adalah ia disebutkan Al-Qur’an Al-‘Azhim dan as-sab’ul mastani, yaitu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang.

 

Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Kitab Al-Fadhail (Kitab Keutamaan)

بَابُ الحَثِّ عَلَى سُوَرٍ وَآيَاتٍ مَخْصُوْصَةٍ

Bab 183. Anjuran Membaca Surah dan Ayat Tertentu

Hadits #1009

عَنْ أَبي سَعِيدٍ رَافِعِ بْنِ الْمُعَلَّى – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قَالَ لِي رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( أَلاَ أُعَلِّمُكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ في القُرْآن قَبْلَ أنْ تَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ ؟ )) فَأخَذَ بِيَدِي ، فَلَمَّا أرَدْنَا أنْ نَخْرُجَ ، قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ ، إنَّكَ قُلْتَ : لأُعَلِّمَنَّكَ أعْظَمَ سُورَةٍ في القُرْآنِ ؟ قَالَ : (( الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِينَ ، هِيَ السَّبْعُ المَثَانِي وَالقُرْآنُ العَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ )) رَوَاهُ البُخَارِيُّ .

Abu Sa’id Rafi’ bin Al-Mu’alla radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, ‘Maukah aku ajarkan engkau surah yang paling agung di dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar masjid?’ Lalu beliau memegang tanganku, maka ketika kami hendak keluar, aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau mengatakan, ‘Aku akan mengajarkanmu surah yang paling agung dalam Al-Qur’an?’ Beliau menjawab, ‘ALHAMDULILLAHI ROBBIL ‘ALAAMIIN (segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, yang dimaksud adalah surah Al-Fatihah), yaitu as-sab’ul matsaani (tujuh ayat yang diulang-ulang), dan Al-Qur’an Al-‘Azhim (Al-Qur’an yang agung) yang telah diberikan kepadaku.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 4647]

 

Faedah hadits

  1. Hadits ini menunjukkan keutamaan dari surah Al-Fatihah.
  2. Sebagian Al-Qur’an memiliki keutamaan dari sebagian lainnya.

Hal ini juga ditunjukkan dalam firman Allah,

۞ مَا نَنسَخْ مِنْ ءَايَةٍ أَوْ نُنسِهَا نَأْتِ بِخَيْرٍ مِّنْهَآ أَوْ مِثْلِهَآ ۗ أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?” (QS. Al-Baqarah: 106)

  1. Nama lain dari surah Al-Fatihah adalah as-sab’ul matsani (tujuh ayat yang diulang-ulang).

Itulah yang dimaksud dengan firman Allah,

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَٰكَ سَبْعًا مِّنَ ٱلْمَثَانِى وَٱلْقُرْءَانَ ٱلْعَظِيمَ

Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Qur’an yang agung.” (QS. Al-Hijr: 87)

Syaikh As-Sa’di rahimahullah menerangkan dalam kitab tafsirnya, “Yang dimaksud tujuh ini menurut pendapat yang sahih adalah tujuh surah yang terpanjang yaitu surah (1) Al-Baqarah, (2) Ali Imran, (3) An-Nisaa’, (4) Al-Maidah, (5) Al-An’am, (6) Al-A’raf, (7) Al-Anfal, bersama surah At-Taubah. Maksud lain dengan tujuh ini adalah surah Al-Fatihah karena surah ini terdiri dari tujuh ayat. Maka, kata penghubung pada “dan Al-Qur’an yang agung” termasuk kategori pengaitan lafaz yang umum (al-qur’an) pada kata yang lebih khusus, lantaran di dalam “tujuh ayat yang dibaca berulang ulang” terdapat banyak muatan tauhid, pembahasan ilmu ghaib, dan hukum-hukum yang penting, serta pengulangan di dalamnya. Sedangkan menurut pendapat yang mengatakan bahwa surah Al-Fatihah itulah sab’ul matsani, maka maknanya ia berjumlah tujuh ayat yang diulang-ulang bacaannya dalam setiap rakaat.”

  1. Surah Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat.
  2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam semangat mengajarkan manusia kebaikan dan menjelaskan kebaikan tersebut. Beliau juga memotivasi kita untuk beramal saleh.

 

Baca juga:

 

 

Referensi:

  • Bahjah An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin. Cetakan pertama, Tahun 1430 H. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. 2:236.
  • Tafsir AsSa’di (Taisir Al-Karim Ar-Rahman). Cetakan kedua, Tahun 1433 H. Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di. Penerbit Muassasah Ar-Risalah.

Diselesaikan 26 Rabiul Akhir 1445 H, 9 November 2023 di perjalanan Panggang – MPD

Muhammad Abduh Tuasikal 

Artikel Rumaysho.Com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button