Shalat

Bulughul Maram – Shalat: Bakda Shalat Membaca Istighfar Tiga Kali, Lalu Allahumma Antas Salaam

Jangan tinggalkan dzikir dan bacaan ini bakda shalat, yaitu istighfar tiga kali dan ALLOHUMMA ANTAS SALAAM …

 

Bulughul Maram karya Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani

Kitab Shalat

بَابُ صِفَةِ الصَّلاَةِ

Bab Sifat Shalat

 

Hadits #323/ 57

عَنْ ثَوْبَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلاَتِهِ اسْتَغْفَرَ اللهَ ثَلاَثاً، وَقَالَ: «اللهُمَّ أَنْتَ السَّلامُ وَمِنْكَ السَّلامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإكْرَامِ»، رَوَاهُ مُسْلمٌ.

Dari Tsaubaan radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika selesai dari shalatnya, beliau beristighfar sebanyak tiga kali, lantas beliau mengucapkan, ‘ALLOHUMMA ANTAS SALAAM WA MINKAS SALAAM TABAAROKTA YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM’ (artinya: Ya Allah, Engkaulah As-Salaam, dan dari-Mulah keselamatan. Mahaberkah Engkau wahai Dzat yang memiliki segala keagungan dan kemuliaan).” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 591]

Baca juga: Dzikir Bakda Shalat

 

Faedah hadits

  1. Dzikir yang disebutkan dalam hadits Tsauban ini dibaca bakda salam.
  2. Maksud ucapan istighfar tiga kali adalah memohon maghfirah (ampunan) dari Allah. Hal ini menunjukkan bahwa kita itu memiliki salah dan kekurangan dalam menunaikan hak Allah.
  3. Bacaan ALLOHUMMA ANTAS SALAAM, as-salaam adalah di antara nama Allah. Makna as-salaam adalah selamat dari berbagai macam aib dan kekurangan, baik pada Dzat Allah, sifat Allah, dan perbuatan Allah. Allah itu salaam dari sisi perbuatan-Nya menunjukkan bahwa Allah itu tidak berbuat zalim.
  4. Bacaan WA MINKAS SALAAM, maksudnya adalah keselamatan itu dari Engkau, Ya Allah. Maksudnya, Allah-lah yang memberikan keselamatan di dunia dan akhirat.
  5. Bacaan TABAAROKTA (Mahaberkah Engkau), artinya nama Allah itu semuanya berkah. Jika nama itu membersamai sesuatu, pasti akan ada berkahnya. Jika nama saja mengandung berkah, apalagi Dzat Allah yang dinamai pasti lebih besar berkahnya. Itu kalau nama Allah dikatakan berkah. Namun, kalau berkah disebut dalam sifat Allah, maknanya adalah Mahatinggi dan Mahaagung. Lafaz tabaaroka (Mahaberkah) tidaklah dimutlakkan kecuali pada Allah saja.
  6. Bacaan YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM, artinya Allah itu Mahaagung dan Mahamulia.
  7. Disunnahkan istighfar bakda shalat sebanyak tiga kali.

Baca juga: Manfaat Istighfar, Rezeki Mudah Datang dan Hujan Mudah Turun

 

Referensi

  • Fiqh Bulugh Al-Maram li Bayaan Al-Ahkaam Asy-Syar’iyyah. Cetakan pertama, Tahun 1443 H. Syaikh Prof. Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily. Penerbit Maktabah Daar Al-Bayan. 1:524-525.
  • Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. Jilid Ketiga. 3:189-190.

Malam Rabu, 24 Syawal 1443 H, 24 Mei 2022

@ Darush Sholihin Panggang Gunungkidul

Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button