Shalat

Bulughul Maram – Shalat: Ruang Masjid Difungsikan untuk Perawatan Orang Sakit

Apakah boleh salah satu ruangan masjid difungsikan untuk perawatan orang yang sakit. Pelajaran mengenai hal ini bisa dipetik dari pembahasan kitab Bulughul Maram berikut ini.

 

Bulughul Maram karya Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani

Kitab Shalat

بَابُ المسَاجِدِ

Ruang masjid difungsikan untuk perawatan orang sakit

Hadits #259

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: أُصِيْبَ سَعْدٌ يَوْمَ الْخَنْدَقِ، فَضَرَبَ عَلَيْهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْمَةً فِي الْمَسْجِدِ، لِيَعُودَهُ مِنْ قَرِيبٍ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Sa’ad terluka ketika perang Khandaq, kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendirikan tenda di dalam masjid agar beliau dapat menengoknya dari dekat.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 463 dan Muslim, no. 1769]

 

Siapakah Sa’ad?

Ia adalah Abu ‘Amr Sa’ad bin Mu’adz Al-Awsi. Ia masuk Islam di Madinah antara masa baiat Aqabah pertama dan kedua lewat perantaraan Mush’ab bin ‘Umair. Ketika ia masuk Islam ikut pula Bani ‘Abdul Asy-hal. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggelarinya dengan Sayyidul Anshor (pemimpin orang Anshar). Ia mengikuti perang Badar dan Uhud. Ia terluka parah pada perang Khandaq (Syawal tahun 5 H). Sebulan setelah itu ia meninggal dunia, yaitu Dzulqa’dah tahun 5 H.

Baca juga: Jihad dengan Ilmu vs Jihad dengan Senjata

 

Keutamaan Sa’ad bin Mu’adz

Dalam hadits dalam musnad Imam Ahmad disebutkan,

إِنَّ لِلْقَبْرِ ضَغْطَةً وَلَوْ كَانَ أَحَدٌ نَاجِياً مِنْهَا نَجَا مِنْهَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ

“Sesungguhnya kubur mempunyai penyempitan. Jika ada seorang yang selamat darinya niscaya selamat darinya adalah Sa’ad bin Mu’adz.” (HR. Ahmad, 6:55. Syaikh Syuaib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini sahih).

‘Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْ نَجَا أَحَدٌ مِنْ ضَمَّةِ الْقَبْرِ لَنَجَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ و لَقَدْ ضُمَّ ضَمَّةً ثُمَّ روخي عَنْهُ

Jikalau ada seorang yang selamat dari penyempitan kubur, niscaya Sa’ad bin Mu’adz akan selamat. Akan tetapi, sungguh kuburnya telah disempitkan dengan sangat sempit, kemudian dilapangkan (setelah itu) untuknya.” (HR. Thabrani dan disahihkan oleh Al-Albani di dalam kitab Shahih Al-Jaami’, no. 5306)

Baca juga: Benarkah Kubur Jadi Sempit?

 

Faedah hadits

  1. Hadits ini jadi dalil bolehnya mendirikan tenda di dalam masjid untuk orang sakit walaupun orang tersebut terluka jika memang ada maslahat.
  2. Kebersihan masjid tetap diperintahkan untuk dijaga.
  3. Masjid saat ini—alhamdulillah—sudah memiliki ruangan khusus untuk merawat orang sakit, maka itu sudah cukup menggantikan tenda.
  4. Hendaklah memuliakan seorang tokoh dan orang yang terdahulu masuk Islam dengan memberikan perhatian padanya.

Baca juga: Jihad bersama Pemimpin

 

Referensi:

Minhah Al-‘Allam fii Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan ketiga, Tahun 1431 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. 2:486 – 487.

 

Baca Juga:

Kamis pagi, 7 Rabiul Awwal 1443 H, 14 Oktober 2021

@ Darush Sholihin Pangggang Gunungkidul

Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button