Home Shalat Berapa Jam Shalat Malam Nabi Muhammad?

Berapa Jam Shalat Malam Nabi Muhammad?

2677
0

Kalau kita bahas tiga hadits berikut, kita akan tahu bagaimana shalat malam Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang begitu lama. Silakan hitung sendiri berapa lama shalat malam beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Kitab Al-Fadhail

  1. Bab Keutamaan Qiyamul Lail

Saking Lamanya Shalat Malam Nabi

Hadits #1174

وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ النَّبيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – لَيْلَةً ، فَلَمْ يَزَلْ قائِماً حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سُوْءٍ ! قِيْلَ : مَا هَمَمْتَ ؟ قَالَ : هَمَمْتُ أَنْ أجِلْسَ وَأَدَعَهُ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku shalat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada satu malam. Beliau terus berdiri (lama) sampai aku bermaksud untuk melakukan sesuatu yang jelek.” Ibnu Mas’ud ditanya, “Apa yang hendak engkau lakukan?” Ia menjawab, “Aku bermaksud untuk duduk dan meninggalkan beliau.” (Muttafaqun ‘alaih) (HR. Bukhari, no. 1135 dan Muslim, no. 773)

 

Faedah hadits

  1. Yang dimaksudkan dalam hadits ini adalah shalat tahajud dan menunjukkan bahwa shalat malam (tahajud) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu lama.
  2. Tidak ada yang bisa mengalahkan semangat ibadah seperti yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  3. Cuma punya keinginan untuk membatalkan shalat tidaklah dianggap shalatnya itu batal sampai ada niat dan jazm (penegasan).

 

Nabi Membaca Surah Al-Baqarah, An-Nisaa’, dan Ali Imran dalam Shalat Malam

Hadits #1175

وَعَنْ حُذَيْفَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ البَقرَةَ ، فَقُلْتُ : يَرْكَعُ عِنْدَ المئَةِ ، ثُمَّ مَضَى ، فَقُلْتُ : يُصَلِّي بِهَا في رَكْعَةٍ فَمَضَى ، فَقُلْتُ : يَرْكَعُ بِهَا ، ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ، ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا ، يَقرَأُ مُتَرَسِّلاً : إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيْحٌ سَبَّحَ ، وَإذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ ، وَإذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ، ثُمَّ رَكَعَ ، فَجَعَلَ يَقُولُ : (( سُبْحَانَ رَبِّيَ العَظِيمِ )) فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْواً مِنْ قِيَامِهِ ، ثُمَّ قَالَ : (( سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ، رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ )) ثُمَّ قَامَ طَوِيْلاً قَِريْباً مِمَّا رَكَعَ ، ثُمَّ سَجَدَ ، فَقَالَ : (( سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى )) فَكَانَ سجُودُهُ قَرِيْباً مِنْ قِيَامِهِ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku shalat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam. Maka beliau membuka shalat tersebut dengan surah Al-Baqarah. Lalu aku berkata (dalam hati), ‘Beliau akan rukuk pada ayat yang keseratus, kemudian seratus ayat pun berlalu, beliau melanjutkan bacaannya.’ Lalu aku berkata, ‘Beliau akan shalat dengan surah Al-Baqarah dalam satu rakaat, kemudian ternyata beliau meneruskan bacaannya.’ Lalu aku berkata, ‘Beliau akan segera rukuk, dan ternyata beliau memulai membaca surah An-Nisa’ hingga selesai. Kemudian beliau memulai lagi dengan surah Ali ‘Imran hingga selesai. Beliau membaca dengan perlahan-lahan. Apabila beliau melewati ayat yang di dalamnya terdapat tasbih, beliau bertasbih. Apabila beliau melewati ayat yang berisi permintaan, beliau meminta. Dan apabila beliau melewati ayat yang berisi meminta perlindungan, beliau meminta perlindungan.

Kemudian beliau rukuk, lalu mulai mengucapkan, ‘SUBHAANA ROBBIYAL ‘AZHIIM’ (artinya: Mahasuci Rabbku Yang Maha Agung).’ Rukuk beliau sama seperti berdirinya, kemudian beliau mengucapkan, ‘SAMI’ALLAHU LIMAN HAMIDAH, ROBBANAA LAKAL HAMDU (artinya: Semoga Allah mendengar kepada siapa saja yang memuji-Nya, Wahai Rabb kami, hanya milik-Mu lah segala puji).’ Kemudian beliau berdiri lamanya hamper sama dengan rukuknya. Lalu beliau sujud, kemudian mengucapkan, ‘SUBHAANA ROBBIYAL A’LAA (artinya: Mahasuci Rabbku Yang Mahatinggi).’ Maka lama sujudnya hampir sama dengan berdirinya.’” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 772]

 

Faedah hadits

  1. Boleh berjamaah dalam shalat sunnah.
  2. Disunnahkan memperlama shalat malam.
  3. Boleh membaca surah dalam Alquran tanpa mengikuti urutan seperti dalam mushaf. Hukumnya tidaklah makruh.
  4. Membaca Alquran itu dengan tadabbur ayat-ayatnya dan memahami maknanya.
  5. Boleh berdoa kepada Allah dan meminta kepada-Nya di tengah-tengah membaca Alquran.
  6. Ketika rukuk kita mengagungkan Allah (saat rukuk membaca SUBHAANA ROBBIYAL ‘AZHIIM), dan ketika sujud kita meninggikan nama Allah (saat sujud membaca SUBHAANA ROBBIYAL A’LAA). A’laa (Mahatinggi) lebih tinggi (ablagh) maknanya dibanding ta’zhim (Maha Agung). Maka sujud lebih menunjukkan tawadhu’ atau tunduk kepada Allah.
  7. Boleh dalam berdiri, rukuk, dan sujud itu hampir sama lamanya.
  8. Nama-nama surah sudah diketahui oleh sahabat di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  9. Boleh menyebut Al-Baqarah dan Ali ‘Imran tanpa mendahului dengan kata “surah”.
  10. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sungguh-sungguh dalam ibadah dan dalam melakukan ketaatan kepada Allah.

Lihat bahasan Bahjah An-Nazhirin, 1:164, pembahasan hadits no. 102.

 

Shalat Malam yang Paling Afdal, Qunut yang Lama

Hadits #1176

وَعَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – أَيُّ الصَّلاَةِ أَفْضَلُ ؟

قَالَ : (( طُولُ القُنُوتِ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

المُرَادُ بِـ (( القُنُوْتِ )) : القِيَامُ .

Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, ‘Shalat manakah yang paling utama?’ Beliau menjawab, ‘Yang lama berdiri.’” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 756]. Yang dimaksud dengan qunut adalah berdiri.

 

Faedah dari hadits

  1. Qunut secara bahasa ada beberapa makna yaitu dawamuth tha’ah (terus menerus dalam ketaatan), thulul qiyam (berdiri yang lama), sukut (diam), ad-du’aa (berdoa). Sedangkan kalau para fuqaha menyebut qunut, maka yang dimaksud adalah doa dalam shalat saat berdiri.
  2. Disunnahkan memperlama berdiri dalam shalat malam.

 

Referensi:

Bahjah An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin. Cetakan pertama, Tahun 1430 H. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali. Penerbit Dar Ibnul Jauzi.

 

 


 

Diselesaikan di Darush Sholihin, 5 Februari 2020 – 11 Jumadats Tsaniyyah 1441 H

Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

 

Silakan download buletin kajian Safinatun Najah dalam bentuk PDF di sini: Buletin Malam Kamis DS

 

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here