Shalat

Hukum Mengucapkan “Alhamdulillah” Ketika Bersin dalam Shalat

Tanya: Jika seseorang bersin dalam shalat, apakah ia boleh memuji Allah (dengan ucapkan Alhamdulillah, pen), baik dalam shalat wajib maupun shalat sunnah?

 

Jawab: Iya. Disyari’atkan baginya untuk mengucapkan “Alhamdulillah” karena telah terdapat dalam hadits yang shahih bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar seseorang mengucapkan “Alhamdulillah” setelah ia bersin dalam shalat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tidak mengingkari perbuatannya. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Sungguh aku melihat seperti ini dan seperti ini, yaitu seluruh malaikat berada di belakangnya dan mencatat amalannya.” Karena ucapan Alhamdulillah adalah bagian dari dzikir dan sama sekali tidak mencacati shalat.

Fatwa Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah dalam Majmu’ Fatawa wa Maqoolaat Mutanawwi’ah, Darul Ifta’, cetakan pertama, 1425 H.

My note in Masjid Shogir of KSU

Riyadh, Kingdom of Saudi Arabia, 27th Syawal 1431 H

Written by: Muhammad Abduh Tuasikal

www.rumaysho.com

Baca Juga:

Artikel yang Terkait

16 Comments

  1. yang mendengarkan apakah diwajibkan jg untuk yang mendengar orang bersin yg mengucapkan hamdalah untuk menjawabnya dgn ucapan yarhamukallah, sebagaimana bersin saat bukan dlm shalat..

  2. Assalaamu’alaikum, syukron ustad.., Alhamdulillah saya dapat ilmu baru.., namun bagaimana jika yang bersin itu ma’mum, apakah imam mengucapkan Alhamdulillah..?, atau ma’mum yang lain yang mengucapkan Alhamdulillah..?, mohon penjelasannya, syukron ustad…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button