Home Sosial Donasi Ramadhan 1435 H Pesantren Darush Sholihin

Donasi Ramadhan 1435 H Pesantren Darush Sholihin

330
0

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pesantren Darush Sholihin binaan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, MSc (Pengasuh Rumaysho.Com dan Pimpinan Redaksi Muslim.Or.Id) membuka donasi untuk kegiatan pesantren masyarakat tersebut. Alhamdulillah, dari tahun lalu sudah sangat berkembang dengan jumlah santri yang meningkat hingga saat ini mencapai 600-an santri mulai dari tingkatan TPA sampai dengan para sepuh. Para santri yang ada adalah dari warga sekitar Dusun Warak – Desa Girisekar, bukan di pondokan dan sama sekali tidak ada santri dari luar. Segala puji bagi Allah, warga sudah semakin mengenal akidah yang benar, sunnah shahihah, menjaga ibadah dan mulai rajin menutup aurat (bagi para wanita).

Untuk tahun 1435 H ini, pihak pesantren kembali membuka donasi untuk kegiatan pesantren sebagai berikut:

1- Buka Puasa (BP) dan Fidyah (F)  

Buka puasa akan diberikan kepada 32 masjid dan musholla, bertambah dari tahun sebelumnya. Setiap hari buka puasa diberikan kepada 3 masjid dengan jumlah rata-rata 300 paket buka puasa. Berarti dalam sebulan, dibutuhkan 90.000 paket buka puasa. Isi paket puasa adalah dengan menu ayam plus sambal yang disiapkan oleh santri pesantren dengan harga 10 ribu rupiah.

Fidyah pun dapat disalurkan jika ada yang menginginkan, dengan harga 10 ribu rupiah per paket.

2- Renovasi Masjid Jami’ Al Adha (RM)

Masjid Jami’ Al Adha sebagai tempat berlangsungnya kajian pesantren untuk saat ini sudah tidak memuat ± 600 jama’ah. Jika ada kajian besar dari ustadz luar, kapasitas masjid sangat sulit menampung. Rencananya masjid akan dibuat menjadi dua tingkat dan sudah dalam proses perancangan.

3- Penyaluran Zakat (PZ) serta Dana Riba dan Syubhat (DR)

Pesantren Darush Sholihin juga menerima penyaluran dana zakat, riba dan syubhat. Dana zakat akan disalurkan pada warga miskin dan yang terlilit utang. Sedangkan dana riba dan syubhat akan disalurkan untuk kepentingan pesantren dan fasilitas umum. Dana riba tersebut pula akan disalurkan dalam kegiatan KKN UGM pada bulan Juli – Agustus 2014 besok.

4- Sumbangan Pakaian Layak Pakai

Selama setahun ini, alhamdulillah, warga terutama ibu-ibu sudah mulai sadar untuk memakai pakaian yang syar’i. Mereka sudah berusaha menutup aurat dengan pakaian jubah dan jilbab lebar. Bagi yang ingin menyumbangkan pakaian muslimah, juga pakaian pria yang masih layak pakai, bisa disalurkan ke alamat:

Pesantren Darush Sholihin, Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55872, CP: 0819 0421 5212 (Sumanto), 0852 00 171 222 (Slamet)

* Pakaian muslimah yang disalurkan diharapkan pakaian yang syar’i, tidak mencolok, berwarna polos, dan berjilbab lebar. Sedangkan pakaian muslim diharapkan yang bermodel koko atau kemeja, bukan jubah.

Silakan dikirim via POS Indonesia, JNE atau TIKI (ini adalah jasa pengiriman yang langsung sampai ke alamat pesantren).

Cara Donasi

Bagi yang ingin menyalurkan dana untuk kegiatan Ramadhan di Pesantren Darush Sholihin, silakan mengirimkan donasinya ke rekening Pesantren Darush Sholihin berikut: (1) BCA: 8610123881, (2) BNI Syariah: 0194475165, (3) BRI: 0029-01-101480-50-9 (semua rekening atas nama: Muhammad Abduh Tuasikal).

Setelah mengirimkan donasi, silakan mengkonfirmasi ulang ke 0823 1395 0500  (via SMS) dengan mengetik nama donatur, besar donasi, rekening tujuan, tanggal transfer, nama kegiatan Ramadhan (kode). Contoh sms konfirmasi: Ahmad#Rp.2.000.000#BCA#1 Juni 2014#BP (Buka Puasa).

Semoga Allah membalas kebaikan para muhsinin sekalian dengan pahala melimpah dan moga rezekinya tambah berkah.

Silakan buka: Laporan Donasi Ramadhan Pesantren Darush Sholihin 1435 H.

 

Ustadz M. Abduh Tuasikal saat kajian wisuda santri yang telah menghafal juz 30
Ustadz M. Abduh Tuasikal saat kajian wisuda santri yang telah menghafal juz 30
Keadaan kendaraan saat kajian di sore hari, santri ibu-ibu sudah mencapai 120 santri dari total 600 santri
Keadaan kendaraan saat kajian di sore hari, santri ibu-ibu sudah mencapai 120 santri dari total 600 santri
Kajian wisuda juz 30 yang dihadiri santri bapak-bapak
Kajian wisuda juz 30 yang dihadiri santri bapak-bapak
Kajian ibu-ibu yang tidak bisa lagi dimuat di masjid, sampai di rumah Ustadz Abduh di utara masjid
Kajian ibu-ibu yang tidak bisa lagi dimuat di masjid, sampai di rumah Ustadz Abduh di utara masjid
Anak-anak yang mengikuti program menghafalkan juz 30
Anak-anak yang mengikuti program hafalan juz 30

Panggang, Gunungkidul, 3 Sya’ban 1435 H

Pimpinan Pesantren Darush Sholihin

 

Muhammad Abduh Tuasikal, ST, MSc

Info DarushSholihin.Com

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here