Teladan

Siapakah Ibnu Hajar Al Asqalani, Penulis Bulughul Maram yang Terkenal Itu?

Siapakah Ibnu Hajar Al Asqalani, penulis Bulughul Maram yang terkenal itu di mana kitab ini sering kita dengar dari para ulama, kyai, ustadz yang mengkaji dan memberikan penjelasan terhadap hadits-hadits di dalamnya?

 

 

Kelahiran Ibnu Hajar dan Nasab Beliau

Ibnu Hajar Al Asqalani dijuluki dengan Syaikhul Islam. Beliau adalah Al-Hafizh Syihaabud Diin Abul Fadhl Ahmad bin ‘Ali Al-Kinani. Asalnya dari ‘Asqalan, tempat lahirnya di Mesir, tempat tinggalnya di Kairo. Beliau lebih kenal dengan nama Ibnu Hajar. Itu adalah panggilan yang disandarkan pada salah satu kakeknya.

Nama lengkap beliau adalah Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar Al-Kannani Al-‘Asqalani Al-Mishri. (Lihat Nazhm Al-‘Uqiyaan Fi A’yaan Al-A’yaan, karya As-Suyuthi hal 45).

Beliau lahir pada bulan Syakban tahun 773 Hijriyah di pinggiran sungai Nil di Mesir kuno.

 

Pertumbuhan Ibnu Hajar

Al-Hafizh Ibnu Hajar tumbuh dalam keadaan yatim. Kedua orang tuanya telah meniggal dunia semasa kecil. Ayahnya meninggal dunia pada tahun 777 H. Ibunya meninggal dunia sebelum itu. Sejak kecil, beliau sudah dikenal cerdas dan memiliki hafalan yang kuat. Beliau dikarunia kecerdasan dalam memahami hadits secara riwayat dan diroyah. Beliau mengetahui hadits dari sisi sanad, matan, illah, isthilah, dan fikih. Beliau belajar dari para guru yang hidup di masa beliau. Beliau juga belajar dengan melakukan perjalanan jauh hingga ke Makkah dan Madinah (haromain, dua tanah suci), Yaman, Syam, dan lainnya.

 

Guru dan Murid dari Ibnu Hajar

Ibnu Hajar memiliki banyak guru, ada sekitar 630 guru. Di antara guru beliau adalah Al-Hafizh Al-‘Iraqi, Al-Haytsami, Al-Balqini, Ibnul Mulaqqin, Ibnu Jamaa’ah.

Murid beliau juga amatlah banyak yang tersebar di berbagai negeri. Di antara murid beliau adalah Al-Hafizh Al-Buushiri, Al-Imam As-Sakhowi, Ibnu Fahd Al-Makki.

 

Pujian Para Ulama pada Ibnu Hajar

Beliau digelari oleh para ulama dengan Syaikhul Islam, hafizh dari penjuru timur dan barat. Beliau dinilai sebagai Amirul Mukminin dalam bidang hadits. Ibnu Hajar dikenal dengan orang yang giat ibadahnya dan sangat kuat dalam mengikuti sunnah Nabi, sangat keras mengingkari kebid’ahan. Beliau berakhlak mulia, terkenal wara‘, sangat teliti dalam memperhatikan makanan, minuman, hingga pakaian. Beliau sangat tawadhu’ dan tidak suka berbangga diri. Beliau adalah orang yang menjaga lisan. Beliau berhati lapang dan lemah lembut. Beliau sangat menjaga waktu beliau. Beliau juga terkenal dermawan dan rajin memberi.

Baca juga: Kisah Ibnu Hajar Bersama Seorang Yahudi

 

Karya Tulis Ibnu Hajar

Ibnu Hajar memiliki banyak karya tulis dalam berbagai bidang. Para peneliti menyimpulkan bahwa beliau memiliki hampir 300 karya tulis. Tulisan beliau yang paling masyhur adalah:

  • Fath Al-Baari bi Syarh Shahih Al-Bukhari
  • Ithaaf Al-Maharoh Al-‘Asyaroh
  • Al-Ishoobah fii Tamyiz Ash-Shohaabah
  • Tahdzib At-Tahdziib wa Taqribihi
  • Al-Duror Al-Kaaminah fii A’yaan Al-Mi’ah Ats-Tsaaminah
  • Al-Mathoolib Al-‘Aaliyah fii Zawaa’id Al-Masaadin Ats-Tsamaaniyah
  • At-Talkhiish Al-Habiir
  • Bulugh Al-Maram min Adillah Al-Ahkaam

 

Wafatnya Ibnu Hajar

Setelah hidup dengan ilmu, berbagai karya ilmiah, mengajar, dan berfatwa, Ibnu Hajar meninggal dunia pada malam Sabtu, 18 Dzulhijjah tahun 852 H, dalam usia 79 tahun. Beliau keluar darah terus menerus lebih dari sebulan. Pada awal sakit, beliau menyembunyikan sakitnya, tetapi beliau tetap mengajar dan menulis.

Semoga Allah merahmati Ibnu Hajar yang telah berjasa besar untuk umat ini.

 

Referensi:

  • Minhah Al-‘Allam fii Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan keempat, Tahun 1433 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Daar Ibnil Jauzi.
  • Kisah Ibnu Hajar dari Kisamuslim.Com

 

Ditulis di perjalanan Panggang – Jakal Jogja, 21 Muharram 1445 H, 8 Agustus 2023

Muhammad Abduh Tuasikal 

Artikel Rumaysho.Com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button