Home / Shalat / Keutamaan Orang yang Jauh dari Masjid

Keutamaan Orang yang Jauh dari Masjid

Hadist Jauh Dari Masjid Hadits Nabi Keutamaan Shalat Di Masjid Yang Jauh Keutamaan Muslim Yang Jauh Dari Arab Keutamaan Orang Yang Jauh Dari Ma Keutamaan Rumah Jauh Dari Masjid

Ini adalah hadits yang membicarakan keutamaan orang yang jauh dari masjid, keutamaan berjamaah hingga menunggu shalat.

 

Hadits no. 1057 dari kitab Riyadhus Sholihin

عن أبي موسى – رضي الله عنه – ، قَالَ : قال رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – : (( إنَّ أَعْظَمَ النَّاسِ أجْراً في الصَّلاةِ أبْعَدُهُمْ إلَيْهَا مَمْشىً ، فَأَبْعَدُهُمْ ، وَالَّذِي يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الإمَامِ أعظَمُ أجْراً مِنَ الَّذِي يُصَلِّيهَا ثُمَّ يَنَامُ )) متفقٌ عَلَيْهِ .

Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya di dalam shalat adalah yang paling jauh berjalan menuju shalat, lalu yang jauh berikutnya. Dan orang yang menunggu shalat sampai ia melaksanakannya bersama imam lebih besar pahalanya daripada orang yang shalat kemudian tidur.” (Muttafaq ‘alaih. HR. Bukhari, no. 651 dan Muslim, no. 669)

 

Kesimpulan Mutiara Hadits

 

  1. Makin banyak langkah ke masjid, makin banyak pahala yang diperoleh.
  2. Makin jauh dari masjid berarti makin banyak langkah dan makin berat, itulah yang membuat pahala semakin besar.
  3. Hendaknya yang jaraknya jauh dari masjid lebih semangat untuk ke masjid karena pahalanya lebih besar dibandingkan dengan orang yang rumahnya dekat dengan masjid karena orang yang dekat mudah sekali untuk ke masjid.
  4. Sebagian ulama menjadikan hadits ini sebagai dalil untuk memilih masjid yang lebih jauh. Namun yang lebih tepat, shalat di masjid terdekat lebih utama agar bisa berinteraksi dan bersosialisasi hingga mendakwahi tetangga dan orang dekat rumah. Lihat bahasan di sini.
  5. Hadits ini menunjukkan keutamaan menunggu shalat.
  6. Hadits ini membicarakan tentang shalat Isya’. Hal ini menunjukkan bahwa boleh mengundur waktu shalat tersebut, ditunjukkan dalam hadits lainnya hingga sepertiga malam.
  7. Shalat bersama imam dengan menunggunya lebih utama daripada seseorang lebih dahulu shalat kemudian tidur.
  8. Shalat berjamaah bersama imam lebih utama dibandingkan shalat di awal waktu seorang diri.
  9. Imam haruslah orang yang paling fakih dan paham akan kitabullah, dialah yang didahulukan dari yang lain dalam shalat.
  10. Shalat bersama imam tanda bahwa kaum muslimin itu berjumlah sangat besar (sawadul a’zhom). Shalat berjamaah dengan imam menunjukkan persatuan kaum muslimin dan akan semakin membuat takut musuh-musuh mereka. Inilah yang menunjukkan faedah besar dari shalat berjamaah.

 

Referensi:

Bahjah An-Nazhirin karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali, 2: 239

Syarh Riyadh Ash-Shalihin karya Ibnu ‘Utsaimin, 5: 65

Kunuz Riyadh Ash-Shalihin, 13: 305-312.

 

Disusun di DS Panggang, 27 Rabi’uts Tsani 1438 H

Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal

Biar membuka Rumaysho.Com mudah, downloadlah aplikasi Rumaysho.Com lewat Play Store di sini.

Follow Us : Facebook Muhammad Abduh Tuasikal | Fans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat | Twitter @RumayshoCom | Instagram @RumayshoCom | Channel Telegram @RumayshoCom | Channel Telegram @TanyaRumayshoCom

Masjid Jauh Memilih Mesjid Yg Jauh Dr Rumah

About Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Guru dan Masyaikh yang pernah diambil ilmunya: Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-'Ushaimi. Sekarang menjadi Pimpinan Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul.

Kunjungi Pula Artikel

Shalat Isyraq Bolehkah Dilakukan Wanita di Rumah?

Bagaimanakah melaksanakan shalat isyroq untuk wanita? Apakah bisa dilaksanakan di rumah dan pahalanya haji-umrah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *