Shalat

Lebih Utama Mana, Shalat Sunnah di Rumah atau Mendapat Shaf Pertama?

Syaikh Sholeh Al Fauzan hafizhohullah ditanya, Manakah yang lebih utama, seorang muslim melaksanakan shalat sunnah di rumah sehingga ia bisa jadi tidak mendapatkan shaf pertama (dalam shalat jama’ah), ataukah ia meninggalkan shalat sunnahdi rumah dan mengejar untuk mendapatkan shaf pertama?

Jawaban Syaikh hafizhohullah, Shaf pertama itu lebih afdhol. Jika ia khawatir luput dari shaf pertama ketika ia melaksanakan shalat sunnah qobliyah (di rumah), dan ini sangat mungkin terjadi pada shalat Shubuh atau shalat Zhuhur, maka lebih utama baginya untuk mengerjakan shalat sunnah rawatib di masjid supaya dia mendapatkan dua keutamaan. Keutamaan pertama adalah keutamaan shalat sunnah rawatib dan keutamaan kedua adalah keutamaan meraih shaf pertama.

[Dinukil dari Masail ‘Ilmiyyah wa Fatawa Syar’iyyah, Syaikh Dr. Sholeh Al Fauzan, Darul Shomi’i, cetakan pertama, 1431 H, hal. 46]

www.rumaysho.com

Prepared in Riyadh-KSA, 21st Muharram 1432 H (27/12/2010)

By: Muhammad Abduh Tuasikal

Baca Juga: Berlomba-Lomba di Shaf Pertama

Artikel yang Terkait

6 Komentar

  1. Assalamu’alaikum ustadz..
    Mesjid dekat rumah ana makmumnya sedikit, jd hampir bs dipastikan kalo shaf pertama itu tidak sampai penuh. Pertanyaan ana adalah manakah yang lebih utama sholat qobliyah di rumah tetapi tidak mendapatkan takbiratul ikhram atau sebaliknya? Ana pernah mendengar hadits yang menyebutkan ttg keutamaan mendapatkan awal sholat selama 40 hari berturut-turut. Tolong dikoreksi kalau ana salah..
    Syukron ustadz..

    1. Wa’alaikumus salam
      Lebih utama tetap shalat sunnah qobliyah di masjid agar mendapat shaf pertama dan juga agr tdk telat bersama imam. krn biasa di beberapa masjid iqomahnya terlalu cepat. Iya betul ada hadits yg sebutkan bhw barangsiapa yg mendapatkan takbir selama 40 hari brsm imam, ia akan selamat dr sifat munafik. Wallahu a’lam.

  2. assalamualaikum,,,,
    apa kelebihan sholat sunnah qobliya shubuh di banding dengan sholat sunnah rawwatib yg lain !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button