Home / Teladan / Ulama dengan 1000 Guru di Abad 21

Ulama dengan 1000 Guru di Abad 21

Ulama Hadits Abad Ini Ulama Hadits Saat Ini Ulama Tauhid Ulama Tauhid Terpopuler Ulama Terkemuka Di Dunia Abad Sekarang

Beliau adalah Syaikh Sholih bin ‘Abdillah Hamad Al ‘Ushoimiy, lahir di Riyadh tahun 1391 H dan menetap di ibukota Kerajaan Saudi Arabia tersebut. Ulama yang saat ini berumur 43 tahun dikenal sebagai ulama hadits dan musnid (memiliki banyak sanad). Disebutkan pula bahwa beliau telah belajar dari 1000 guru hingga saat ini.

Menuntut Ilmu

Beliau menunut ilmu sejak usia muda. Beliau telah mengunjungi banyak negeri dalam menuntut ilmu untuk mencari sanad hadits dan sanad berbagai kitab para ulama. Sampai-sampai beliau dikenal dengan muhaddits (ahli hadits) dari Najed, disebut pula musnid (ulama yang memiliki banyak sanad).

Yang dimaksud memiliki banyak sanad adalah ia memiliki sanad sampai guru-guru beliau yang bisa diteruskan sampai pada penulis hadits (seperti Bukhari dan Muslim) atau memiliki sanad yang sampai pada berbagai penulis kitab. Syaikh Sholih Al ‘Ushoimiy di antaranya memiliki sanad sampai pada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab pada kitab Tsalatsatul Ushul, Kitab Tauhid, Kasyfu Syubhat, Qowa’idul Arba’, dan Fadhul Islam. Beliau juga memiliki sanad sampai Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Aqidah Al Wasithiyyah dan Muqoddimah fii Ushulit Tafsir, begitu pula sanad dari kitab Manzhumah Al Qowa’id Al Fiqhiyyah dari Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di. Sanad lainnya lagi adalah dari kitab Al Arba’in An Nawawi yang sampai pada Imam Nawawi. Dalam berbagai kitab ushul, beliau memiliki sanad kitab Al Aajurromiyah, kitab Nukhbatul Fika Ibnu Hajar, dan kitab Al Waroqot yang sampai pada penulisnya masing-masing.

Perjalanan beliau dalam mencari sanad, ada yang sampai ke negeri Maghrib (Maroko). Sedangkan sanad berbagai hadits dan kitab Arba’in An Nawawiyah, beliau dapatkan dari India. Adapun sanad qiroah Al Qur’an didapatkan dari Mesir. Karena memang sanad qiroah Qur’an dikenal banyak terdapat di Mesir, sedangkan sanad hadits di India.

Kalau mau dihitung-hitung beliau telah belajar dari 1000 ulama dan dari mereka, beliau membaca kitab guna meraih sanad. Dan beliau dikenal dengan orang yang memiliki hafalan luar biasa. Sampai sanad-sanad hadits dihafal dan disebutkan dengan mudah di luar kepala.

Guru-Guru Beliau

Sebagaimana telah disebutkan bahwa beliau memiliki banyak guru, hingga bisa dikata lebih dari 1000. Di antara ulama-ulama yang masyhur yang ia menimba ilmu dari mereka:

1- Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz

2- Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin

3- Syaikh ‘Abdullah bin ‘Aqil

4- Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al Jibrin

5- Syaikh Bakr Abu Zaid

6- Syaikh Sholih bin Fauzan Al Fauzan

7- Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al Ghudayan

Jejak Akademik

Beliau adalah salah satu lulusan Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud di jenjang S1. Lalu beliau menyelesaikan Majister dalam ilmu hadits di Universitas Ummul Quro. Dan beliau pun sedang menyelesaikan jenjang Doctoralnya pula. Di samping itu beliau adalah Khotib di Jami’ Abu Bakr As Shiddiq di rumah sakit tentara di Riyadh, juga sebagai imam masjid di Jami’ Al Iman di Hayy Nasim Syarqi.

Kajian Ilmiah

Beliau biasa mengadakan dauroh ilmiah maupun kajian rutin terutama dalam ilmu hadits. Saat ini yang sedang dilaksanakan di Madinah Nabawiyah (kota Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) tepatnya di Masjid Nabawi adalah Dauroh Muhimmatul ‘Ilmi, yang sekarang adalah kali keempat. Dalam 8 hari, telah menuntaskan 15 kitab dengan penjelasan singkat namun syarat makna. Dan setiap yang mengikuti kajian akan mendapatkan sanad dari beliau, dan boleh menyebarkan ilmu yang telah dikaji dengan sanad sampai pada penulis kitab.

Karya Ilmiah

1- Ta’zhimul ‘Ilmi

2- Ma’anil Fatihah wa Qishorul Mufasshol

3- Al Muqoddimah Al Fiqhiyyah Ash Shugro

4- Khulashoh Muqoddimah Ushulit Tafsir

Kitab-kitab di atas dikaji dalam Dauroh Muhimmatul ‘Ilmi. Dan beliau masih memiliki karya ilmiah lainnya.

Semoga Allah memberikan keberkahan umur pada beliau, diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam ketaatan.

 

Nasehat berharga dari Syaikhuna Sholih Al ‘Ushoimi, “Bukan karena jasa kita, Islam bisa jaya, namun kita yang harus memperjuangkan Islam.”

 

Referensi:

Wikipedia , beberapa kitab Syaikh Sholih Al ‘Ushoimiy, dan kesaksian langsung penulis dari Dauroh Muhimmatul ‘Ilmi di Masjid Nabawi, 5-12 Rabi’ul Awwal 1434 H.

 

@ Madinah Nabawiyah, 12 Rabi’ul Awwal 1434 H

www.rumaysho.com

Ulama Yang Terkenal Pada Abad 21 Ulama Abad Ini Ulama Abad 21 Ulama Abad 20 Guru Besar Yang Punya Sanad

About Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Guru dan Masyaikh yang pernah diambil ilmunya: Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-'Ushaimi. Sekarang menjadi Pimpinan Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul.

Kunjungi Pula Artikel

Faedah Sirah Nabi: Nama Lain Nabi Muhammad

Sudah tahu nama nabi kita Muhammad secara lebih lengkap? Baca tulisan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *