Home / Teladan / Ajarkan Anak Dzikir Pagi Petang

Ajarkan Anak Dzikir Pagi Petang

Dzikir Pagi Petang Hafiz Firdaus Dzikir Pagi Petang Dzikir Pagi Dan Petang Untuk Bayi? Dzikir Pagi Dan Petang Doa Pagi Rumaysho

Orang tua baiknya ajarkan anak pula untuk terbiasa membaca dzikir pagi dan petang. Ajarkan anak bahwa ini akan melindungi dirinya dari berbagai macam bahaya dan dapat raih kebaikan di hari ini. Orang tua juga akan semakin termotivasi menjaga dzikir ini karena harus menuntun anak untuk membaca.

Ruwaifi Tuasikal, pagi ini memanggil saya yang sedang berada di depan komputer, Pa ayo baca dzikir pagi. Lalu seperti biasa saya bawa dia ke ruang baca TPA dan dia mulai baca dzikir pagi sendiri sampai bacaan dzikir nomor 5. Walau pelan bacanya karena baru Iqra’ 6.

Mbaknya juga demikian, Rumaysho Tuasikal diajarkan hal yang sama.

Bergantian, saya tuntun dzikir pagi setelah Rumaysho setor hafalan surat bada Shubuh, dan istri menuntun dzikir petang bada Maghrib.

Kapan Waktu Dzikir Pagi Petang? ● https://rumaysho.com/2288-kapan-waktu-dzikir-pagi-dan-petan…

Bacaan Dzikir Pagi ● https://rumaysho.com/1636-bacaan-dzikir-pagi.html

Lihatlah pengajaran anak sudah diperintah oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sejak dini.

Dari Amr bin Syu’aib, dari bapaknya dari kakeknya radhiyallahu ‘anhu, beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مُرُوا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرِ سِنِينَ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ

Perintahkan anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika mereka berumur 7 tahun. Pukul mereka jika tidak mengerjakannya ketika mereka berumur 10 tahun. Pisahkanlah tempat-tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud no. 495. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Contoh lagi adab makan juga diajarkan sejak dini. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendidik ‘Umar bin Abi Salamah adab makan yang benar. Beliau berkata pada ‘Umar,

يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

Wahai anak kecil, sebutlah nama Allah (bacalah bismillah) ketika makan. Makanlah dengan tangan kananmu. Makanlah yang ada di dekatmu.” (HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Semoga bermanfaat dan dapat jadi contoh.

Ditulis di pagi hari, 9 Sya’ban 1437 H @ Darush Sholihin, Panggang, GK

Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal

Rumaysho.Com, Channel Telegram @RumayshoCom, @DarushSholihin, @UntaianNasihat, @RemajaIslam

Zikir Pagi Anak Tk

About Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Guru dan Masyaikh yang pernah diambil ilmunya: Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-'Ushaimi. Sekarang menjadi Pimpinan Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul.

Kunjungi Pula Artikel

Faedah Sirah Nabi: Perang Fijar dan Hilful Fudhul

Ada kisah menarik sebelum kenabian yaitu perang Fijar dan Hilful Fudhul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *