Home / Amalan / Jangan Lupakan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jangan Lupakan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Surat Al Kahfi Surat Alkahfi Surat Al Khafi Surah Al Kahfi Surat Al-kahfi

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hadits-hadits yang membicarakan hal ini kami bawakan sebagian pada posting yang singkat ini. Semoga bermanfaat.

 

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

 

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

 

Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja [?]

 

Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat. Wa shollallahu ‘ala nabiyyiina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

 

***

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel http://rumasyho.com

 

 

Panggang, Gunung Kidul, 16 Shofar 1430 H

Yang selalu mengharapkan ampunan dan rahmat Rabbnya

Muhammad Abduh Tuasikal

 

Al Kahfi Surat Al Kafi Surat Al Kahf Al Kahfi Jumat Keutamaan Surat Al Kahfi

About Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Guru dan Masyaikh yang pernah diambil ilmunya: Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-'Ushaimi. Sekarang menjadi Pimpinan Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul.

Kunjungi Pula Artikel

8 Keutamaan Memberi Makan Buka Puasa

Ada beberapa keutamaan memberi makan buka puasa.

56 comments

  1. Assalamu’alaykum ustadz
    mohon penjelasannya knapa malam jumat juga terhitung? padahal di hadits nya disebutkan hari jumat. apakah karena perhitungan dari bulan? jazakumulloh

  2. Muhammad Nashiruddin A

    Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

    ustadz, saya menemukan kajian mendalam tentang amalan membaca surat al-kahfi tersebut, dan diriwayatkan hampir keseluruhan hadits tentang amalan tersebut adalah dhoif dan munkar, sehingga dikhawatirkan tidak bisa dipertanggung jawabkan amalan tersebut, beberapa referensi banyak pula yang mengatakan hal serupa tentang lemahnya hadits tersebut.

    salah satunya coba lihat pembahasan disini ya ustadz

    http://www.slideshare.net/nombor1/hadithhadith-fadhilat-pengkhususan-surah-alkahfi-pada-hari-jumaat-satu-kajian-terperinci

    wallahu alam apakah ini benar atau salah, saya hanya mencoba mengkaji lebih mendalam lagi tentang setiap amalan yang kurang jelas riwayatnya. Semoga dibukakan kejelasan dan petunjuk yang benar tentang amalan2 yang diajarkan Rasulullah SAW kepada kita umatnya. Aamiin

  3. trimakasih ustz ilmunya

  4. Assalaamualaikum, jazakallah khoiron atas ilmunya ustadz.

    Ijin info untuk yang lain ya ustadz, Untuk bisa langsung membaca dan mendengar lantunan surat Al Kahfi, Bisa di link berikut:

    http://quranqu.com/?a=b&s=18&f=1&t=110

    Dijadikan latihan menghapal juga bisa. Dengan dibaca berulang-ulang urutan ayat tertentu, misal 1-3 sebanyak 20 kali sampai hapal kemudian lanjut ayat selanjutnya.

  5. alhamdulillah… minta doa’nya kang ustadz agar saya bisa beristiqomah trus membaca amalan suroh Al-Khafi yg sudah saya lakukan dari dlu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *