Umum

Hukum Berhaji Ketika Bujang

Komisi Fatwa di Saudi Arabia, Al Lajnah Ad Daimah ditanya,

(1) Apa penilaian agama bagi orang yang berhaji dengan harta yang bukan milknya?

(2) Apakah sah seorang pemuda berhaji sebelum ia menikah (masih bujang)?

Jawaban:

Pertama:

Jika seseorang berhaji dengan harta dari orang lain yang diberikan dalam rangka sedekah untuknya, hajinya tidak ada masalah. Adapun jika ia berhaji dengan harta haram, hajinya sah namun ia punya kewajiban untuk bertaubat.

Kedua:

Haji seorang yang bujang (yang belum menikah) dinilai sah tanpa ada perselisihan di antara para ulama dalam hal ini.

Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ no. 3198, 11/35

Yang menandatangani fatwa ini: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz selaku ketua, Syaikh ‘Abdur Rozaq ‘Afifi selaku wakil ketua, Syaikh ‘Abdullah bin Ghudayan dan Syaikh ‘Abdullah bin Qu’ud selaku anggota.

 

Written on 12 Dzulqo’dah 1431 H (21/10/2010), in KSU, Riyadh, KSA

www.rumaysho.com

Artikel yang Terkait

6 Komentar

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb.
    Ana mau tanya ustad tentang sahnya orang yang berhaji dengan harta haram, ibadahnya itu sekedar sah saja,tetapi tidak diterima oleh Alloh.bukankah Alloh tidak akan menerima amalan yang berasal dari kemungkaran

  2. alangkah lebih baik sekiranya ustaz boleh menjelaskan akan kepentingan mengerjakan haji di usia muda. Ada orang sudah berkemampuan untuk berhaji namun memilih untuk berkahwin terlebih dahul karena katanya pahala lebih banyak jika berhaji setelah berkahwin. Apa pandangan ustaz?

  3. Maha suci Allah yang maha pengasih lagi maha penyang dan pengampun….kita tidak tau persis apakah harta kita bebas dari yng haram….maka selayaknya….kita selalu bertaubat…agar dapat diampuni dosa dari harta2 yang haram…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button