Hukum Bermain Catur


Catur (majmu’ Al Fatawa, 32: 245). Larangan.main.catur.menurut.islam Islam Dan Permainan Catur Hukum Strategy Catur

Kalau sedang kumpul-kumpul, begadang, maka akan terlihat ada yang meneriakkan โ€œskak โ€ฆโ€, โ€œskak mat โ€ฆโ€, dst. Permainan catur ini sangat popular sekali. Kadang permainan ini menghabiskan waktu berjam-jam untuk karena memikirkan strategi untuk mematikan raja si lawan. Mengenai permainan yang satu ini jika melalaikan dari kewajiban shalat karena berjam-jam meski nongkrong untuk mematikan lawan, maka jelas terlarang. Namun jika tidak melalaikan, masih diperselisihkan oleh para ulama. Simak saja bahasan rumaysho.com kali ini.

Hukum Bermain Catur

Mengenai hukum bermain catur, dapat dirinci menjadi dua:

1. Jika bermain catur sampai meninggalkan kewajiban dan berisi perbuatan yang haram, maka hukumnya haram berdasarkan kesepakatan para ulama.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ูŠูŽุญู’ุฑูู…ู ุจูุงู„ู’ุฅูุฌู’ู…ูŽุงุนู ุฅุฐูŽุง ุงุดู’ุชูŽู…ูŽู„ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽุฑู‘ูŽู…ู : ู…ูู†ู’ ูƒูŽุฐูุจู ูˆูŽูŠูŽู…ููŠู†ู ููŽุงุฌูุฑูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุธูู„ู’ู…ู ุฃูŽูˆู’ ุฌูู†ูŽุงูŠูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุญูŽุฏููŠุซู ุบูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽุงุฌูุจู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆูู‡ูŽุง

โ€œ(Bermain catur) itu diharamkan berdasarkan ijmaโ€™ (kesepakatan para ulama) jika di dalamnya terdapat keharaman seperti dusta, sumpa palsu, kezholiman, tindak kejahatan, pembicaraan yang bukan wajibโ€ (Majmuโ€™ Al Fatawa, 32: 245).

Jika demikian, jika bermain catur sampai melalaikan dari shalat lima waktu dan berjamaโ€™ah di masjid โ€“bagi pria-, dalam kondisi ini permainan catur dihukumi haram. Dan inilah kebanyakan yang terjadi. Karena sibuk memikirkan strategi, pikirannya dihabiskan berjam-jam sehingga akhirnya meninggalkan shalat.

2. Jika tidak sampai melakukan yang haram atau meninggalkan kewajiban, maka terdapat khilaf atau perbedaan pendapat di antara para ulama.

Pendapat pertama, hukumnya tetap haram. Demikian pendapat mayoritas ulama dari ulama Hambali, Malikiyah, Hanafiyah dan fatwa dari ulama saat ini seperti Syaikh Muhammad bin Ibrahim dan fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al โ€˜Ilmiyyah wal Iftaโ€™.

Pendapat kedua, hukumnya tidak haram. Demikian disebutkan oleh sebagian ulama Syafiโ€™iyah dan diikuti ulama belakangan seperti Yusuf Qordhowi dalam kitabnya Al Halal wal Haram.

Dalil ulama yang mengharamkan adalah sebagai berikut.

ู…ู„ุนูˆู† ู…ู† ู„ุนุจ ุจุงู„ุดุทุฑู†ุฌ ูˆุงู„ู†ุงุธุฑ ุฅู„ูŠู‡ุง ูƒุงู„ุขูƒู„ ู„ุญู… ุงู„ุฎู†ุฒูŠุฑ

โ€œSungguh terlaknat siapa yang bermain catur dan memperhatikannya, ia seperti orang yang memakan daging babiโ€ (Disebutkan dalam Kunuzul โ€˜Amal 15: 215) Namun hadits ini mengandung cacat dari dua sisi: (1) mursal dan (2) majhulnya satu orang perowi yaitu Habbah bin Muslim. Sehingga hadits ini dhoโ€™if. Begitu pula hadits-hadits yang membicarakan haramnya catur tidak keluar dari hadits yang dhoโ€™if dan palsu (Demikian disebutkan oleh guru kami Syaikh Dr. Saโ€™ad bin Nashir Asy Syatsri dalam kitab beliau Al Musabaqot hal. 227).

Dalil yang lain adalah perkataan โ€˜Ali bin Abu Tholib berikut:

ุนูŽู†ู’ ู…ูŽูŠู’ุณูŽุฑูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุญูŽุจููŠุจู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู…ูŽุฑู‘ูŽ ุนูŽู„ูู‰ู‘ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจูู‰ ุทูŽุงู„ูุจู ุฑูŽุถูู‰ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽูˆู’ู…ู ูŠูŽู„ู’ุนูŽุจููˆู†ูŽ ุจูุงู„ุดู‘ูŽุทู’ุฑูŽู†ู’ุฌู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ (ู…ูŽุง ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽู…ูŽุงุซููŠู„ู ุงู„ู‘ูŽุชูู‰ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู„ูŽู‡ูŽุง ุนูŽุงูƒููููˆู†ูŽ)

Dari Maysaroh bin Habib, ia berkata, โ€œโ€™Ali bin Abu Tholib radhiyallahu โ€˜anhu pernah melewati suatu kaum yang sedang bermain catur. Lantas ia berkata, โ€œApa geragangan dengan patung-patung yang kalian iโ€™tikaf โ€“atau berdiam lama- di depannya?โ€ (HR. Al Baihaqi 10: 212). Imam Ahmad berkata bahwa inilah hadits yang paling shahih dalam bab ini.

Sedangkan ulama yang membolehkan permainan catur beralasan bahwa Asy Syaโ€™bi โ€“ulama terkemuka di masa silam- pernah bermain catur. Dan hukum asal segala sesuatu adalah halal sampai ada dalil tegas yang mengharamkannya.

Pendapat yang terkuat dalam hal ini adalah yang mengharamkan catur dengan alasan:

1. Meskipun hadits yang melarang adalah dhoโ€™if, namun terdapat dalil dari perkataan โ€˜Ali bin Abi Tholib yang berisi pengingkaran beliau. Inilah pemahaman secara tekstual dari dalil tersebut.

2. Buah catur tidak ubahnya seperti patung yang memiliki bentuk. Sebagaimana diketahui bahwa memiliki gambar atau patung hukumnya adalah haram, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุฉูŽ ู„ุงูŽ ุชูŽุฏู’ุฎูู„ู ุจูŽูŠู’ุชู‹ุง ูููŠู‡ู ุตููˆุฑูŽุฉูŒ

โ€œPara malaikat tidak akan masuk ke rumah yang terdapat gambar di dalamnya (yaitu gambar makhluk yang memiliki ruh)โ€ (HR. Bukhari 3224 dan Muslim no. 2106). Patung catur termasuk dalam gambar tiga dimensi dan terlarang pula berdasarkan hadits ini. Demikian alasan dari Syaikh Muhammad bin Sholeh Al โ€˜Utsaimin rahimahullah.

3. Ulama yang membolehkan catur memberikan syarat: (1) tidak sampai berisi keharaman seperti judi dengan memasang taruhan, perkataan sia-sia atau celaan, dan dusta, (2) tidak sampai meninggalkan kewajiban seperti meninggalkan shalat. Namun syarat ini jarang dipatuhi oleh pemain catur sebagaimana kata guru kami, Syaikh Sholeh Al Fauzan hafizhohullah ketika membantah pernyataan Yusuf Qordhowi dalam Al Halal wal Haram yang membolehkan permainan catur. Jika syarat di atas jarang dipatuhi, bagaimana mungkin kita katakan boleh-boleh saja bermain catur?

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, โ€œPermainan catur tetap dinilai haram oleh mayoritas ulama meskipun tidak terdapat hal-hal yang terlarang. Dilarang demikian karena catur sering melalaikan dari berdzikir pada Allah, melalaikan dari shalat, menimbulkan permusuhan dan kebencian dan hal ini berbeda dengan permainan dadu apabila dadu tersebut disertai adanya taruhan. Namun jika permainan catur dan dadu sama-sama memakai taruhan, catur dinilai lebih jelekโ€ (Majmuโ€™ Al Fatawa, 32: 245).

Bermain Catur Termasuk Maysir

Allah Taโ€™ala berfirman,

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุขูŽู…ูŽู†ููˆุง ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุฑู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽูŠู’ุณูุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุจู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฒู’ู„ูŽุงู…ู ุฑูุฌู’ุณูŒ ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ููŽุงุฌู’ุชูŽู†ูุจููˆู‡ู ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชููู’ู„ูุญููˆู†ูŽ

โ€œHai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi (maysir), (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.โ€ (QS. Al Maidah: 90). Maysir sebenarnya lebih umum dari berjudi.

Kata Imam Malik rahimahullah, โ€œMaysir ada dua macam: (1) ย bentuk permainan seperti dadu, catur dan berbagai bentuk permainan yang melalaikan, dan (2) bentuk perjudian, yaitu yang mengandung unsur spekulasi atau untung-untungan di dalamnya.โ€ Bahkan Al Qosim bin Muhammad bin Abi Bakr memberikan jawaban lebih umum ketika ditanya mengenai apa itu maysir. Jawaban beliau, โ€œSetiap yang melalaikan dari dzikrullah (mengingat Allah) dan dari shalat, itulah yang disebut maysir.โ€ (Dinukil dari Al Mawsuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 39: 406).

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, โ€œPermainan catur termasuk kemungkaran sebagaimana yang dinyatakan oleh โ€˜Ali, Ibnu โ€˜Umar dan sahabat lainnya. Oleh karena itu, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan selainnya bersikap keras dalam hal ini, sampai-sampai mereka mengatakan, โ€œTidak boleh menyalami para pemain catur karena mereka nyata-nyata menampakkan maksiat.โ€ Sedangkan murid-murid Abu Hanifah berpendapat bahwa tidak mengapa jika menyalami merekaโ€ (Majmuโ€™ Al Fatawa, 32: 245).

Sebagai penutup kami sampaikan sabda Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam,

ู…ูู†ู’ ุญูุณู’ู†ู ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกู ุชูŽุฑู’ูƒูู‡ู ู…ูŽุง ู„ุงูŽ ูŠูŽุนู’ู†ููŠู‡ู

โ€œDi antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaatโ€ (HR. Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no. 3976. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca pula artikel rumaysho.com tentang masalah dadu, catur dan judi:

  1. Dadu dan Catur Menuai Kecaman Islam
  2. Taruhan dan Judi dalam Lomba
  3. Larangan Bermain Dadu

Hanya Allah yang beri petunjuk dan hidayah

ย 

Referensi:

Al Musabaqot wa Ahkamuhaa fi Asy Syariโ€™ah Al Islamiyyah, Syaikh Dr. Saโ€™ad bin Nashir bin โ€˜Abdul โ€˜Aziz Asy Syatsri, terbitan Darul โ€˜Ashimah dan Darul Ghoits, cetakan kedua, 1431 H.[1]

Al Mawsuโ€™ah Al Fiqhiyyah, terbitan Kementrian Agama Kuwait.

Fatwa Syaikh Muhammad bin Sholeh Al โ€˜Utsaimin

Fatwa Syaikh Sholeh Al Fauzan

Majmuโ€™ Al Fatawa, Ibnu Taimiyah, terbitan Darul Wafaโ€™, cetakan ketiga, tahun 1426 H.




[1] Syaikh Saโ€™ad Asy Syatsri lebih cenderung pada pendapat membolehkan catur jika tidak sampai melalaikan dari kewajiban dan tidak berisi perbuatan yang haram โ€“seperti judi,, dusta dan seterusnya-


Hukum Bercatur Hadits Larangan Catur Hadits Larangan Bermain Catur Dan Menyaksikannya Catur Rumaysho Catur Bolehkah Dlm Islam


Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Pernah menimba ilmu agama dari ulama besar seperti Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-'Ushaimi. Aktivitas: Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul dan Pengasuh Rumaysho.Com dan Penasihat Muslim.Or.Id.


  • Aufanuri

    Jazaakumullah khaira. Kakak laki2 saya sering bermain catur, sdgkan beliau belum ‘ngaji’ / masih awam. bagaimana cara menasehati agar nasehat itu bisa diterima ya ustadz?ย 

    • Nasehati dulu ke masalah lebih penting. Ajak dia untuk mengenal Islam, ajarkan tauhid dan akidah yang benar, ajaklah shalat, baru ke perkara penting lainnya.
      Semoga Allah memberinya hidayah demi hidayah.

  • Rizal_erizal

    Yusuf Qordhowiย  yang mana ini ustadz? kenapa pendapat seperti Yusuf Qordhowi juga dipakai ustadz, sedangkan kita tahu akidahnya seperti apa

    • Coba baca ulang artikel di atas. Apa betul kami mendukung pendapat beliau dalam masalah catur? Apa salah jika kami menukil pendapatnya untuk menjelaskan kekeliruan?

      • Rizal_erizal

        ย Afwan ustadz. jazakallah khairon katsiron

  • defrimon alhaviqi

    Assalamu’alaikum pak ustadz, saya bertanya, Maysir di atas merupakan bentuk yang melalaikan dari mengingat Allah dan sholat lima waktu. Apakah game online maupun offline termasuk maysir juga pak ustadz, karena bisa lalai dari mengingat ย Allah dan apakah sama juga hukum permainan catur yang ada di komputer dengan permainan catur yang sebenarnya?

  • Anas_hikmah

    Tidak bisa diterima jika alasan yang dikemukakan adalah bahwa catur itu seperti patung, karena bisa dilakukan dengan benda yang lain yang tidak berbentuk patung. Jadi alasannya tidak tepat.

    • Hukum itu dilihat dr mayoritas bukan yg jarang terjadi.

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Riyadh, Kingdom of Saudi Arabia

      By my IPhone

      ููŠ ูขูคโ€/ู ูคโ€/ูขู ูกูขุŒ ุงู„ุณุงุนุฉ ูฆ:ูฅูฃ ุตุŒ ูƒุชุจ “Disqus” :

  • Unity

    kalau main game,playstation gimana? misal main game bola yang gerakin orang di layar monitor

  • Dari sisi dalil melarang catur dg alasan apa pun. Wallahu a’lam.