Hukum Memajang Foto Makhluk Bernyawa


Hukum Memajang Foto Dalam Islam Hukum Memajang Foto Di Rumah Hukum Memajang Foto Dirumah Hukum Memajang Foto Keluarga Hukum Memajang Foto Di Jejaring Sosial Dalam Islam

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Dalam berbagai hadits dilarang bagi kita untuk memajang gambar makhluk bernyawa. Gambar yang terlarang dibawa ini adalah gambar manusia atau hewan, bukan gambar batu, pohon dan gambar lainnya yang tidak memiliki ruh. Jika gambar tersebut memiliki kepala, maka diperintahkan untuk dihapus. Karena kepala itu adalah intinya sehingga gambar itu bisa dikatakan memiliki ruh atau nyawa. Agar lebih jelas perhatikan terlebih dahulu hadits-hadits yang menerangkan hal tersebut. Hanya Allah yang beri taufik.

 

Keterangan dari Berbagai Hadits[1]

Dalam hadits muttafaqun ‘alaih disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ

Para malaikat tidak akan masuk ke rumah yang terdapat gambar di dalamnya (yaitu gambar makhluk hidup bernyawa)” (HR. Bukhari 3224 dan Muslim no. 2106)

Hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu dia berkata,

نَهَى رسول الله صلى الله عليه وسلم عَنِ الصُّوَرِ فِي الْبَيْتِ وَنَهَى أَنْ يَصْنَعَ ذَلِكَ

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang adanya gambar di dalam rumah dan beliau melarang untuk membuat gambar.” (HR. Tirmizi no. 1749 dan beliau berkata bahwa hadits ini hasan shahih)

Hadits Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya,

أَنْ لاَ تَدَعْ تِمْثَالاً إِلاَّ طَمَسْتَهُ وَلاَ قَبْرًا مُشْرَفًا إِلاَّ سَوَّيْتَهُ

“Jangan kamu membiarkan ada gambar kecuali kamu hapus dan tidak pula kubur yang ditinggikan kecuali engkau meratakannya.” (HR. Muslim no. 969) Dalam riwayat An-Nasai,

وَلَا صُورَةً فِي بَيْتٍ إِلَّا طَمَسْتَهَا

“Dan tidak pula gambar di dalam rumah kecuali kamu hapus.” (HR. An Nasai no. 2031. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma dia berkata,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا رَأَى الصُّوَرَ فِي الْبَيْتِ يَعْنِي الْكَعْبَةَ لَمْ يَدْخُلْ وَأَمَرَ بِهَا فَمُحِيَتْ وَرَأَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ عَلَيْهِمَا السَّلَام بِأَيْدِيهِمَا الْأَزْلَامُ فَقَالَ قَاتَلَهُمْ اللَّهُ وَاللَّهِ مَا اسْتَقْسَمَا بِالْأَزْلَامِ قَطُّ

“Bahwa tatkala Nabi melihat gambar di (dinding) Ka’bah, beliau tidak masuk ke dalamnya dan beliau memerintahkan agar semua gambar itu dihapus. Beliau melihat gambar Nabi Ibrahim dan Ismail alaihimas ssalam tengah memegang anak panah (untuk mengundi nasib), maka beliau bersabda, “Semoga Allah membinasakan mereka, demi Allah keduanya tidak pernah mengundi nasib dengan anak panah sekalipun. “ (HR. Ahmad  1/365. Kata Syaikh Syu’aib Al Arnauth bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari dan periwayatnya tsiqoh, termasuk perowi Bukhari Muslim selain ‘Ikrimah yang hanya menjadi periwayat Bukhari)

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumahku sementara saya baru saja menutup rumahku dengan tirai yang padanya terdapat gambar-gambar. Tatkala beliau melihatnya, maka wajah beliau berubah (marah) lalu menarik menarik tirai tersebut sampai putus. Lalu beliau bersabda,

إِنَّ مِنْ أَشَدِّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الَّذِينَ يُشَبِّهُونَ بِخَلْقِ اللَّهِ

“Sesungguhnya manusia yang paling berat siksaannya pada hari kiamat adalah mereka yang menyerupakan makhluk Allah.” (HR. Bukhari no. 5954 dan Muslim no. 2107 dan ini adalah lafazh Muslim). Dalam riwayat Muslim,

أَنَّهَا نَصَبَتْ سِتْرًا فِيهِ تَصَاوِيرُ فَدَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَنَزَعَهُ ، قَالَتْ : فَقَطَعْتُهُ وِسَادَتَيْنِ

“Dia (Aisyah) memasang tirai yang padanya terdapat gambar-gambar, maka Rasulullah masuk lalu mencabutnya. Dia berkata, “Maka saya memotong tirai tersebut lalu saya membuat dua bantal darinya.”

Dari Ali radhiyallahu anhu, dia berkata,

صَنَعْتُ طَعَامًا فَدَعَوْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَجَاءَ فَدَخَلَ فَرَأَى سِتْرًا فِيهِ تَصَاوِيرُ فَخَرَجَ . وَقَالَ : إِنَّ الْمَلائِكَةَ لا تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ تَصَاوِيرُ

“Saya membuat makanan lalu mengundang Nabi shallallahu alaihi wa sallam untuk datang. Ketika beliau datang dan masuk ke dalam rumah, beliau melihat ada tirai yang bergambar, maka beliau segera keluar seraya bersabda, “Sesungguhnya para malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada gambar-gambar.” (HR. An-Nasai no. 5351. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata,

اسْتَأْذَنَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلام عَلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ : « ادْخُلْ » . فَقَالَ : « كَيْفَ أَدْخُلُ وَفِي بَيْتِكَ سِتْرٌ فِيهِ تَصَاوِيرُ فَإِمَّا أَنْ تُقْطَعَ رُؤوسُهَا أَوْ تُجْعَلَ بِسَاطًا يُوطَأُ فَإِنَّا مَعْشَرَ الْمَلائِكَةِ لا نَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ تَصَاوِيرُ

“Jibril alaihis salam meminta izin kepada Nabi maka Nabi bersabda, “Masuklah.” Lalu Jibril menjawab, “Bagaimana saya mau masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang bergambar. Sebaiknya kamu menghilangkan bagian kepala-kepalanya atau kamu menjadikannya sebagai alas yang dipakai berbaring, karena kami para malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.” (HR. An-Nasai no. 5365. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Pelajaran:

Hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu di atas, menunjukkan bahwa yang dimaksud gambar yang terlarang dipajang adalah gambar makhluk bernyawa (yang memiliki ruh) yaitu manusia dan hewan, tidak termasuk tumbuhan. Sisi pendalilannya bahwa Jibril menganjurkan agar bagian kepala dari gambar tersebut dihilangkan, barulah beliau akan masuk ke dalam rumah. Ini menunjukkan larangan hanya berlaku pada gambar yang bernyawa karena gambar orang tanpa kepala tidaklah bisa dikatakan bernyawa lagi.

Dalam hadits lain, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

اَلصُّوْرَةٌ الرَّأْسُ ، فَإِذَا قُطِعَ فَلاَ صُوْرَةٌ

“Gambar itu adalah kepala, jika kepalanya dihilangkan maka tidak lagi disebut gambar.” (HR. Al-Baihaqi 7/270. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 1921)

Menghapus Gambar Makhluk Bernyawa

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah ditanya, “Bisakah engkau jelaskan mengenai jenis gambar yang mesti dihapus?”

Syaikh rahimahullah menjawab, “Gambar yang mesti dihapus adalah setiap gambar manusia atau hewan. Yang wajib dihapus adalah wajahnya saja. Jadi cukup menghapus wajahnya walaupun badannya masih tersisa. Sedangkan gambar pohon, batu, gunung, matahari, bulan dan bintang, maka ini gambar yang tidak mengapa dan tidak wajib dihapus. Adapun untuk gambar mata saja atau wajah saja (tanpa ada panca indera, pen), maka ini tidaklah mengapa, karena seperti itu bukanlah gambar dan hanya bagian dari gambar, bukan gambar secara hakiki.” (Liqo’ Al Bab Al Maftuh, kaset no. 35)

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan dalam kesempatan yang lain bahwa gambar makhluk bernyawa boleh dibawa jika darurat. Syaikh Ibnu ‘Utsaimin ditanya, “Dalam majelis sebelumnya, engkau katakan bahwa boleh membawa gambar dengan alasan darurat. Mohon dijelaskan apa yang jadi kaedah dikatakan darurat?”

Syaikh rahimahullah menjawab, “Darurat yang dimaksud adalah semisal gambar yang ada pada mata uang atau memang gambar tersebut adalah gambar ikutan yang tidak bisa tidak harus turut serta dibawa atau keringanan dalam qiyadah (pimpinan). Ini adalah di antara kondisi darurat yang dibolehkan. Orang pun tidak punya keinginan khusus dengan gambar-gambar tersebut dan di hatinya pun tidak maksud mengagungkan gambar itu. Bahkan gambar raja yang ada di mata uang, tidak seorang pun yang punya maksud mengagungkan gambar itu.” (Liqo’ Al Bab Al Maftuh, kaset no. 33)

Penjelasan hukum dalam tulisan di atas semata-mata berdasarkan dalil dari sabda Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, bukan atas dasar logika semata. Semoga Allah menganugerahkan sifat takwa sehingga bisa menjauhi setiap larangan dan mudah dalam melakukan kebaikan. Wallahu waliyyut taufiq.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat.

 

Riyadh-KSA, 9th Rabi’uts Tsani 1432 H (14/03/2011)

www.rumaysho.com




[1] Lihat berbagai hadits tentang hal ini di web Ustadz Abu Mu’awiyah: http://al-atsariyyah.com/hadits-hadits-tentang-larangan-menggambar.html


Hukum Memajang Photo Hukum Gambar Hukum Memajang Foto Di Dalam Rumah Hukum Memajang Foto Keluarga Dalam Islam Hukum Memasang Foto Di Rumah


Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Guru dan Masyaikh yang pernah diambil ilmunya: Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-'Ushaimi.


  • Phi3_tpu

    assalamu’alaikum

    saya hendak menanyakan tentang gambar, apakah berlaku untuk foto-foto yang dipajang. apakah diperbolehkan untuk dipajang atau sama saja aturannya?

    • wa’alaikumus salam
      iya berlaku untuk setiap foto makhluk bernyawa yang dipajang.

      • Abu Hilmy Al-Jakarti

        Ustadz, baarokallaahu fiik..
        Lalu gimana Ustadz dgn gambar2 postingan video yg ada di http://yufid.tv/ ?
        Apa gambar2 para Ustadz yg terpampang di dalamnya tdk termasuk gambar makhluk bernyawa..? karena gambar2 tersebut diam sbgmn foto biasa.
        Oya, trus kapan video lengkap dr kajian di upload dan bisa di download…?? karena yg ada baru cuplikan video… smg lebih banyak lg video yg diupload dgn utuh videonya (dr awal sampai akhir kajian)… 🙂
        mampir Ustadz di http://aljakarti.wordpress.com/

        • silakan baca artikel berikut: http://ustadzaris.com/hukum-gambar-bergerak

          • Abu Hilmy

            na’am, klo itu ana paham, tp yg ana maksudkan adl bukan videonya, akan tetapi gambar2 yg diam (tdk bergerak persis foto) yg itu terlihat pada postingan di http://www.yufid.tv
            wallaahu a’lam.

          • Wallahu a’lam.

          • Muhammad Taufik Maulana RinduR

            assalamualaikum kiyai… ane mau tanya masalah foto yg brnyawa tdak
            boleh dpajang-pajang, sedangkan dijaman sekarang sudah bnyak masyarakat
            ataupun ulama-ulama, para kiyai, para haba’ib yang sudah jelas KEILMUAN
            AGAMANYA dia bnyak yg memajang foto2 mahluk yg brnyawa, pertnyaan saya
            apakah mereka itu semua termasuk golongan orang2 yang berdosa?… karana sudah melanggar dalil-dalil diatas yg banyak bapa keluarkan…trksh mhon pencerahannya

          • Wa’alaikumussalam. Dalil lebih dimenangkan daripada perbuatan kyai atau habib.

            2014-05-19 10:29 GMT+07:00 Disqus :

  • Assalamu`alaikum
    Minta izin COPAS. Jazakallah.

  • cahyo

    assalamu’alaikum wrwb
    apakah foto diri termasuk yang dilarang ???
    mohon penjelasannya.
    syukron
    wassalam

  • Ansoribara

    Assalamu’alaikum Ustadz.
    Dari beberapa hadits di atas, apakah boleh menggunakan alas tidur ataupun sarung bantal yang bergambar makhluk?

    • Wa’alaikumus salam.
      Yg boleh jika gambar itu untuk tujuan dihinakan spt dinjak2. Contoh, untuk alas kaki. Ada salah satu hadits di atas yg mengisyaratkan demikian sbgmn dlm hadits ‘Aisyah.

  • shello

    Assalamu’alaikum Ustadz,
    kalau foto2nya hanya dipajang dalam album foto, bolehkah?

    • Wa’alaikumussalam.
      Kata para ulama, foto boleh disimpan jk tujuan darurat.

      • Abu Hilmy

        trus, gmn dgn foto2 yg diminta oleh pihak lembaga2 pendidikan (sd, ponpes, ma’had ‘ali, dsb) sebagai syarat masuk…???
        Apakah ini termasuk darurat..???

  • Assalamualaikum
    Apakah gambar wajah presiden wapres yang biasa dipasang di dinding termasuk darurat?
    Jzklh

  • Guns Owner48

    g mana klo foto kita ga di pajang tp di simpan di album,,buat knang2an saja,???

  • Ansoribara

    Assalamu’alaikum Ustadz..
    Bagaimana hukumnya foto-foto pribadi yang tidak dipajang tetapi disimpan di dalam album atau di dalam komputer?

  • “Adapun untuk gambar mata saja atau wajah saja (tanpa ada panca indera, pen), maka ini tidaklah mengapa, karena seperti itu bukanlah gambar dan hanya bagian dari gambar, bukan gambar secara hakiki.”

    mohon pencerahan terhadap kata-kata “atau wajah saja”.
    bukankah kepala itu sama dengan wajah…

  • Assalamu’alaikum Ustadz..
    Ana seorang penjaga warung sembako, juga menjual jajanan anak. Tidak bisa dihindari adanya gambar2 pada kemasan produk dan ana membiarkan semuanya terpajang sampai saat ini, karena mau gimana lagi Ustadz memang begitu adanya.. Apakah ana berdosa Ustadz?

    • Wa’alaikumus salam.
      Yg disebutkan saudara adl kondisi darurat krn kita sebenarnya inginkan produknya namun tdk bisa dihindari bungkusnya yg ada gambar nya,.

  • zakkiy

    assalamu’alaikum berarti, kita tidak boleh merelakan diri kita di ambil gambarnya, atau di foto ya Ustadz? bagaimanakah contoh penyimpanan foto digital dalam kondisi darurat menurut ustadz?

    mungkin perlu ada penjelasan ustadz tentang hukum gambar dalam dua hal yaitu tentang hukum membuat menggambar atau melukisnya dan hukum dalam pemanfaatannya, sehingga hal ini akan turut pula menyinggung tentang gambar lukisan dengan tangan yang berbeda dengan foto digital, saya pernah membaca tentang pengkategorian ini, mohon penjelasannya, ditambah lagi dengan hukum gambar bergerak ustadz, sekarang ada pemanfaatan video, atau film2 kartun untuk anak-anak yang awalnya dari sketsa gambar mahluk bernyawa. sekarang ini ustadz, pembuatan film kartun sudah sedemikian canggih dengan software tertentu sehingga memungkinkan untuk membuatnya tanpa perantaraan kertas dan pena, kami sebagai para calon ayah, atau praktisi teknologi perlu tau tentang hakikat hal-hal baru yang demikian ini,

    boleh tau ustadz apa itu qiyadah?

    • Insya Allah akan kami bahas lebih detail.
      Qiyadah, mungkin maksud syaikh adl penggunaan dlm urusan administrasi pemerintahan spt foto dlm KTP, Passport, dll

  • Ney

    Assalamualaikum Ustadz…
    Bagaimana dengan foto yang ada di KTP, Paspor ataupun dokumen yang lain?

  • Nanimelani

    assalamu’alaikum wr. wb.
    bagaimana jika foto kita sendiri itu dipajang dengan alasan sebagai kenang2an? mohon jawabannya pak ustadz….

    mksh. wassalam.

  • arendy65

    ustadz..
    ana pernah denger “foto itu halal”
    soalnya foto cman efek pembalikan cahaya,…

    bagaimana menanggapinya..

  • indra

    ustadz kok ane sering lihat foto2 ulama yang dipajang di dalam rumah … bagaimana hukumnya itu ustadz ?

    • itu tdk dibolehkan sebagaimana penjelasan dalam hadits2 di atas. Sebaik2 petunjuk adl petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

  • Rizky akbar

    assalamualaikum ustad
    bagaimana kalau kita seandaniya memajang foto sperti gambar para walisongo

    • wa’alaikumus salam
      tetap tdk dibolehkan memajang foto makhluk bernyawa walaupun itu foto ulama atau wali sekali pun.

  • B4lboa

    bagaimana kalo foto presiden dan wakil presiden, kan itu ada disetiap sekolah2 sama perkantoran ? apa itu jg haram ?

  • Faathimatu

    Bismillah. Ustadz, apakah memfoto dan video diperbolehkan? Apa dalilnya. Jazakallahu khairan..

  • Resti

    Bagaimana dgn foto keluarga yang dipajang di lemari ruang tamu ? Apa haram jg ?

  • hrp

    assalamualaikum ustadz…
    ayah saya seorang pelukis. penghasilan keluarga kami yg d berikan allah mash melalui lukisan yg d jual itu… ap yg harus kami lakukan?

    • Wa’alaikumus salam
      Doakan ayahmu semoga slalu mendapat kebaikan dan moga mendapat pekerjaan yg lebih baik.

  • gs

    Bagaimana dengan patung?
    Jika tidak boleh, apakah kalau disimpan di dalam lemari, malaikat masih mau masuk?

    • Patung jelas terlarang apalagi menampakkan bentuk makhluk bernyawa. Sebaiknya patut spt itu dihancurkan, itu jalan terbaik.

  • ali

    asalamualaikum ustadz kalau malaikat tidak bisa masuk apakah berarti malaikat tidak mencatat amal baik dan buruk kita?

    • wa’alaikumus salam. wallahu a’lam, boleh jadi spt itu, boleh jadi yg dimaksud pula bhw rumahnya jadi kurang barokah.

  • ashim

    afwan ust bgmn dg foto yg ada di ijazah apakah trmsk dlm kondisi darurot?

    • itu kondisi darurat

      • ashim

        mohon penjelasannya ust knp trmsk ke dlm kondisi darurat, sdgkan msh ada sekolah2 lain yg tdk menggunaan ijazah, jazakallahu khaira

  • Harymega

    assalamu’alaykum Ustadz…

    saya mau tanya, bagaimana hukumnya membaca komik atau menonton film kartun? Apakah itu termasuk dalam kategori memanfaatkan gambar? Mohon penjelasannya…

    Jazaakallahu khayran

    • wa’alaikumus salam.
      hukum gambar bergerak spt video, diperselisihkan pr ulama. sebagian ulama menganggapnya tdk mengapa

  • Sugengsa

    Assalamu’alaikum Ustadz,
    Sekali lagi ana ingin menyakinkan diri ini,
    Berarti Foto-foto pribadi / keluarga yang dipajang di rumah dengan kata lain juga tidak diperkenankan.
    Syukron…..!

  • Aliyusuf Saputra

    sekarang saya baru tahu dengan jelas makna ini…sebaik-baiknya perkara hanya milik ALLAH dan mahluk yang besyukur.
    http://simantap.ads4blog.net

  • lufi

    assalamualaikum bang ustadz..
    bagaimana hukumnya jika saya melukis figur manusia tetapi tidak secara utuh atw terpotong potong.. mohon penjelasannya. karna ini menyangkut pekerjaan saya sbagai plukis.

  • ummu hudzaifah

    bismillah
    ustadz, ana mau nanya, kalau memajang foto balita juga ga boleh ya berarti? soalnya banyak juga ummahat yang memasang foto bayinya sebagai profil picture di facebook.

    • Itulah bencana. Yg tahu ilmu tp tdk amalkan, itulah bencana. Semoga Allah beri hidayah bg mereka.

  • FERRYANDISETIAWAN

    BAGAIMANA DENGAN HUKUM FOTO USTADZ? SOALNYA KLU SAYA PERNAH BACA ARTIKEL ITU FOTO TIDAK TERMASUK DALAM GAMBAR. BERIKUT LINK YANG PERNAH SAYA BACA.
    http://konsultasi.wordpress.com/2007/10/03/hukum-foto-dan-gambar/

    • hukum memajang foto beda dengan hukum mengambil foto.

      • Anglingz

        Ustadz, jd bgmn hukumnya dgn “mengambil foto” ?

  • Ibnu Suhaili

    Bismillah,
    ‘afwan ustadz, ada hal yg ingin ana tanyakan…
    Bagaimanakah hukumnya mempunyai/membeli boneka yg berbentuk seperti makhluk hidup (misal boneka gajah, kucing dl)
    untuk putri kita yg masih kecil? Apakah terlarang sebagaimana keumuman
    hadits ttg patung & gambar makhluk hidup?

    Bagaimana dengan hujjah: A’isyah radhiyallahu’anha semasa kecil pernah
    mempunyai boneka/mainan kuda bersayap, yg mana Rasul Shallallahu’alahii
    wasallam mengatakan bahwa Kuda bersayap adalah kudanya Nabi Sulaiman
    ‘Alaihissalam.. benarkah demikian?? Mohon jawabannya ustadz ,

    syukron sebelumnya, jazakallohu khoiron katsiron….

     

    • Bonekanya Aisyah bentuknya tdk seperti makhluk layaknya boneka2 saat ini. Maka kalau bisa, tetap dihindari.

  • Ridho

    Ustadz, kalau bermain game balap mobil, motor apakah itu dibolehkan ?

  • Yudicool84

    ustadz, klo di media multmedia,kya di facebook gtu blh ga memajang fto(stengah badan)

    • iya

      • Dya

        Ustadz mksudnya iyah itu apa? bukannya ga boleh pasang foto (gambar bernyawa) di FB ato mn aja, walopun stgh badan tp tampak muka? mksudnya gmbar brnywa itu yg panca inderanya lengkap kan ustadz?

  • Dinar Ardi

    bagaimana jika buku biologi dan sejenisnya ustadz (yg pasti ada gambar MHnya dan tdk bisa dihilangkan bgtu saja)? juga bagaimana dengan boneka makhluk hidup ?

  • Riomawar88

    Agama mengajarkan manusia untuk mengenal Pengcipta,mengasihi sesama manusia,menyelaraskan kehidupan dan untuk lebih mengetahui dan membuka tabir rahasia alam semesta,Agama bersifat mengatur,mengikat sekaligus memerdekakan,

  • Dimasabdi

    maaf sebelumnya.. kalo pemahaman saya begini… dari hadist diatas hanya menjelaskan foto2 yang dipajang dirumah, memang sudah jelas tidak diperbolehkan.
    lantas foto pada facebook apakah dilarang? padahal foto itu tidak dipajang didinding rumah melainkan di dunia maya,… mohon penjelasannya ustadz
    terima kasih

    • Ibn abdillaah

      Benar, ustadz.. Sebagian ulama MEMBOLEHKAN hal ini…

      Karena ulamaa yang berpendapat bahwa “Memotret tidak termasuk menggambar” sehingga hasil potretan gambar bernyawa pun tidak terlarang karena tidak termasuk menggambar, kecuali dipajang DI RUMAH karena ada larangan khususnya..

      Adapun MENG-QIYAS-KAN hal ini kepada internet, sebagian ulama TIDAK BERPEMAHAMAN demikian.. Sebagaimana BANYAK ULAMAA yang memiliki website, facebook, twitter yang memajang fotonya..

      Simak penjelasan al Ustadz Zaenal Abidin berikut (yg dinukil dr salafiy unpad dari website pribadi beliau) maka hal ini tidak terlarang, dan tidak termasuk pengertian hadits memajang gambar bernyawa di rumah; karena dapat hilang ketika di-close

      • Pendapat yg hati2 adl tidak memajangnya, karena ini pemahaman tekstual hadits. Dan itu lebih menjauhi syubhat atau kesamaran.

        • Ibn abdillaah

          tekstual haditsnya justru jelas-jelas mengatakan: “memajang gambar di rumah” stadz…

  • Hendyirawan28

    klau pas foto gmn??…dan misalkan ada saudara qt meninggalkan tk mengenang-y qt memajang foto, apkh thu diperbolehkan??

    yg kedua bila ad seseorang menggambarkan semboyan lalu membuat gambar apkh diperbolehkan,pdhl gmbr tersebet mahluk hidup…??

    mohon diperjelas y….

    • 1. Pas foto, boleh krn darurat.
      2. foto saudara Anda td haram dipajang
      3. untuk semboyan tetap tidak dibolehkan gambar yg memiliki ruh, boleh gambar lainnya.

  • Sakurai_hiro329

    ustad kalo mengambil foto n video untuk dokumentasi(tidak d pajang) apa d perbolehkan???saya hobi foto soalnya…trus kalo hukum kartun gmn ustad???itu kan bukan makhluk hidup,tp dari segi wajah(tampilan)tetep ada mata,hidung,mulut,dll???mohon penjelasannya…

    • bedakan antara hukum membuat dan memajang.
      Untuk video tdk ada masalah antara membuat dan memutar ulang krn video hanyalah sesuatu yg dipindahkan dr gerakan asli. Demikian fatwa Syaikh Sholeh Al Fauzan yg kami dengar langsung ttg masalah video.

  • rina

    Assallamulaikum Wr.Wb.
    Beberapa hadist di atas sangat jelas menerangkan bahwa ”Para malaikat tidak akan masuk ke rumah yang terdapat gambar di dalamnya (yaitu gambar makhluk hidup bernyawa)” (HR. Bukhari 3224 dan Muslim no. 2106). Maaf Pak ustad  dalam kehidupan sehari-hari ketika seorang akan meninggal dunia di rumahnya dimana banyak gambar2 makhluk hidup bernyawa didalamnya. Jadi yang ingin saya tanyakan  Bagaimana Malaikat Izrail mencabut nyawanya apakah masuk kerumah atau dari luar saja. Mohon penjelasanya agar saya dapat memahaminya dengan benar. Thx.

    • Nadiahusna24

      yang dimaksud malaikat rahmat… bukan pencabut nyawa

      • Guest

        lalu malaikat apa itu yang dimaksud?

        • siswa

          malaikat rahmat, kan udah ada tu diatas

  • Wahyuindriyono

    apakah memasang foto pernikahan, foto keluarga dan foto anak2 juga berarti dilarang ustad?

  • wind

    ustad ada dalil yang memperkuat itu adalah malaikat rahmat

  • Hanya Angin Lewat

    ustad, saya sangat suka menggambaar ustaad -__- lalu buat apa diberikan bakat menggambar klo kita tidak boleh menggambar ?

    • Ibnu Chuzaimah

      ya akhi/ukhti, kalau mau menggambar, silahkan menggambar pemandangan, atau bisa menggambar mobil, motor, sepeda, kapal terbang, kapal laut, kapal selam, atau seni grafitty, atau seni kontemporer lainnya yang tidak bertentangan dengan syariat islam. wallahu ‘alam bishawab.

      • kalo kita nyari uang dari menggambar pemandangan, atau melukis pepohonan. apakah uangnya halal?

        • Selama bukan gambar manusia dan hewan, halal

          Muhammad Abduh Tuasikal
          Rumaysho.com via my Iphone

          في ٢٢‏/١١‏/٢٠١٢، الساعة ١١:١٤ ص، كتب “Disqus” :

  • Emillion

    ustad, saya mau tanya, klo beli komik itu boleh apa tidak ? lalu apakah malaikat rahmat tidak akan masuk kerumah orang yang banyak komiknya ? thx 

    • ibnu chuzaimah

      akhi, jika komik itu adalah komik yang didalamnya terdapat gambar  mahluk hidup, maka dasar hukum menggambar adalah haram, dan apabila antum memajang komik2 tersebut maka sesuai dengan hadith berikut ; Saya membuat makanan lalu mengundang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
      untuk datang. Ketika beliau datang dan masuk ke dalam rumah, beliau
      melihat ada tirai yang bergambar, maka beliau segera keluar seraya
      bersabda, “Sesungguhnya para malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah
      yang di dalamnya ada gambar-gambar.” (HR. An-Nasai no. 5351. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih) sebaiknya komik2 tersebut disingkirkan akhi, karena itu yang lebih dekat kepada Allaah Subhanahu wa Ta’aala.

  • Hamba Alloh

    Ustadz,

    Berarti kita boleh memfoto orang atau membuat video mengenai seseorang, namun kita tidak diperbolehkan untuk memajang foto tersebut, hanya boleh disimpan di komputer saja. Apakah begitu Ustadz?
    Saya masih bingung memahami pendapat ulama yang membolehkan foto/video orang.

    Jazakallah khairan katsiraa.

    • ibnu chuzaimah

      kaidahnya adalah tashwiir akhi/ukhti, yang berrti menggambar, bukan cetakan, sedangkan photo itu hasil dari bayangan gambar yang kemudian di wujudkan menjadi hasil cetakan. seperti laiknya cermin akhi/ ukhti. wallaahu ‘alam bishawab. 

      • Ibnu Chuzaimah

        akan tetapi selama hal tersebut memenuhi kaidah umum syariat islam, tidak dipajang, dan tidak memotret yang terbuka auratnya. lihat asyh al mumti’ jilid II, hal 196 – 203, fiqh as sunnah, jilid II , hal 55 – 56. atau bisa membeli buku harta haram muamalat kontemporer karangan DR.erwandi tarmizi.

  • Faisweati

    Ustadz,
    maaf saya mau tanya bagaimana kalau kita memasang foto. sedangkan foto itu kan bernyawa. apakah itu juga dilarang? berarti malaikat itu tidak masuk ke dalam rumah?

    • Iya, sbaiknya tdk dipajang

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Riyadh, Kingdom of Saudi Arabia

      By my IPhone

      في 18 Mar 2012، الساعة 05:25 AM، كتب “Disqus” :

  • Shinta

    ustadz,
    saya mau tanya bagaimana kalau kita mengoleksi mainan karakter seperti mickey mouse…apakah itu tidak diperbolehkan jg pdhl karakter mickey mouse itu sendiri adalah tokoh khayalan atau tidak nyata?
    mohon penjelasannya. terima kasih

  • Afit Iqwanudin

    afwan ustadz lantas bagaimana hukumnya kita memajang fot kita di facebook (dengan catatan kita tidak mengumbar aurat)

    Syukron

  • Youthmuslimah

    Ustadz, lalu bagaimana dengan menggambar yang hanya dari atas kepala sampai sedada seperti itu ustadz? Tidak sampai sekaki.. apa masih termasuk makhluk hidup?

    • selama kepalanya masih ada, maka tidak boleh. karena kepala dan wajah ini yg menjadi intinya.

      • Guest

        apa mahluk yang berupa kepala saja mungkin hidup? sedangkan jika gambar itu ditiupkan ruh saja tidak akan bisa hidup, karena tidak memiliki jantung dan organ penting lainnya.

        “Sesungguhnya mereka yang membuat gambar-gambar akan disiksa pada hari kiamat. Akan dikatakan kepada mereka, “Hidupkanlah apa yang kalian ciptakan.” (HR. Al-Bukhari no. 5961 dan Muslim no. 5535)

        kita menggambar wajah pun tak ada niat sedikitpun untuk menyaingin ciptaannya, untuk diagungkan dan menyainginya. oleh karena itu banyak manusia yang hanya menggambar wajah saja. karena itulah batas kemampuan manusia.

      • kalo kepala saja tanpa tersambung dada, ustadz. itu gimana ?

        kutipan dari atas “… Adapun untuk gambar mata saja atau wajah saja (tanpa ada panca indera, pen), maka ini tidaklah mengapa, karena seperti itu bukanlah gambar dan hanya bagian dari gambar, bukan gambar secara hakiki.” (Liqo’ Al Bab Al Maftuh, kaset no. 35)

        berarti kalo bener bener kepala doang tanpa disambung anggota tubuh lain, gapapa ya?

        • siswa

          kepala saja tidak sama dengan wajah saja, jadi gak boleh

  • ustaz, bagaimana kalo poto kita sendiri yang di pajang di rumah? seprti photo pernikahan, atw photo pribadi?

  • Kalau menyimpan uang atau taruh uang di rumah malaikat gak datang dong. 😀

  • klau seandainya sya mmajang fto buatan sya.
    ttep tdak di blehkan tha…
    mhon ptnjuknya

  • Assalamu’alaikum,
    Afwan…ana mau bertanya Ustadz, bagaimana hukumnya dengan gambar animasi kartoon ? apakah itu juga termasuk ?

    • وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

      Termasuk.

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • yang dimaksud disinikan cuma untuk ilustrasi cerita, tidak ada niat untuk menandingi ciptaannya dan dikuduskan gambarnya. mengapa haram?

        Islam itu katanya fleksibel, mengikuti perkembangan zaman.
        Gambar malah bisa dijadikan sarana dakwah (contoh wali songo)/
        kalau islam kaku, malah akan kalah dengan agama agama lain yang terus maju.

        • siswa

          coba baca hadis nabi diatas dulu, jangan langsung vonis yang aneh aneh

        • abdullah

          coba lihat lagi kata “darurat”

      • Abu Bakar basir

        Hahahaha.. Islam ini Ada2 Saja, sangat rajin membuat larangan, tetapi sangat rajin juga melanggarnya, kalau namanya membuat gambar itu artinya, mau dilukis, mau di foto mau di rekaman itu semua adalah MEMBUAT, hanya caranya Berbeda, Ada manual Ada otomatis, Zaman Muhammad adalah aman melukis, belum Ada yg modern.

        Makanya janganlah membuat suatu aturan yg Akan menjadi batu sandungan.

  • semut

    Assalamu’alaikum ustadz, saya baru berjilbab sekitar 1 1/2 tahun belakangan. Bagaimana dengan foto-foto saya sebelum berjilbab yang ada di data kantor atau foto-foto yang diupload di web oleh saya dan teman-teman sebelum berjilbab? Mohon jawabannya ustadz. Jazakallah khairan katsiraa

    • Waalaikumussalam

      Kalau bs segera diganti dg yg berjilbab

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via Iphone 4

      في ٢٣‏/١٠‏/٢٠١٢، الساعة ١٠:٠٧ ص، كتب “Disqus” :

      • azfikar

        kata ustad ndak boleh masang foto..
        ini kok malah disuruh ganti yg brjiblab..?
        brarti klo yg sdh berjilbab ndk apa2..?

        • hahaha

          • siswa

            Pertanyaanya bukan foto yang di pajang, tapi foto yang di pas foto (kantor). dan foto yang di web (bisa ditutup dengan mudah) yg gak boleh yang dipajang di rumah. misalnya ruang tamu

          • Untuk pas foto, boleh jika darurat.

            Powered by Telkomsel BlackBerry®

        • abi

          malaikat ga mauk ke rumah yg ada gambar makhluk bernyawa, ente mau masukkin malaikat ke website apa? terus keliling-keliling di jaringan kabel? mknya ustad tidak mempermasalahkan, wallahua’lam

  • assalamualaikum.

    emm… bagaimana hukum gaji seorang pelukis kaligrafi, atau pelukis pepohonan? apakah haram juga?

    saya tekankan lagi, bukan pelukis mahluk bernyawa yang sempurna.

    • Wa’alaikumussalam. Yg bermasalah adl jika melukis manusia atau hewan.

      • tapi dari hadits yang saya baca, salah satu pendapatan yang gak boleh dipake itu dari hasil menggambar.

        jadi gapapa ya kalau kita menjadi pelukis pemandangan atau kaligrafi untuk pajangan di masjid?

  • Jaenal Aripin

    kalo bagian tubuhnya dipisah pisahkan, apakah masih haram?

    misalkan tangan saja, atau wajah saja. wajah saja tanpa tersambung oleh leher. apakah itu masih memungkinkan untuk ditiupkan ruh?

  • Guest

    kalo gambar wajah saja, tanpa leher dan dada, apa masih haram?

  • Guest

    misalkan kita punya gambar orang full, terus kita potong kepalanya, jadinya kan ada bagian yang kepala/ wajah doang. wajah tanpa nyambung leher ataupun dada, apakah yang tersebut juga masih tidak boleh?

  • misalkan kita punya gambar orang full, terus kita potong kepalanya, jadinya kan ada bagian yang kepala/ wajah doang. wajah tanpa nyambung leher ataupun dada, apakah yang tersebut juga masih tidak boleh?

    gambar wajah/kepala yang sudah terpotong dan sudah tidak tersambung oleh leher dan tubuhnya kan sudah gak mungkin hidup. karena sudah dipisahkan dari badannya.
    kenapa haram?

    saya pernah baca, yang gak boleh itu kalo kepalanya nyambung ama dada atau leher, tapi kalo bener bener wajah doang itu boleh boleh aja. intinya gambar mahluk bernyawa yang bagian bagian tubuhnya dipisahkan boleh. itu sih yang saya baca. makanya mau nanya lagi.

  • bela beliana sari

    berarti kita gak boleh memajang gambar makhluk hidup tetapi begai mana orang yg hoby menggambar

  • bagaimana dengan foto?
    foto dalam kalender?

    • Tdk boleh

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ٢١‏/١٢‏/٢٠١٢، الساعة ٤:١٩ م، كتب “Disqus” :

  • assalamu’alaikum ustadz … apakah boleh memajang foto tetapi dengan niatan tidak mengagungkan/menyembah ? apakah di perbolehkan ?
    terima kasih wassalamu’alaikum

  • Guest

    ustad saya mau bertanya saya penggambar dan apa saja yang dilarang! biar tdk melanggar kaidah islam saya sudah baca dari atas hingga kebawah tetapi saya kurang mengerti bagaimana jika photo di fb apakah boleh ? trus menggambar tidak di pajang namun di buat di komputer boleh atau tidak mohon di jawab segera

  • Guest

    assalamu alaikum ustadz mohon maaf sebelumnya saat terakhir post dan tak mengucapkan salam di tambah photo saya sulit di hilangkan saya ingin menghilankan kebiasaan buruk saya dalam menggambar semacam kartun mungkin seperti manusia dan saya ingin lebih jelas dalam kesimpulannya yang di perbolehkan gambar apakah yang darurat saja ? dan pendapat ulama yang memperbolehkan photo atau tergantung iman soal beribadah insya allah saya akan usahakan untuk lebih rutin lagi saya dalam keadaan bingung sekali takut kebiasaan saya malah justru di larang oleh agama saya tak ingin seperti itu mohon sebesar besarnya di balas dengan lebih mendetil

  • akhadi kristojo

    assalamualaikum pak ustadz, saya masih ada kebingungan. kalau misal kita menggambar manusia tetapi wajah (hidung ,Mata, mulut Dan telinganya)tidak ada tetapi kepala nya ada. Apakah diperbolehkan? Dan jika kita menyimpan foto setengah badan apakah boleh?
    Terimakasih sebelumnya

  • nyimas nadia

    masih bingung…

    tolong lebih jelas donk..
    boleh ga sih memajang foto pribadi didalam rumah? bukan gambar ato patung.
    boleh ga koleksi komik? tidak untuk dipajang.
    boleh ga pakai baju yg ada gambar makhluk bernyawa ato kartun? baju anakq rata2 ada gambar kartunnya.
    boleh ga pnya mainan berbentuk binatang?
    tolong beri penjelasan yg sejelas jelasnya… terima kasih.

  • ass
    ,au tyk kalau masang foto sndri kita di rumah, toe gmna hkmnnya??
    contohnya foto keluarga dll

  • safwan

    Bagaimana jika gambar yang ada diruangan kita, gambar setengah badan (dari bagian perut/dada sampai ke bagian kepala) apakah boleh, atau tidak? Kan dengan begitu seseorang tidak mungkin lagi bernyawa. Terima kasih…

    • Tdk boleh krn wajah adl inti dr nyawa. Kalau yg dipajang dr leher ke bawah, itu baru dianggap tdk bernyawa.
      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via my Iphone

  • anne putri

    Alhamdulillah ilmu baru ..apakah itu berarti tidak boleh memasang foto keluarga atau foto kita sendiri di dalam rumah yang biasanya di pajang didinding..??

    • Iya betul skali.
      Semoga Allah memberi hidayah.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via my Iphone

  • Abdurrahman

    Bagaimana kalo memajang photo atau gambar yang bernyawa di facebook? lalu bagaimana kalau menympan foto yang bernyawa dan tidak di pajang, misalnya menyimpan photo di album photo.

    Sekian.
    Terima kasih

    • Kalau di FB sewaktu2 ditutup jadi tdk dipajang permanen shg tdk spt memajang di dinding kamar.
      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via my Iphone

      • Abdurrahman

        jadi menyimpan foto itu tidak mengapa ya ustadz, asalkan tidak di pajang, bukankah demikian?

      • Ahmad Rosidi

        afwan setahu ana meski fb ditutup tapi tetap bisa dilihat publik ustadz. bagaimana hukumnya ustadz.

  • Farah Ambadar

    “Jibril ‘alaihis salam meminta
    izin kepada Nabi maka Nabi bersabda, “Masuklah.” Lalu Jibril menjawab,
    “Bagaimana saya mau masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang
    bergambar. Sebaiknya kamu menghilangkan bagian kepala-kepalanya atau
    kamu menjadikannya sebagai alas yang dipakai berbaring, karena kami para
    malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.” (HR. An-Nasai no. 5365. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

    dari hadits yg ustad kutip tsb apa bs disimpulkan bhw jika gambar makhluk sprti hewan yg trdapat di kain seprei atau karpet yg dipakai untuk berbaring hukumnya dibolehkan tanpa harus menghilangkan bagian kepalanya? benar tdk ustad?

    • Sebagian ulama berpendapat spt yg saudara nyatakan.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • adit

    Bagaimana kalo misal bergambar Burung Hantu sedang hinggap di Pohon dalam bentuk Kaos ?
    Apakah itu dilarang atau tidak ?

  • Atie Lophkel

    sebelumnya terimakasih atas penjelasannya, tapi saya mau tanya lagi boleh yaa .. kalo seandainya yang di pajang itu foto makhluk yang bernyawa bagaimana ya ? tapi bukan gambar, melainkan foto.. terimakasih sebelumnya

    • Foto makhluk bernyawa tdk boleh dipajang.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via my Iphone

  • Ndayani TriHandayani

    Bagaimana dengan foto para tokoh besar Islam ?
    seperti Sunan Kalijaga atau para Wali lain ny ? tidak boleh juga ?

    • Dalil dan sabda rasul yg katakan tdk boleh.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • Bintu Uwais

    assalamu’alaikum. ustadz bagaimana kalau gambar/ patung benda bukan bernyawa tetapi dikasik mata sama mulut sehingga sepeti ada wajahnya? contoh: seperti jeruk nutrisari

  • karina

    Jadi kalau memasang foto di bingkai ukuran 4r lalu dipajang di meja kmr tidur jg ga blh?

  • Febriansyah SIp

    Ass…klo nempelin gambar tokoh karton boleh ga misalnya weney the pooh. atau naruto itu boleh ga. soalnya itukan mahluk fiktif.ataw hayalan blaka tidak pernah ada dan hidup nyata. ghimana???

  • Rohmat solihin

    Assalamualaikum.. ijin bertanya. klo misalkan memajang sejens miniatur/mai’nan tokoh fiksi atau non fiksi gmana pak? apakah boleh?

    terimakasih

  • habiburrohman

    akhi, kalau gamnbar kartun, seperti naruto, avatar. itu bagaimana?

  • Ikaiku Oke

    kalo wallsticker yang bergambar kartun seperti mickey mouse ato gambar kupu2 bolehkan?

  • muammar al jauhari

    tadz…sy jd berpikir kl fotonya cuma kepala doang ndak ada badannya bgmn tadz, kan manusia/mahluk hidup tdk mungkin hanya kepala doang,

  • Rickie

    Assalamu’alaikum.

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu :

    “Jibril ‘alaihis salam meminta izin kepada Nabi maka Nabi bersabda, “Masuklah.” Lalu Jibril menjawab, “Bagaimana saya mau masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang bergambar. Sebaiknya kamu menghilangkan bagian kepala-kepalanya atau kamu menjadikannya sebagai alas yang dipakai berbaring, karena kami para malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar-gambar.” (HR. An-Nasai no. 5365. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

    Yang ana tanyakan,Apakah seprei yg bergambar (hadist ; “menjadikannya sbgai alas yg dipakai berbaring”) apa kah diperbolehkan di gunakan,ustad ?

    Mohon Penjelasan nya,Barrakallah fiikum,

  • jamaah

    bagaimana dengan kalender yang bergambarkan kepala manusia? syukron atas jawabannya

  • Hamba Allah

    Bismillah,
    Bagaimana hukumnya memasang gambar bergerak (video) yg jelas menampilkan tokoh manusia? seperti halnya pada kolom video “nasehat rumaysho.com” dlm website ini.

    Jazakallahkhoir

  • Boleh.

    • Achmad

      Kenapa kalau video jd diperbolehkan?
      padahal itu kan juga kumpulan dari gambar-gambar?

      Terus bagaimana dengan pendapat berikut ini:

      “Imam Nawawi berkata:Mahzab kami dan mahzab lain mengatakan bahwa
      menggambar hewan adalah perbuatan haram yg sangat besar, termasuk dosa
      besar lantaran diancam dengan ancaman yang sangat keras dalam hadits,
      sama saja dihinakan atau tidak dihinakan, semuanya hukumnya haram,
      karena hal termasuk menandingi ciptaan Sang Pencipta, sama hukumnya
      dibaju, tikar, uang dinar, dirham atau uang kertas, bejana dinding atau
      selainnya. Adapun menggambar pohon, perlengkapn unta/kendaraan, dan
      gambar lain yang bukan gambar hewan, maka hukumnya tidak haram;inilah
      hukum gambar. (Syarh Shohih Muslim 14-69-70).”
      Pendapat diatas menyebutkan bahwa pelarangan gambar tidak hanya yang dipajang di ruangan saja tetapi di mata uang juga?

    • pikripadilah

      Assalam’alaikum
      pak ustat gimanah kalau masang bingkai foto seperiti foto keluarga dan bagaimana kalau masang lukisan kaabah tapi banyak orangnya

      • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

        Sebaiknya disimpan itu lbh baik drpd dipajang.

        Sent from my iPad Air

  • memed

    alhamdulillah…….trims ustd,,,,,

  • ustdz sy masih bingung dengan beberapa kyai yang di rumahnya sendiri memajang foto2nya, keluarganya. Dipajang jelas2 dan besar di ruang tamunya. Apakah dalam hal ini ada dalil yang merujuk pada diperbolehkannya hal tersebut?

  • Penjelasan Imam Nawawi hanya menunjukkan haramnya melukis gambar makhluk bernyawa, bukan membahas hukum memajang.

  • Mita

    foto hanyalah refleksi dari benda nyata ke alat kamera. sedangkan
    tashwir adalah benar2 menggambar dari tangan, baik secara manual maupun
    digital. wallahu ‘alam

  • Namun memajang foto tidak dibolehkan krn kala sdh dicetak ia disebut tashwir atau gambar.

  • Namun memajang foto tidak dibolehkan krn kala sdh dicetak ia disebut tashwir atau gambar.

  • fulanah

    bismillah.. ana masih bingung ustadz, jika menggambar & memasang’y tidak dibolehkan knp vidio dibolehkan?? tolong dalil’y ustadz yang membolehkan vidio..

    • Wallahu a’lam. Memajang video di web misalnya hanya sementara tidak selamanya, beda dengan memajangnya di rumah, paten terus menerus ada.

      Barakallahu fiikum.

  • assalamu’alaikum…
    ana izin share posting-postingannya di blog ana boleh ngk ustadz?

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Boleh, Barakallahu fiikum.

    Sent from my iPad Air

  • Arshlen Ghart

    Assalamu’alaikum
    kalau kumpulan foto-foto dalam bantuk album yang tidak dipajang?
    soalnya dari jaman dulu sampai sekarang para pendahulu saya (nenek uyut – orang tua) saya punya foto” kenang”an seperti itu, rasanya sayang sekali kalau dibuang.
    tolong penjelasannya, atau link hukum” memajang dan menyimpan foto manusia didalam rumah (kehidupan nyata) ataupun di dalam perangkat lunak (foto facebook, gambar di internet, dsb)
    Terima Kasih 🙂

  • Wa’alaikumussalam.

    Foto-foto seperti itu disimpan saja.

    2014-02-17 7:44 GMT+07:00 Disqus :

  • Assalamualaikumwarahmatullah
    Ustadz, tadi saya iseng klik tautan iklan ‘android sentral’ di page ini, kok banyak gambar makhluk bernyawa? logo android juga gitu, bukankah web ini paling anti sama gambar makhluk bernyawa dan sudah dijelaskan hukum-hukumnya? apakah nanti tidak jadi boomerang?

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Kadang dibolehkan memajangnya dg alasan darurat.

  • rhio

    assalamualaikum ustadz..
    kenapa di artikel ini terdapat foto2 manusia??
    Terima kasih atas penjelasannya..

    http://darushsholihin.com/berita-pesantren/kajian-ustadz-abu-qotadah-di-pesantren-darush-sholihin-panggang-gunungkidul/

    Apakah darurat itu termasuk menampilkan foto di artkel website??terima kasih
    klu salah mohon dapat diperbaiki..mohon maaf atas awamnya saya..

  • Wa’alaikumussalam. Untuk dokumentasi, itu di antara alasan darurat menampilkan foto.

    2014-03-20 23:44 GMT+07:00 Disqus :

    • Rhio

      Terima Kasih..

  • Barakallahu fiikum …

  • Kiki

    assalamu’alaikum ustadz,

    kecuali foto2 Wali Allah spt foto Wali Allah dari para habaib,kan boleh ya?

    Trims

    Wassalam

  • Sisca Febritania

    assalamualaikum..
    bismillah ,klo ga salah pa ustad nggambar mahluk idup kya gtu nnti d akhirat mreka minta prtanggung jwaban yah mnta nyawa gt?? mngknya d larang

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tdk boleh.

  • Enggar Dwi Novianto

    bagaimana dengan tayangan film, televisi, sepakbola, internet stadz? bentuk lain gambar… mohon pencerahannya.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Para pelukis makhluk bernyawa akan diperintahkan meniup ruh pd lukisan yg telah mereka buat.

  • Gambar yg ada bukan lukisan tangan, jd tdk masalah. Krn hasil foto atau video sm dg hasil cermin.

  • Brian Cah Santai

    permisi mau tanya..
    kalau memasang foto dari karakter yang ada di komik itu gimana hukumnya ?

  • fitria suci

    Kalau memajang foto hasil kamera gitu pak juga tdk boleh?

  • Disimpan, jangan dipajang.

  • ummi jasmine

    Ustadz, sekarang banyak mukena dan sajadah anak-anak yang bergambar kartun seperti hello kitty, princess dll. Apakah boleh dipakai untuk ibadah sholat?

  • Sudah seharusnya tidak dipakai sajadah bergambar spt itu,

  • noey

    Ustadz, kalo lukisan almarhum ayah yg hanya bagian kepala hingga dada apakah tetap tidak boleh?

  • maya ummu helwa

    assalamualaikum Ustadz, usaha kami dibidang produksi kaos karakter kartun, hukumnya bagaimana Ustadz? Mohon bimbingannya. Jazakillah

  • Tdk boleh berdasarkan penjelasan di atas.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Sebaiknya menjauhi bisnis spt itu.

  • rahmat

    ustadz ana mau tanya. . .
    ana kan seorang mahasiswa,
    bila saya menaruh foto orang tua saya di dompet apa boleh ustadz ?

  • Safa

    Assalamu’alaykum
    Ustadz, bagaimana hukumnya menyimpan foto orang tua di kocek/saku belakang al-quran saya ? Karna alquran saya seperti dompet, ada beberapa saku di depan belakang bagian dalam sampulnya

  • bepe

    Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh

    Untk kami yg menekuni usaha photography, terutama wedding phtogrphy,bgmna sbaiknya Pak Ustad?
    Karena kami jg membuat cetak photo pesanan yg nntiny dipajang oleh costumer kami, apkh kami brdosa karenanya?
    Mohn bimbinganny….

    Dan juga dlu saya prnh melukis wajah beberapa tmn wanita saya, tp skrg sdh tdk melukis lgi krn prnh diperingatkan oleh tmn sya ttg hukumnya melukis mhluk hidup…

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Yg penting tdk dipajang.

  • aufche

    Assalamualaikum
    klo memasang foto di blog atau web gimana pak?

  • Wa’alaikumussalam. Bagusnya jika ada maslahat dan tujuan tertentu saja.

    • Ummu Yusuf Al Rasyid

      Afwan ustad… bisa diperinci maslahat yg seperti apa ? tujuan tertentu yang bagaimana yg dibolehkan ?

  • revaldi

    assalamu’alaikum ustadz, apa hukum membaca komik bergambar makhluk hidup ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Hukum membacanya berbeda dg hukum membuat gambar komik. Spt itu masih boleh asal tdk menyia-nyiakan waktu.

      Sent from my iPad Air

      • atrahg

        Jika hukum membuat komiknya adalah haram. Apakah membeli dan membacanya tidak berarti kita membantu komikus tersebut untuk melakukan keharaman ustad?

  • Wallahu a’lam. membelinya tidak sampai haram.

    2014-05-26 16:02 GMT+07:00 Disqus :

  • DidiWa

    assalamu’alaikum ustadz, bagaimana dgn memajang foto pernikahan sendiri? tks

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Sebaiknya tdk dipajang.

  • hanz

    assalamu’alaykum ustadz
    bagaimana dengan membuat animasi? walaupun berbentuk video, tetapi teknis pembuatannya tetap butuh menggambar. mengingat membuat animasi dapat memberikan edukasi anak-anak, saya ingin bertanya ttg hal ini. jazakumulloh

  • Hamba Allah

    Assalamualaikum.. bagaimana hukumnya untuk orang yang memiliki cita-cita dan hanya mampu menggambar wajah manusia, dan tidak punya kemampuan lain? sedangkan niatnya menggambar tidak bermaksud untuk menandingi ciptaan Allah.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Dg lukisan tangan tdk boleh. Wallahu a’lam.

    • Ali

      Assalamu’alaikum Ustadz, saya setuju menggambar mahkluk bernyawa menggunakan tangan tidak di perbolehkan berdasarkan hadits Nabi bagaimana jika animasi? bisa saja di gambar dengan software, bagaimana hukumnya ?

    • Wahid Sidiq

      Pak saya bekerja di perusahaan rokok..dari kantor saya ditugaskan untuk pasang spanduk rokok yang ada gambar kepala manusia..spanduk itu dipasang didepan toko..trus hukum untuk pekerjaan saya bagaimana pak

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tdk boleh krn itu sdh menandingi ciptaan Allah.

  • zahra sharoon

    waktu saya kecil saya suka menggambar semacam komik gitu. dan saya wkt itu belum tau kalau tidak boleh menggambar orang/manusia. saya baru taunya sekarang. hukumnya bagaimana pak ustad?

  • Banyak menyesali yg telah lalu.

  • rama

    Assalamualaikum..
    ustad, kalo saya punya toko online yang menjual baju muslim/muslimah yang memakai model manusia (namun tertutup auratnya).
    bolehkah saya memajang foto dengan model manusia tsb? karena bila menggunakan manekin, pasti tidak diperbolehkan, karena itu seperti patung.

    jazakallah khair

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Masih boleh jika wajahnya dihapus.

    Sent from my iPad Air

  • maulana

    Assalmau’alaikum. Wr. Wb.

    Ustad, saya seorang desainer Universitas di jakarta. . . bagaimana hukumnya jika sudah ada gambar tapi gambar hasil foto yang di tampilkan dalam spanduk dan media iklan lainnya . . . . itu bagaimana hukumnya pa ustad… mohon untuk penjelasnnya…..

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Maksudnya gambarnya dibajak atau bagaimana?
    Pertanyaan blm jelas.

    Sent from my iPad Air

  • Maslahat memasang gambar spt pd KTP.

    Sent from my iPad Air

  • Mahfud Yudiono

    Assalamu’alaikum Wr Wb ,Ustad sy mau tanya misal lukisan binatang dipasang dinding teras depan rumah boleh nggak

  • Irzi Ahmad Rizani

    Assakamu’alaikum wr.wb pak ustadz jika kita memosting foto makhluk yang benar benar ada di web gimana pak
    Irzi Ahmad Rizani

  • Jawad Abdillah

    assalamualaikum ustadz,
    bagaimana dgn hewan mati yg diawetkan dan kemudian dipajang?

  • Saiful Ari Yogi

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Ustadz bagaimana hukumnya jika kita memfoto manusia/hewan tpi tidak untuk di cetak??
    Dan bagaimana hukumnya jika foto kita upload ke jejaring sosial??
    Syukron
    Wassalamu’alaikum

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Wallahu a’lam tdk masalah.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Masih boleh.

  • Ai Mastun Laaf

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Ustad saya mau tanya jika gambar yang sudah ada ( berupa stiker yang nempel pada lemari sudah susah untuk di cabut ) kita tutupin dengan stiker lain yang polos bagian kepalanya atau kita coret” bagian kepalanya , apa itu bisa menghilankang ketidak bolehan di pajang ?

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Animasi termasuk dalam larangan krn sdh merubah bentuk asli dr ciptaan jk itu maksudnya.

  • fit hendriyanto

    pak ustad pernah kah anda ber foto sekeluarga ato bersama rekan rekan anda ???

  • surya wardani

    Assalamualaikum wwm
    ustad bagaimana jika kita memajang foto pernikahan kita bersama istri di dalam rumah? apakah diperbolehkan? apakah foto manusia termasuk kategori gambar spt dimaksud hadists diatas?

  • Sayful Fani

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    ustad bagaimana dengan hukum gambar/foto siluet ( yang semuanya hitam ) ? bolehkah memajang gambar/foto siluet ?

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Memajangnya yang tdk boleh.

      • mcv

        kan cuma siluet/bayangan hitam saja ustadz….

  • Pernah, namun tak pernah sy pajang di dinding rumah.

  • nurman sidiq

    Assww. Bagaimana dengan foto presiden dan wapres di ruang kantor pemerintahan?

  • Teguh Bagoes Prakoso Rahmadi

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    pak ustad Apkh Boleh Saya Memajang Topeng di Kamar saya

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Baiknya tdk.

      • Teguh Bagoes Prakoso Rahmadi

        Misalnya Saya Memajang nya Apakah Saya Berdosa

        • Iya berdosa.

          • Teguh Bagoes Prakoso Rahmadi

            kalo Topeng sudah saya simpan di lemari terus teman saya ingin melihat Topeng tersebut misalnya saya perlihatkan apakah saya ber derdosa

          • Yang memajang yang berdosa

          • Teguh Bagoes Prakoso Rahmadi

            Terimakasih Ustad

  • siti nurhasanah

    assalamu’alaikum

    Pak ustad kalau orang tua yang sudah meninggal fotonya dipajang didinding bagaimana?

  • dadang

    assalamu’alaikum

    Memajang Topeng Tdk blh kan sya sdh melihat percakapan Ustad dibawah , klo sdh sya simpen tapi teman saya ingin melihatnya terus saya perlihatkan apa hukum nya apkh saya berdosa

  • Hadi Prakosa

    Pak ustad mengapa para ulama banyak yg tau tentang tdk boleh memasang gambaryg bernyawa ko dibiarkan saja seperti gambar presiden dan wakilnya

  • 3sd

    thanks 🙂

  • leni zulfatun

    asslmlykum pak ustd gmn klo majang poster para wali gimana tuch

  • Tidak boleh dipajang sbgmn penjelasan di atas.

  • ummu jihan

    Assalamuallaikum pak ustad. Dikamar tdr anak sy bnyk tempelan dinding gambar kartun seperti doraemon, shaun the shep, hellokitty dan panda. Apa harus sy buang jg kah?

  • Amelia Hanif

    Assalamualaikum, Ustad, bagaimana hukum membuat makanan berkarakter?pada umumnya berkarakter kartun/hewan yang lucu, baik 2D ataupun 3D. baik dengan tujuan experiment maupun untuk di jual. Jazakumullahu Khairan

  • Tuasikal Yaya

    Alhamdulillah.
    Terimakasih atas informasi ilmunya.
    Sangat memberi pembelajaran 🙂

  • Amalin Tohong

    Assalamu alaikum ustad.kalau didalam kamar apakah boleh memajang fhoto❔gimana pulA hukumnya gambar yg dipublikiasikan di FB ini.

  • anggi

    Asallamuallaikum Waroh matulah hiwabarokatu.
    tadz,,,
    mohon ma’af sebelumnya,
    sya mau bertanya,kebetulan sya bekerja di bidang seni lukis Tatto,dan sudah banyak sekali kulit-kulit manusia yg saya gambar,dan gambarnya pun bermacam-macam,dan ada pula yg meminta digambarkan wajah orang tua /adik/kakak yg telah tiada..

    apakah sya bisa di ampuni ?
    mohon petunjuknya .
    terimakasih wasalam.

  • aimmm

    berarti memajang foto” mahluk yg bernyawa di media sosial itu juga nggak boleh donk ustad

  • Barakallahu fiikum.

  • Di media sosial tdk disebut memajang spt di rumah.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Kalau di FB tdk disebut dipajang. Di rumah boleh.

    • abu optimusprime

      di rumah boleh?

      • Afwan, di rumah tidak boleh. Jawaban sebelumnya keliru.

        • irma

          Assalamualikum ustad .. Di kamar saya Ada poster idola saya, apakah harus saya buang atau gimana? Saya juga koleksi komik , harus saya apakan komik2 saya , mohon penjelasannya ustad

  • Di media sosial tdk disebut memajang spt di rumah.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Kalau di FB tdk disebut dipajang. Di rumah boleh.

  • وعليكم السلام ورحمة الله وبراكاته

    Wajib bertaubat dan tinggalkan pekerjaan tsb.

  • Maya Ariyani

    assalamualaikum ustadz jika bagian kepalanya saja tetap tidak boleh ya ?
    jadi tumbuhan dan pemandangan masih boleh ustadz?

  • slamet

    assalamualaikum ustadz, kalo didinding rumah ada gambar ka’bah dan orang-orang mengelilinginya.. apa itu juga gak boleh ustadz ?

  • Azhar

    Pak Ustad….
    Kalau foto pemandangan/Alam, kemudian ada masuk di dalamnya orang lg nyawah/ binatang ternak lg makan, dicetak jadi kalender tahunan perusahaan, bagaimana hukumnya? Berdosakah yang memotonya?
    Jazzakallah khairan

  • Andalas ES

    Assalamu’alaikum. Warahmatullahi wabarakaatuh. Wahai Ustadz..

    Saya ingin bertanya diluar pembahasan ini boleh? Ah.. boleh gak boleh pokoknya saya mau tanya.. 🙂

    Ustadz.. Bagaimana hukumnya memakan daging ayam yang kita pesan tetapi sudah disembelih dan dikupaskan kulitnya oleh si penjual, sedangkan si penjual adalah Nasrani?

    Dan bagaimana pula jika seorang Islam menyembelih tidak mengucapkan ‘Basmalah’ apakah halal?

    Terima kasih ustadz.. Semoga pertanyaan dan jawaban sama-sama membawa cabang kebaikan lagi serta mengandung keberkahan. Aamiin.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    1- sembelihan nashrani itu halal.
    2- sembelihan yang tdk dibacakan bismillah tidak halal.

  • ambar

    Assalamualaikum…
    jika memajang foto /gmbar hewan di fb bgamanakh hukum???
    diprbolehkn/tidak???

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Sewaktu2 kalau ditutup, tak masalah. Itu bukan memajang sbgmn yang dimaksud dlm hadits.

  • Kalau bayangan, boleh

  • assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. saya mau bertanya ustadz, yang pertama,ustadz. bagaimana hukumnya seorang wanita yang memajang foto wajahnya ataupun foto seluruh tubuhnya di facebuk, media sosial dll dan banyak laki2 yang memuji kecantikkannya dan keelokan tubuhnya?yang kedua, apakah kata “memajang” dalam bahasan diatas itu cuma didalam rumah saja ustadz?yang ketiga,apakah menurut ustadz media sosial seperti facebuk dll tidak dikategorikan sebagai media pertemanan yang tidak “memajang” foto?tlg dijelaskan kalo bisa dengan rujukan karena saya masih belajar.. terima kasih, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • irma

    Assalamualaikum ustad .. Saya senang menggambar wajah orang , dan saya masih menyimpannya di rak buku saya , apakah harus saya buang atau tetap disimpan? Saya juga mengoleksi komik , apakah harus saya buang juga? Mohon di jawab ustad , terimakasih

  • irma

    Assalamualaikum ustad , saya memiliki poster idola saya di dinding kamar tidur sya , apakah saya harus membuangnya ?

  • Asep Rusmana

    Assalamu’alaikum Ustadz,
    Apabila gambar manusia atau hewan yang digunakan dalam memperjelas presentasi, apakah termasuk dalam larangan ini?
    Apakah video juga termasuk dalam larangan ini pula?

    jazakallah atas penjelasannya Ustadz.

  • 1- baiknya tidak.
    2- memajang spt kita taruh dinding dalam rumah.
    3- memajang foto perlu jika memang dibutuhkan.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Foto yang dipajang diturunkan.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Hasil gambarnya disimpan saja. Untuk menggambarnya tdk dilakukan lagi.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tidak dipajang.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Kalau itu kebutuhan, tidaklah masalah.

  • yazid

    Assalamualaikum ustadz
    saya mau nanya, bagaimana hukumnya memajang action figure? untuk bentuknya yaitu robot robotan. Dan bagaimana hukumnya berjualan action figure seperti yang saya sebutkan tadi? Terimakasih. Jazakallahu khair

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Kalau masih bentuk makhluk hidup, tidak dipajang.

  • yoshita

    Assalamualaikum ustadz , maaf saya Mau bertanya Hal yg tidak Ada kaitannya dengan postingan di atas , saya seorang penari , apakah di dalam islam di haramkan untuk menari? Dan menarinya di depan orang banyak (saya mengikuti lomba) , mohon di jawab ustadz , terima kasih.

  • joe need

    assalamualaikum ustad..
    saya mau tanya bolehkah menyimpan boneka di dalam rumah …apakah malaikat rahmat akan tetap masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat boneka??

  • Intan Oktafiani

    saya punya lemari yang ada gambar kepala donald bebek, gambar itu bukan sengaja untuk dipajang tapi memang menempel pada lemari tersebut. itu bagaimana??

  • Intan Oktafiani

    assalamualaikum wr.wb ustad

  • annisa

    assalamualaikum , mau nany kalau foto kita yang dipajang didinding sebagai kenang”an ,, bleh tidak ? , dan klo foto kita sudah ada di sosmed (fb,twitter)itu harus dihapus y ?
    terimakasih

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Semoga Allah mengganti dg pekerjaan yang lebih baik

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Yang penting tdk dipajang.

  • Gambar kepalanya dihapus.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Foto tsb baiknya tdk dipajang.

  • multi progressive

    foto sebenarnya pemicu daripada kesombongan manusia

  • danang

    Tanya ustadz, bagaimana jika dalam sebuah website, branding, atau baliho dsb, didalamnya terdapat foto ( foto tsb memang dibutuhkan) seperti wanita yg tidak mengenakan jilbab. Ini sangat sering dijumpai. 1. Apakah ada toleransi (diperbolehkan jika memang dibutuhkan) ?
    2. Jika tidak diperbolehkan atau harus dihindari, apakah uang hasil kerja seperti diatas haram?
    Karena terkadang desainer perlu menggunakan foto manusia (meskipun tidak ditampilkan secara dominan dalam sebuah desain) dan hal tidak bisa dihindari.

  • Muh Irfan

    ustas sya ingin bertanya lagi

    apakah hand body boleh di pake laki-laki

  • Tdk boleh memajang wanita baik berjilbab ataupun tdk.

  • Asalnya boleh.

  • Hamba ALLAH

    Assalamu ‘alaikum warahmatullah,
    Ustadz, bagaimana status disertakan gambar Wanita Berniqob, Namun Gambar Photoshop.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Baiknya tdk dipajang kalau menimbulkan fitnah.

  • Cahya Septiansyah Maksud

    Aalamualaikum.. pak Ustadz, saya mau tanya,kalau foto pernikahan saya dan keluarga saya di pajang di dinding rumah saya untuk kenang_kenangan, dan tidak untuk di agungkan apa itu termasuk haram? terima kasih atas perhatiannya!

  • nabila

    Assalamu ‘alaikum, ustd sy mau brtnya diatas dijelaskan bhwa kita tidak boleh memajang makhluk hidup yg bernyawa, tp klw disimpan sj tanpa memajangnya apakah boleh? Contoh nya foto yg dsimpan dialbum foto. Bgimana? Tmksih

  • Zubaidi Arrosid

    Assalamu ‘alaikum warahmatullah,

    ustadz gmna hukumnya klo bekrja sebagai tukang pencuci foto ?

  • Fadli

    Assalamualaikum warahmatullah
    Ustadz, bagaimana hukumnya membuat game, tapi di game tersebut tidak ada gambar makhluk hidup. Contohnya game simulasi pembangunan kota seperti SimCity, atau game balap dan game simulasi penerbangan, di mana game-game dengan genre tersebut tidak memiliki gambar makhluk yang bernyawa.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tdk boleh

  • Wa’alaikumussalam.

    Baiknya tidak dipajang.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Masih boleh.

  • Wa’alaikumussalam.

    Baiknya tidak dipajang.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Boleh.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Masih boleh.

  • Hanif Muslimin

    Assalamualaikum pas ustad
    langsung saja pertanyaannya
    kalau saya menggambar semacam gambar misalnya donal bebek di komputer dengan menggunakan mouse terus di simpan atau di jadikan wallpaper komputer masih bolehkah?

  • Wa’alaikumussalam.
    Sy tdk paham maksud pertanyaan.

  • Wa’alaikumussalam.
    Dihindarkan termasuk dlm larangan.

  • Wa’alaikumussalam.
    Dihindarkan termasuk dlm larangan.

  • Wa’alaikumussalam. Moga Allah beri pekerjaan yang lebih baik.

  • Obie Bie

    Maksud akhi diatas , membuat patung dari adonan , seperti karakter kartun .

  • Kalau tanpa kepala, lepas dari larangan.

  • Wa’alaikumussalam.
    Baiknya tidak dipajang.

  • Wa’alaikumussalam. Karena di situ ada suatu tujuan, maka boleh. Namun baiknya foto tersebut disimpan di album atau buku, itu lebih baik. Semoga Allah berkahi usahanya.

  • Wa’alaikumussalam. Baiknya tdk dipajang namun ditaruh di album.

  • Balad Tea

    Assalamu’alaikum Wr Wb,.. mohon maaf ustadz, kalau berkenan bolehkah saya Copas artikel”nya ?, nanti saya pasti cantumkan SUMBERnya. terimakasih. Wassalamu’alaikum

  • Ida K. Fitroh

    Assalamualaikum Wr Wb Ustad, saya mempunyai tulisan Allah SWT yang dibentuk dari kuningan berupa ikan koi, apakah juga tidak boleh di pajang? . Terimakasih, Wassalam

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Ada beberapa hal yg jd alasan di antaranya yg saudara sebutkan. Jg akan membuat malaikat akan sulit masuk ke dlm rumah.

    • Rizal

      Lalu bagaimana dengan robot dan artificial intelegence, dengan keduanya seolah-olah manusia memberi “kehidupan” pada mesin serta membuat mesin seolah-olah bisa “berfikir” seperti makhluk hidup bersistem syaraf? bukankah itu juga bisa dianggap menyaingi Tuhan? mohon pencerahanya ustad, saya bingung sekali, terima kasih

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tidak boleh.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tidak boleh.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tidak boleh.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Tidak boleh.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Ada beberapa hal yg jd alasan di antaranya yg saudara sebutkan. Jg akan membuat malaikat akan sulit masuk ke dlm rumah.

  • Wa’alaikumussalam.
    Yg jelas tidak boleh dipajang.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Memajang spt itu dibolehkan krn butuh.

  • Baiknya tdk kecuali jk ada perlu.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Malaikat akan sulit masuk jk spt itu.

  • Akmal Irfan M

    Assalamualaikum ustad, di rumah saya banyak gambar kartun berkepala buatan saya karena saya hobi menggambar sejak kecil, setelah membaca artikel di atas saya ingin berubah, pertanyaan saya, apakah saya harus mencari seluruh gambar yg telah saya buat (karena letaknya terpencar) di setiap sudut rumah saya dan membuangnya? Terkait di akhirat kelak diminta pertanggungjawabannya

  • Wa’alaikumussalam. Nasihati dengan cara yg baik.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Dua2nya baiknya tidak.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Dua2nya baiknya tidak.

  • Ambar Pujianingsih

    assalamu alaikum ustad….pertanyaan saya apakah boleh foto yang bernyawa itu diletakkan/dipajang d atas meja bukan di dinding…???

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Baiknya tidak.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Beda hukumnya. Kalau di TV bisa sewaktu2 mati. Kalau dipajang di dinding, tidak demikian.

  • Hasil print out dari gambar kita, patut dibedakan dg hukum memajang foto.

  • Baiknya dua2nya tidak dilakukan.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Masih boleh jika ada kebutuhan.

  • Namun hello kitty dibuat spt makhluk bernyawa.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Baiknya tidak.

  • Wa’alaikumussalam.

    Masih boleh krn statusnya hanya sementara. Sewaktu2 dibuka, sewaktu2 ditutup

  • Ada malaikat yg tetap catat.

  • Wa’alaikumussalam. Kalau hukum boneka, silakan kaji di sini: https://rumaysho.com/umum/hukum-boneka-3568.html

    2015-08-06 13:19 GMT+07:00 Disqus :

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Hindari memiliki wajah scr smpurna.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Yg terlarang adl dipajang.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Wallahu a’lam tetap sah.

    • Satrya Anas

      Afwan ustadz. Misalkan kita sediakan 1 ruangan khusus di rumah tsb, dimana pada ruangan tsb berusaha diminimalisir keberadaan gambar makhluk bernyawa, apakah tetap kena dalil malaikat tdk masuk ke rumah ustad?

  • Hindari pajang foto artis2, cuma mengundang fitnah sj.

  • Aikai Nomare

    Assalamu’alaikum ustadz abduh… saya ingin bertanya, dirumah saya menempelkan gambar didinng tentang tata cara sholat beserta ayatnya untuk mempermudah anak saya belajar sholat, apakah boleh atau saya lepas aja gambar tersebut…

    • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Kami sarankan kalau masih ada tampak wajah makhluk bernyawa, itulah yg dihapus.

  • Ismail

    Assalamu’alaikum ustadz, Saya berkuliah dalam bidang komputasi grafis dan game,.
    1. Apakah boleh menggambar manusia sempurna tapi tanpa wajah seperti Iklan yang kebetulan ada di website ini (di samping kanan : ada tulisan “Kembali Hadir 7 Kajian Dalam Sepekan”) ?..
    2. Bagaimanakah hukum dari Fotografi (Menggunakan Kamera/Bukan Lukisan) ?..

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Sebisa mungkin diminimalkan yg bergambar makhluk bernyawa kalau masih ada yg lain.

  • Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Bahasannya sama spt bahasan di atas.

  • Wa’alaikumussalam. Iya, sebagaimana pembahasan di atas.

  • Lilis

    Assalamu’alaikum pak ustadz, saya ingin bertanya.
    1. Apakah boleh mengupload foto di media sosial?
    2. Bolehkah memajang gambar anime yang menyerupai manusia?
    Jazakallah.