Cita-Cita Syaikh Sudais Menjadi Imam Masjidil Haram


Di antara kita paling sering mendengar murothal atau tilawah quran dari Syaikh ‘Abdurrahman Sudais hafizhohullah. Beliau adalah salah satu imam dan khotib Masjidil Haram,  Makkah Al Mukarromah. Lihatlah suaranya begitu merdu dan lantunan qur’annya begitu syahdu. Beliau tidak hanya hafizh quran, namun beliau juga menjadi spesialis ilmu fiqih. Bagaimana cita-cita beliau di masa kecil? Berikut ceritanya.

Ketika Syaikh Sudais dalam usia anak-anak, ibunya selalu mengatakan padanya, “Wahai ‘Abdurrahman, hafalkanlah qur’an. Insya Allah engkau akan menjadi imam masjidil Harom.” Demikian dorongan motivasi dari ibunya agar Syaikh Sudais kecil bisa termotivasi menghafalkan qur’an.

Lalu setiap kali Syaikh Sudais kecil datang ke Masjidil Harom, ia melihat lebih dekat bagaimanakah tingkah laku imam di sana. Kemudian di pikirannya terbayang, apakah mungkin dia akan seperti itu (menjadi imam Masjidil Harom) dari hari ke hari?

Kemudian pikiran Syaikh Sudais kecil akhirnya terpancing. Dorongan dari ibunya tadi benar-benar memotivasinya. Lalu ia terbayang lagi dalam pikirannya, “Mungkinkah saya bisa menghafalkan qur’an tanpa ada yang keliru? Mungkinkah saya bisa melantunkan al qur’an tanpa membuat kesalahan?”

Akhirnya dengan karunia Allah, kita dapat lihat sendiri bagaimanakah bacaan beliau ketika memimpin shalat di Masjidil Harom. Lihatlah pula ketika beliau membaca ayat, hafalan beliau begitu kuat, tidak kita temukan cacat di sana-sini. Inilah fadhlullah, karunia Allah yang diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya.[1]

 

***

Pelajaran dari kisah beliau di atas adalah:

1.       Dorongan motivasi dari orang tua sangat mendorong sekali seorang anak bisa menjadi sholeh dan bisa menjadi penghafal qur’an.

2.       Menghafalkan qur’an di masa kecil seperti seseorang begitu mudah mengukir di batu. Namun tidak ada kata terlambat untuk menghafal qur’an. Ada beberapa kisah nyata yang menunjukkan bahwa ada orang tua yang sudah berumur kepala lima (55 tahun) menghafalkan qur’an. Ada yang berumur 60 tahun juga menjadi hafizh qur’an. Itulah karunia Allah.

3.       Untuk menghafalkan qur’an haruslah seseorang diberi motivasi bahwa Al Qur’an itu mudah untuk dihafal. Motivasi semacam ini akan membuat anak kecil atau yang lainnya semakin terdorong untuk menghafalkan qur’an, berbeda jika diberi motivasi sebaliknya.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآَنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al Qomar: 17).

Moga dengan taufik dan kemudahan dari Allah kita dapat menjadi bagian dari orang-orang yang menjadi hafizh qur’an secara sempurna. Jika kita selaku orang tua, jangan lupa memotivasi anak-anak kita untuk menghafalkan qur’an, karena itu akan meninggikan derajat anak kita di dunia dan akhirat, orang tua pun akan tertular kebaikannya. Jangan lupa iringi dengan do’a.

Wallahu waliyyut taufiq.

 

Riyadh-KSA, 29 Rabi’ul Awwal 1432 H (04/03/2011)

www.rumaysho.com

 

 

 

 




[1] Dibahasakan secara bebas dari Dalil ‘Ibadir Rahma ila Hifzhil Qur’an, hal. 65, terbitan Darul Kalimah, cetakan pertama, 1427 H



Pernah mengenyam pendidikan S1 di Teknik Kimia UGM Yogyakarta dan S2 Polymer Engineering di King Saud University Riyadh. Pernah menimba ilmu diin dari Syaikh Sholeh Al Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy Syatsri, dan Syaikh Sholeh Al 'Ushoimi. Aktivitas beliau sebagai Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul, Pengasuh Rumaysho.Com, serta Pimpinan Redaksi Muslim.Or.Id.


  • http://thifaonline.com toko herbal online Nganjuk

    sungguh cita-cita yang mulia dan jarang ada yang punya seperti itu di zaman sekarang

  • Bryanyka

    Amin Ya Rabb, Jadikan kami dan anak-anak keturunan kami penghapal Al-Qur’an…

    • Freaque Expert

      aamiin…

    • Nurilamali

      Amien Yaa Robbal’alamiin

  • Freaque Expert

    subhanallah…nyata sekali motivasi dari orangtua menjadi penyemangat anak untuk menjadi lebih baik…=)

  • pandji fahd al akbr

    ya benar sekali…dn cita2 sya bila sya prgi ke baitullah,,sngat ingin skali bermakmum di blkg imam sudais..sya sngat senang bila mndengar lantunan ayat suci al quran yg d bawakan oleh iam sudais..subhanallah

  • ade ruedy

    semoga keluarga saya diberkahi bisa menghafal alquran. amiiiin

  • Normansyah_leo

    SubhanaAlloh. semoga keberkahan, berlimpah Rahmat Cinta kasih sayang dan Ridho Alloh Subhanahuwata’ala utk Beliau juga berlimpah Syafa’at Rosululloh Salallahualayhiwassalam fiddunia wa akhirah..bersama para kekasih-kekasih Aloh Subahanahuwata’ala diyaumil akhir Jannatun na’im firdausamin ya Alloh ya Arhamarrohimin

  • asep haerudin

     wahhh jadi imam mekkah itu sulit apa susah ya ?

  • Dhebymaulanasidiq

    ya allah jadi pengennn

  • yunusbashori

    subhanallah.. ya Allah jadikan hamba hafiz seperti beliau

  • fauzan al hafidz

    semoga ana jd sprti syaikh Suudais kelak.. ana makin semangaaaaaaatt…..

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Aamiin

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  • Kakanda Oky Muriyanto Al-Purwa

    kalo saya gak bisa, semoga anak saya bisa,,,,,,,,,,,,,

    aamiyn,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,