5 Shalat Sunnah yang Bisa Dirutinkan


Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Amalan yang terbaik adalah yang ajeg (kontinu) walau jumlahnya sedikit. Begitu pula dalam shalat sunnah, beberapa di antaranya bisa kita jaga rutin karena itulah yang dicintai oleh Allah. Apa saja amalan shalat sunnah tersebut? Berikut kami sebutkan keutamaannya, semoga membuat kita semangat untuk menjaga dan merutinkannya.

Pertama: Shalat Sunnah Rawatib

Mengenai keutamaan shalat sunnah rawatib diterangkan dalam hadits berikut ini. Ummu Habibah berkata bahwa ia mendengar Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

Barangsiapa yang mengerjakan shalat 12 raka’at (sunnah rawatib) sehari semalam, akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Muslim no. 728)

Dalam riwayat At Tirmidzi sama dari Ummu Habibah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ

Barangsiapa sehari semalam mengerjakan shalat 12 raka’at (sunnah rawatib), akan dibangunkan baginya rumah di surga, yaitu: 4 raka’at sebelum Zhuhur, 2 raka’at setelah Zhuhur, 2 raka’at setelah Maghrib, 2 raka’at setelah ‘Isya dan 2 raka’at sebelum Shubuh.” (HR. Tirmidzi no. 415 dan An Nasai no. 1794, kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih).

Yang lebih utama dari shalat rawatib adalah shalat sunnah fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh).  ‘Aisyah berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Dua rakaat sunnah fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.”  (HR. Muslim no. 725)

Juga dalam hadits ‘Aisyah yang lainnya, beliau berkata,

لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِأخرجه الشيخان

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan satu pun shalat sunnah yang kontinuitasnya (kesinambungannya) melebihi dua rakaat (shalat rawatib) Shubuh.” (HR. Bukhari no. 1169 dan Muslim no. 724)

Kedua: Shalat Tahajud (Shalat Malam)

Allah Ta’ala berfirman,

أَمْ مَنْ هُوَ قَانِتٌ آَنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآَخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. ” (QS. Az Zumar: 9). Yang dimaksud qunut dalam ayat ini bukan hanya berdiri, namun juga disertai dengan khusu’ (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 12: 115). Salah satu maksud ayat ini, “Apakah sama antara orang yang berdiri untuk beribadah (di waktu malam) dengan orang yang tidak demikian?!” (Lihat Zaadul Masiir, Ibnul Jauzi, 7/166). Jawabannya, tentu saja tidak sama.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ وَمُكَفِّرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ

Hendaklah kalian melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) karena shalat amalan adalah kebiasaan orang sholih sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat pada Allah. Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa. ” (Lihat Al Irwa’ no. 452. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu berkata, “Shalat hamba di tengah malam akan menghapuskan dosa.” Lalu beliau membacakan firman Allah Ta’ala,

تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, …” (HR. Imam Ahmad dalam Al Fathur Robbani 18/231. Bab “تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ “)

‘Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhu berkata, “Satu raka’at shalat malam itu lebih baik dari sepuluh rakaat shalat di siang hari.” (Disebutkan oleh Ibnu Rajab dalam Lathoif Ma’arif 42 dan As Safarini dalam Ghodzaul Albaab 2: 498)

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Barangsiapa yang shalat malam sebanyak dua raka’at maka ia dianggap telah bermalam karena Allah Ta’ala dengan sujud dan berdiri.” (Disebutkan oleh An Nawawi dalam At Tibyan 95)

Ada yang berkata pada Al Hasan Al Bashri , “Begitu menakjubkan orang yang shalat malam sehingga wajahnya nampak begitu indah dari lainnya.” Al Hasan berkata, “Karena mereka selalu bersendirian dengan Ar Rahman -Allah Ta’ala-. Jadinya Allah memberikan di antara cahaya-Nya pada mereka.”

Abu Sulaiman Ad Darini berkata, “Orang yang rajin shalat malam di waktu malam, mereka akan merasakan kenikmatan lebih dari orang yang begitu girang dengan hiburan yang mereka nikmati. Seandainya bukan karena nikmatnya waktu malam tersebut, aku tidak senang hidup lama di dunia.” (Lihat Al Lathoif 47 dan Ghodzaul Albaab 2: 504)

Imam Ahmad berkata, “Tidak ada shalat yang lebih utama dari shalat lima waktu (shalat maktubah) selain shalat malam.” (Lihat Al Mughni 2/135 dan Hasyiyah Ibnu Qosim 2/219)

Tsabit Al Banani berkata, “Saya merasakan kesulitan untuk shalat malam selama 20 tahun dan saya akhirnya menikmatinya 20 tahun setelah itu.” (Lihat Lathoif Al Ma’arif 46). Jadi total beliau membiasakan shalat malam selama 40 tahun. Ini berarti shalat malam itu butuh usaha, kerja keras dan kesabaran agar seseorang terbiasa mengerjakannya.

Ada yang berkata pada Ibnu Mas’ud, “Kami tidaklah sanggup mengerjakan shalat malam.” Beliau lantas menjawab, “Yang membuat kalian sulit karena dosa yang kalian perbuat.” (Ghodzaul Albaab, 2/504)

Lukman berkata pada anaknya, “Wahai anakku, jangan sampai suara ayam berkokok mengalahkan kalian. Suara ayam tersebut sebenarnya ingin menyeru kalian untuk bangun di waktu sahur, namun sayangnya kalian lebih senang terlelap tidur.” (Al Jaami’ li Ahkamil Qur’an 1726)

Ketiga: Shalat Witir

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اجْعَلُوا آخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرً

Jadikanlah akhir shalat malam kalian adalah shalat witir.” (HR. Bukhari no. 998 dan Muslim no. 751)

Keempat: Shalat Dhuha

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim no.  720)

Padahal persendian yang ada pada seluruh tubuh kita sebagaimana dikatakan dalam hadits dan dibuktikan dalam dunia kesehatan adalah 360 persendian. ‘Aisyah pernah menyebutkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian.” (HR. Muslim no. 1007)

Hadits ini menjadi bukti selalu benarnya sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Namun sedekah dengan 360 persendian ini dapat digantikan dengan shalat Dhuha sebagaimana disebutkan pula dalam hadits berikut,

أَبِى بُرَيْدَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « فِى الإِنْسَانِ سِتُّونَ وَثَلاَثُمِائَةِ مَفْصِلٍ فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهَا صَدَقَةً ». قَالُوا فَمَنِ الَّذِى يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا أَوِ الشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَقْدِرْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُ عَنْكَ »

Dari Buraidah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad, 5: 354. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih ligoirohi)

Imam Nawawi mengatakan,  “Hadits dari Abu Dzar adalah dalil yang menunjukkan keutamaan yang sangat besar dari shalat Dhuha dan menunjukkannya kedudukannya yang mulia. Dan shalat Dhuha bisa cukup dengan dua raka’at.” (Syarh Shahih Muslim, 5: 234)

Asy Syaukani mengatakan,  “Hadits Abu Dzar dan hadits Buraidah menunjukkan keutamaan yang luar biasa dan kedudukan yang mulia dari Shalat Dhuha. Hal ini pula yang menunjukkan semakin disyari’atkannya shalat tersebut. Dua raka’at shalat Dhuha sudah mencukupi sedekah dengan 360 persendian. Jika memang demikian, sudah sepantasnya shalat ini dapat dikerjakan rutin dan terus menerus.” (Nailul Author, 3: 77)

Kelima: Shalat Isyroq

Shalat isyroq termasuk bagian dari shalat Dhuha yang dikerjakan di awal waktu. Waktunya dimulai dari matahari setinggi tombak (15 menit setelah matahari terbit) setelah sebelumnya berdiam diri di masjid selepas shalat Shubuh berjama’ah. Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ

Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.” (HR. Thobroni. Syaikh Al Albani dalam Shahih Targhib 469 mengatakan bahwa hadits ini shahih ligoirihi/ shahih dilihat dari jalur lainnya)

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ »

Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

– Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna -

 

@ Ummul Hamam, Riyadh KSA, 18 Shafar 1433 H

Artikel Kajian Umum di Dammam, KSA, 18 Shafar 1433 H

www.rumaysho.com



Pernah mengenyam pendidikan S1 di Teknik Kimia UGM Yogyakarta dan S2 Polymer Engineering di King Saud University Riyadh. Pernah menimba ilmu diin dari Syaikh Sholeh Al Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy Syatsri, dan Syaikh Sholeh Al 'Ushoimi. Aktivitas beliau sebagai Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul, Pengasuh Rumaysho.Com, serta Pimpinan Redaksi Muslim.Or.Id.


  • Rose Melati Kartawihardja

    Subhannalloh…begitu indah nya…..semoga hamba bisa melakukan nya baik.amin..

  • Faisal

    Ustadz, minta dibuatkan artikel kumpulan atau macam-macam shalat sunnah. Jazakallahu khairan

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Sebagiannya sdh dibahas di web ini.

  • pratama

    ustadz -Semoga Allah senantiasa menjagamu-, ana mau tanya bagaimana jika qiyaumul lail hanya dikerjakan 2 rakaat, sedangkan witir 3 rakaat (1 kali salam), apakah boleh ustadz? jazakallahu khoiron

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Seperti itu boleh. Walau sedikit itu lebih baik jika kontinu dilakukan.

  • Luthfiyusuf_ipb

    ustadz…dalam pelaksanaan ibadah kan harus menghindari bid’ah, jadi sy mohon penjelasan dzikir apa yg dimaksud seteleh shalat shubuh sebelum shalat isyraq ? kalo bssd hitungan jam kira kira teerletak pada kisaran jam berapa ya ? karena terkadang matahari tidak kelihatan naiknya. terimakasih

  • http://profile.yahoo.com/YSWWT6DUQ4OFJKTYP3TFYLZZHI Aditya

    sholat isyroq itu apakah sama dengan sholat fajar?

  • Noor Aisyah

    ustadz, bagaimana dengan hadist yang mengatakan shalat sunah rawatib 10 rakaat ? apakah keutamaannya sama?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Ada keutamaan, tetapi tdk seperti yg disebut di atas.

  • Husna Mini

    ustadz, apakah sholat sunnah fajar itu sama dengan sholat qobliyah subuh yg dikerjakan antara azan dan iqamah, atau 2 sholat sunnah yg berbeda? mohon penjelasannya..

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      shalat sunnah fajar itu sama dg shalat sunnah qobliyah shubuh yaitu dilakukan stlh adzan shubuh. Siapa yg katakan berbeda, ia jelas keliru.

      • Heri

        bagaimana kalo salat fajar dilakukan sebelum adzan subuh sah atau tidak.terima kasih

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Dilakukan sesudah adzan shubuh.

          Muhammad Abduh Tuasikal
          Rumaysho.com via my Iphone

          في ٠٨‏/٠٧‏/٢٠١٣، الساعة ٢:٠٢ م، كتب “Disqus” :

  • Husna Mini

    Terimakasih ustad, satu lagi pertanyaan saya, hadist  menyatakan tidak ada lagi sholat sunnah qobliyah apabila qomad sudah dikumandangkan, pertanyaan saya apakah ini berlaku bagi yg sholat di Mesjid saja?, masih bolehkah saya sholat sunnah qobliyah dirumah walaupun saya dapat mendengar bahwa di mesjid dekat rumah sudah qomad? terimkasih atas perhatian dan jawaban ustad.

  • Tomo Sutomo

    Sungguh suatu amalan yang dapat menenteramkan hati apabila kita dapat rutin, dan apabila sudah dilakukan  maka pahala akan selalu mengalir ke kita walaupaun suatu saat ada udzur untuk melaksanakannya .Subhanallah  

  • Tomo Sutomo

    Semoga Allah memberi taufik , hidayah dan agar selalu dapat mengamalkan. La haulawalaquata illa billah.

  • agungpw

    subhanallah

  • Arianaturino

    Alhamdulillah tidak ada lagi alasan apapun untuk tidak melakukan amaln2 penting yg berpahala besar , ahli2 ilmu spt akhi Rumaisho sudah memuudahkannya dgn menyajikan ilmu2 syArinyA sekAli lagi alhamdulillah barakallahu fiikum , Ana sll membuka link Rumaisho dan membagi ilmunya untuk teman2 yg tidak biasa internetan , mohon izinnya جَزَاكِ اللهُ خَيْرً .

  • Firdauskamang

    saya mau tanya adakah shalat sunat sebelum ashar

  • asep

    ASS, tepatnya pukul berapa s/d berapa shalat dhuha itu dilakukan.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      setelah 15 menit dari matahari terbit

  • Addin

    ajarin niatnya dong. dan bukannya salat sunnah sebaiknya di rumah?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      niatnya cukup dalam hati

  • http://www.facebook.com/cep.omar Cep Omar

    Terima kasih atas tausiahnya, semoga Allah SWT membalas segala amal kebaikannya dan bagi kami sebagai pembaca semoga allah memberikan jalan dan hidayah Nya, Amin YAa Rabbal alamiin.

  • danish

    terimakasih, ijin menyebarkan info ini di blogku ya pak ustadz…:)

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Silakan

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via Iphone 4

      في ٠٤‏/١٠‏/٢٠١٢، الساعة ٧:٤٣ ص، كتب “Disqus” :

  • Wiedarto

    Subhanallah..semoga bisa melaksanakan

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Semoga Allah mudahkan

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via Iphone 4

      في ٠٤‏/١٠‏/٢٠١٢، الساعة ٢:٤١ م، كتب “Disqus” :

  • http://www.facebook.com/Riamaherani Ria Maherani

    Jazakallahu khairan :)

  • http://twitter.com/dy34ch dyeach moody

    seingat saya sholat sunnah rawatib itu ada 10, tilka asyarotun kamila, itulah sepuluh yang disempurnakan…

    • dina

      yg benr yg mna ,,nih 10 ato 12 rakaat,,??

      • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

        Boleh 10, boleh juga 12. Masing2 punya hadits dan keutamaan.

        Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
        Rumaysho.com via My Ipad

  • ady

    Mudah2an kita smua βȋ§ά istiqomah menjalankan Sholat wajib ditambah dgn sholat sunah

  • Rysmah

    afwan ustadz mau tanya, bila kita sudah melaksanakan sholat witir setelah sholat isya, kemudian kita terbangun untuk sholat tahajjud, apakah kita mengulang sholat witirnya? ataukah tidak perlu lagi?
    Jazakillah khair.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Shalat witirnya tdk diulangi lagi.

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ٠٧‏/٠١‏/٢٠١٣، الساعة ٢:٢٩ ص، كتب “Disqus” :

  • http://www.facebook.com/dani.gepsu Dani Gepsu

    ustat sholat kalok tdak tau bacaan sholat sah?
    terima kasi

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Kami berharap bs belajar. Belajar shalat sangt mudah.

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ١٩‏/٠١‏/٢٠١٣، الساعة ١:٥٥ م، كتب “Disqus” :

      • Amin

        Bismillah.Assalamu alaiukum,afwan ustad mau nanya,apa bedanya melaksankan shalt witir sebelum tidur(ada keterangan dali yang sahih),dengan shalat witir pada saat kiyamul lail.mohon penjelasanya ustad,karena ana juga rutin menjalngka shalat witir sebelum tidur(apakah hanya dikhususkan malam atau juga siang)

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Waalaikumussalam. Dua2nya boleh dilakukan.

          Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
          Rumaysho.com via My Ipad

  • Huda

    Ijin share ya?

  • Muntashir

    Assalamualaikum Ustadz
    kalo hari jumat, berarti shalat sunnah nya 4 rakkat sebelum shalat jumat dan 2 rakaat sesudah shalat jumat?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Sblm shalat jumat hanya ada shalat sunnah mutlak.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • heru widianto

    ustadz, bolehkah tahajud 2 rakaat witir 1 rakaat?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Boleh.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • risky muttaqin

    assalamualaikum.apa boleh saya bertanya niat shalat rawatib itu bagaimana saja .tanggapin ya ustad.saya ingin belajar mengamalkannya

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Niat cukup dlm hati.

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ٠٨‏/٠٧‏/٢٠١٣، الساعة ١٠:٣٣ ص، كتب “Disqus” :

  • Amilah

    Assalamu’alaikum. Terima kasih banyak untuk informasinya. Sangat membantu insyaallah.

  • anggun marista

    assalamualaikum, kalau sudah sholat iysraq berarti tidak perlu dhuha lagi misal di jam 8-10pagi? syukran.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Boleh, krn shalat dhuha tdk ada batasan rakaatnya.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • thamrin

    assalamualaikum, 4 raka’at sebelum Zhuhur apakah dilaksanakan 4 raka’at dengan satu kali salam, atau dilakukan dua raka’at – dua raka’at ?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Setiap dua rakaat salam.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

      • thamrin

        oke trims

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Barakallahu fiikum.

          Muhammad Abduh Tuasikal
          Rumaysho.com via my Iphone

          في ١٢‏/٠٧‏/٢٠١٣، الساعة ٩:٠٧ ص، كتب “Disqus” :

  • SaLsa Al-Maghtany

    syukron katsir ustadz,, alhamdulliallah sya dpertemukan dengan web ini d bulan suci ini,,smga mmbwa berkah..

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Barakallahu fiikum.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • Antok Wahyu Utomo

    Assalamu’alaikum

    Ustadz, niat sholat Isyroq apakah diniatkan untuk sholat Isyroq atau Dhuha

    syukran

  • Yadzil Darajat

    Assalamu’alaikum

    Ustadz, pelaksanaan sholat rawatib hendaknya di rumah atau di masjid?
    untuk sholat rawatib yang sesudah sholat wajib lebih baik di rumah atau di masjid?
    karena saya pernah baca ada hadist yang menganjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnah di rumah. sedangkan yang wajib di masjid.

    syukron

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Shalat sunnah sebisa mungkin dikerjakan di rumah.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • Zulkarnaini Diran

    Assalamulaikum wr wb, alhamdulillah, ter imakasih atas informasi ini. Saya sangat cmeasakan manfaatnya dan memperkuat keyakinan saya dari informasi-informasi yang telah saya dspst sebelumnya. Salam, Zulkarnaini

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam.

      Barakallahu fiikum.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • Suryana Asep

    Afwan’ ustadz mau tanya ketika ana mengikuti sholat tarawih diakhiri witir 2raka’at dg salam lalu 1raka’at dg salam. Apakah sesuai dg syariat.
    Syukron.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Itu cara shalat witir yg dibolehkan.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

      • lifa

        assalamualaikum warahmatullah wabarokatuh, afwan ustad mau nanya waktu tepat sholart isroq jam brapa soalnya ada sholat yg diharamkan ketika pas matahari terbit, jam 7.15 itu bisa gak ustad?

  • Ardi Richi

    Assalamualaykum Ustad. Afwan ana izin share untuk dibacakan ba’da salat subuh di masjid di komplek ana.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Slakan, barakallahu fiikum.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • R Yudha Firmansyah

    Ijin Copas. :)

  • Sylvia Marsudiningtyas

    assalamualaikum warohamtullah wabarokatuh,

    ustad, apa tetap mendapat pahala yang sempurna jika sholat subuh (tidak berjamaah, dirumah), kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit, kemudia sholat isyro’ ?

    Jazakallahu khoryn. Barakallahufikum

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh. Untuk wanita saja bisa spt itu. Krn shalat wanita di rumah.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

    • Jihar Prakoso

      Walaikum salam wr wb.

  • ovy

    assalamu’alaikum……

    ma ustadz ada yang mau d tanyakan,,, kalo untuk shalat sunnah tahajud itu baiknya d lakukan ketika jam brapa….

    • Rizz Mayz

      Ɣªήğ paling bagus ϑαπ utama solat malam itu jam brapa 3/4 trsbt?boleh kah jam 3,supaya sampe wktu subuh ßisa ϐếrϑzikir,jadi tidak тι∂υя lagi,boleh kah?
      Terimakasih

      • devis purdi

        s7

  • Siti Aisyah

    Syukron ilmunya

  • RAJULUN BAKY

    SYUKRAN

  • Mohd Sowi Ahmad

    terima kasih dapat menambah ilmu dan mantap pengetahuan ynag sedia ada.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Barakallahu fiikum.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • faisal

    mohon ijin kopi

  • iwan satriawan

    subhanallah..

  • iwan satriawan

    Ustad…apa hukumnya jika menambahankan sholat rawatib seperti kobliyah isya 2 rokaat,ba’diah isya 4 rokaat,kobliyah ashar 2 rokaat apkah diperbolehkan

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Spt itu boleh, namun tidak lagi jadi shalat rawatib.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • adit

    Subhanallah,,
    Betapa besar nikmat yg ALLAH berikan pada kita hambanya..

  • Agus Dwi Priyanto

    Subkanallah sholat sunat banyak manfaatnya, insya allah sy akan lakukan scara bertahap smga amal ibadah yg menulis men dpt ganjaran dr allah swt amin yarobal alamin

    • devis purdi

      amienn

  • Agus Dwi Priyanto

    Terima ksh smg sholat rawatib ini bs kita jln kan dan menambah ilmu yg bermanfaat

  • Bakri Habe Pallime

    subhanallah….alangkah sayangnya Allah kepada hambanya. Yg memberikan kesempatan utk trus beramal dan beramal….dan mengampuni dosa2nya.

  • جَانُوْرطَ

    Penting nich
    izizn share ya artikelnya

  • Neima

    Penting nich buat kamu

  • Hardiansyah Hamzah

    izin share yah,,,?

  • Syahrul Arifin

    Aku Sangat meridukan hidayah mu dengan pedoman pegangan hidup dikzrullah

  • Sophia Machmudi

    MASHAALLAH ALLAH HU AKBAR .se andainya aku bisa menjalani ini semua, perasaan ini bahagia and tidak bisa aku gambar kan dengan apapunjjua,and momentary Dari aku sangatlah bagus and I LiKe it,kg cuma llike, ILOVE VERy MUCH, matur nuwun,semoga aku. Bisa menjalani semua ini AMEEN,

  • Prince Paijo Ecko Bennington

    Ilmu baru

  • Jihar Prakoso

    Maha suci Allah dengan segala firmanNya.

  • Jihar Prakoso

    Tiada harapan selain Allah====Tiada idola selain Muhammad======Tiada agama selain Islam =========Tiada pegangan selain Al-Qur’an dan hadist====Tiada negara yang kucintai selain Indonesia======= Tiada wanita yang bisa kuslentem selain istriku=======Dan tida bendera yang bisa berkibar didepan rumahku selain merah putih.Kiriman Jihar Prakoso Semarang.

  • gsyafdiono

    Assalamualaikum ust, saya mau bertanya mengenai shalat Dhuha.

    1. Bila saya telah melakukannya (shalat dhuha) pada waktu isyroq setelah
    melakukan zikir pagi, apakah saya diperbolehkan untuk melakukannya lagi
    menjelang siang untuk mendapatkan fadhillah awwabin? Dengan pengertian
    dalam sehari melakukannya dalam 2 waktu yang berbeda dan dua tempat yang
    berbeda pula.
    2. Mengenai niat pada saat melakukan shalat
    Isyraq, apakah saya niatkan sebagai shalat Dhuha, ataukah niat sebagai
    shalat Isyraq, atau diniatkan untuk keduanya? Jazakumullah khairan
    katsiran.

  • Rini Mustika

    Assalamualaikum
    Bagaimana jika niat org melakukan sholat dhuha krn berfikir bahwa sholat dhuha pembuka pintu rezeki.. apakah ada dalilnya ustad?
    Jazakallahu khairan. .

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Wa’alaikumussalam. Boleh. Barakallahu fiikum.

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Pesantren Darush Sholihin, Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kab Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, 55872.

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Barakallahu fiikum.