Puasa Daud, Puasa Paling Istimewa


Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam kepada Nabi-Nya. Dalam postingan-postingan sebelumnya, kami telah menyinggung mengenai beberapa puasa sunnah, juga membahas keutamaannya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan materi puasa lainnya yaitu mengenai puasa Daud. Puasa Daud adalah melakukan puasa sehari, dan keesokan harinya tidak berpuasa. Semoga bermanfaat.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam  malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.”[1]

Faedah hadits:

1. Hadits ini menerangkan keutamaan puasa Daud yaitu berpuasa sehari dan berbuka (tidak berpuasa) keesokan harinya. Inilah puasa yang paling dicintai di sisi Allah dan tidak ada lagi puasa yang lebih baik dari itu.

2. Di antara faedah puasa Daud adalah menunaikan hak Allah dengan melakukan ketaatan kepada-Nya dan menunaikan hak badan yaitu dengan mengistirahatkannya (dari makan).

3. Ibadah begitu banyak ragamnya, begitu pula dengan kewajiban yang mesti ditunaikan seorang hamba begitu banyak. Jika seseorang berpuasa setiap hari tanpa henti, maka pasti ia akan meninggalkan beberapa kewajiban. Sehingga dengan menunaikan puasa Daud (sehari berpuasa, sehari tidak), seseorang akan lebih memperhatikan kewajiban-kewajibannya dan ia dapat meletakkan sesuatu sesuai dengan porsi yang benar.

4. Abdullah bin ‘Amr sangat semangat melakukan ketaatan. Ia ingin melaksanakan puasa setiap hari tanpa henti, begitu pula ia ingin shalat malam semalam suntuk. Karena ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarangnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi solusi padanya dengan yang lebih baik. Untuk puasa beliau sarankan padanya untuk berpuasa tiga hari setiap bulannya. Namun Abdullah bin ‘Amr ngotot ingin mengerjakan lebih dari itu. Lalu beliau beri solusi agar berpuasa sehari dan tidak berpuasa keesokan harinya. Lalu tidak ada lagi yang lebih afdhol dari itu. Begitu pula dengan shalat malam, Nabi shallallallahu ‘alaihi wa sallam memberi petunjuk seperti shalat Nabi Daud. Nabi Daud ‘alaihis salam biasa tidur di pertengahan malam pertama hingga sepertiga malam terakhir. Lalu beliau bangun dan mengerjakan shalat hingga seperenam malam terkahir. Setelah itu beliau tidur kembali untuk mengistirahatkan badannya supaya semangat melaksanakan shalat Fajr, berdzikir dan beristigfar di waktu sahur.

5. Berlebih-lebihan hingga melampaui batas dari keadilan dan pertengahan dalam beramal ketika beribadah termasuk bentuk ghuluw (berlebih-lebihan) yang tercela. Hal ini dikarenakan menyelisihi petunjuk Nabawi dan juga dapat melalaikan dari berbagai kewajiban lainnya. Hal ini dapat menyebabkan seseorang malas, kurang semangat dan lemas ketika melaksanakan ibadah lainnya. Ingatlah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

6. Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Puasa Daud sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang mampu dan tidak merasa sulit ketika melakukannya. Jangan sampai ia melakukan puasa ini sampai membuatnya meninggalkan amalan yang disyari’atkan lainnya. Begitu pula jangan sampai puasa ini membuatnya terhalangi untuk belajar ilmu agama. Karena ingat di samping puasa ini masih ada ibadah lainnya yang mesti dilakukan. Jika banyak melakukan puasa malah membuat jadi lemas, maka sudah sepantasnya tidak memperbanyak puasa. … Wallahul Muwaffiq.”[2]

7. Tidak mengapa jika puasa Daud bertepatan pada hari Jumat atau hari Sabtu karena ketika yang diniatkan adalah melakukan puasa Daud dan bukan melakukan puasa hari Jumat atau hari Sabtu secara khusus.

Referensi:

 

Faedah ilmu ketika safar, 13 Rabi’ul Akhir 1431 H (29/03/2010), Via BB.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel http://rumaysho.com


[1] HR. Bukhari dan Muslim no. 1159

[2] Syarh Riyadhus Sholihin, 3/470.



Pernah mengenyam pendidikan S1 di Teknik Kimia UGM Yogyakarta dan S2 Polymer Engineering di King Saud University Riyadh. Pernah menimba ilmu diin dari Syaikh Sholeh Al Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy Syatsri, dan Syaikh Sholeh Al 'Ushoimi. Aktivitas beliau sebagai Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul, Pengasuh Rumaysho.Com, serta Pimpinan Redaksi Muslim.Or.Id.


  • http://ikhfa.wordpress.com/ Ikhfa

    Apakah puasa Daud bisa dilakukan bersama dengan puasa Senin-Kamis? Misalnya puasa yang dilakukan berturut-turut hari senin, rabu, kamis, jumat, ahad, senin, selasa, dst..

    Jazaakallaah

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Yang maksimal adalah puasa Daud, jangan ditambah lagi seperti itu. Jadi cukup sehari puasa, besok berbuka, dst

      Hanya Allah yang beri taufik.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Tidak boleh. Harus dipilih salah satu. Karena jk melakukan seperti itu berarti sudah melebihi apa yg nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentukan, krn batasan maksimal adl dgn puasa Daud.

  • dyahkartika

    Bgm jk kita melaksanakan puasa Daud kmd pd saat jth hari tdk berpuasa bertepatan ada puasa sunah yg lain misalnya puasa arofah. Apakah kita laksanakan jg puasa arofah itu yg nantinya jd berurutan hari berpuasanya/ menyatu dg puasa Daud?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Seperti itu dibolehkan.

    • fauziah karim

      puasa merupakan satu prentah dari allah dari itu kita wajip melakukannya dg pnoh taat.yg wajip semestinya dibulan ramadan yg sunat tepulanglah kepda kita untok melakukannya meyikut kemapuan kita asalkan iklas dantayadok kerana allah semata2.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      insya Allah seperti itu tidak mengapa.

  • http://www.facebook.com/people/Ibnu-Pramu/100000379722657 Ibnu Pramu

    pengin puasa daud lg, kmrn sempat lakukan tp terputus..

  • haries alie..

    terima kasih kpd pihak2 yg tlah menyuarakan ini…
    smoga dapat mmberi pemahaman pada kta smua tntang ibadah puasa.
    smoga g kan berhenti disini..trus lah mmberi masukan kpd kita smua,,krn smua itu teramat perlu tuk
    di amalkan…

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Semoga Allah snantiasa memberi taufik.

  • http://www.facebook.com/people/Astutiana-Sugiastuti/1286517115 Astutiana Sugiastuti

    Pada intinya puasa itu melatih diri mengekang hawa nafsu agar tidak serakah. karena bisa mengendalikan dirinya dan selalu taat pada Allah.

  • http://www.facebook.com/dimasfirmanda Dimas Firmanda

    Jazakallahu khairan artikelnya, ana ingin tanya, puasa daud itu dimulai dan di akhirinya ada batasannya tidak? misalnya minimal berapa hari? atau bebas?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Jawabannya, bebas. Bisa memulai kapan saja dan berhenti kapan saja.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Tdk ada batasannya. Jd boleh berhenti dan mulai kapan saja. Syaratnya cuma puasa sehari dan besoknya tdk puasa.

  • http://www.facebook.com/people/Lukman-Hakim/1528496981 Lukman Hakim

    subhanallah,,,,,,,,,,,

  • aprodhitakusumaningtyas

    syukron atas penjelasannya karena selama ini saya masih bimbang jika bertepatan dengan hari Jumat………..jazakallahu khoir

  • lizindarti

    Assalamu’alaikum. Saya ingin menanyakan tentang niat puasa Daud..??

  • iefah

    ass…kalau puasa daud apa setiap hari harus baca niatnya dan niatnya bagaimana??? trims

  • oqiee

    puasa yg bagaimana puasa daud …
    setahu saya puasa yg paling baik itu puasa ramadan, apakah hanya sehari saja melakukan.a ..???

    • Sri Mulyono

      Puasa Ramadhan itu wajib hukumnya, puasa Daud Sunah hukumnya

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000230259801 Happy F Aja’

    As’salamualaykum warahmatullohi wabarakatuh
    saya mau tanya ya ustadz tentang
    1.bagaimana bunyi nawaitunya (niatannya puasa nabi daud ini ?)
    2 bagaimana dengan shalat tarawihnya ?apakah diperlukan jg sprti shalat tarawih puasa ramadhan ?
    lalu niatan shalat tarawih nabi daud itu ?
    terimakasih,mohon jawaban ustadz sudi dikirimkan ke email saya :
    [email protected]
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih,maaf bila merepotkan ustadz
    semoga ustadz selalu senantiasa diberikan perlindungan dan kesehatan oleh ALLOH Subhanahu Wa Ta’ala.
    wassalamu a’laykum warahmatullohi wabarakatuh.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000230259801 Happy F Aja’

    As’salamualaykum warahmatullohi wabarakatuh
    saya mau tanya ya ustadz tentang
    1.bagaimana bunyi nawaitunya (niatannya puasa nabi daud ini ?)
    2 bagaimana dengan shalat tarawihnya ?apakah diperlukan jg sprti shalat tarawih puasa ramadhan ?
    lalu niatan shalat tarawih nabi daud itu ?
    terimakasih,mohon jawaban ustadz sudi dikirimkan ke email saya :
    [email protected]
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih,maaf bila merepotkan ustadz
    semoga ustadz selalu senantiasa diberikan perlindungan dan kesehatan oleh ALLOH Subhanahu Wa Ta’ala.
    wassalamu a’laykum warahmatullohi wabarakatuh.

  • yudhistira

    ass.wr.wb,
    saya pernah bernadzar untuk melaksanakan puasa daud jika saya diterima di sebuah PTN, Alhamdulillah saya diterima di PTN yang saya inginkan, namun celakanya sampai sekarang saya belum bisa melaksanakan nadzar saya tersebut, karena saya sempat terpuruk dan jauh dari yang Haq. Sekarang saya berniat untuk memenuhi nadzar saya tersebut, Bagaimana pandangan Ustad? trm kasih, wsllm

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Nadzar tsb harus sgera ditunaikan segera mungkin.

  • nashir

    assalamualaikum,, saya nak brtanya.. apakah hukum berpuasa pada hari selasa dan rabu pula?????
    terima kasih/sory

  • jali

    assallamualaikum…
    niat puasa daud itu bagaimana yh?
    dan puasanya ada batasan waktu atau bagaimana?
    tolong bimbingannya

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      wa’alaikumus salam.
      niatnya cukup dalam hati bahwa kita mau puasa daud

  • jali

    baiknya puasa daud dimulai dari hari ap atw kpn???
    apakah ada akhir atau selesainya puasa daud???

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      bebas mulainya dan bebas akhirnya

  • JZP

    Pertengahan malam itu jam brp, spertiga dan sper-enam ane kurang paham ni, akh.. Mohon pencerahannya. Salam..

  • http://www.facebook.com/kuriyman Arman Maulana Maman

    asalamu alaikum, apa hukumnya jika puasa bertepatan dengan hari jumat?
     

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Boleh, asal diikuti berpuasa di hari sebelum atau sesudanya.
      “Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum’at kecuali jika ia berpuasa pada hari sebelum atau sesudahnya.”[9] An Nawawi rahimahullah membawakan hadits ini di Shahih Muslim dalam Bab “Terlarang berpuasa pada hari Jum’at secara bersendirian.”

      Baca di sini:
      http://rumaysho.com/hukum-islam/puasa/2999-hari-yang-terlarang-untuk-berpuasa-1.html

      • http://www.facebook.com/kuriyman Arman Maulana Maman

        klo misalnya pas hr jumat puasa terus sbtunya g, tpi minggunya puasa itu gimana hukumnya??

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          kalau itu puasa Daud, maka boleh.

  • Iman_melrose

    Ingiiiiin..banget ngelakuinnya.., tapi gue orang hotel yang gawe shift, seringnya malem, jadi kalo untuk sholat Nabi Daud, kayanya gue susah deh, pertanyaannya, afdol ga kalo puasa Daud tapi ga pake Sholat Nabi Daud..?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Tetap afdhol

  • Asepraul

    Melaksanakan puasa daud cuma satu bulan boleh ga????

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Boleh

  • Aa_cimuy

    alhamdulillah ya..sesuatu banget.. manfaat puasa nabi daud betul2 telah terbukti nyata..

  • esaindo

    Assalamu’alaykum, Ustadz. Ana mau tanya, kalo puasa daud itu sehari puasa dan sehari tidak ya, pas sehari puasa itu puasanya sampai maghrib atau sampai fajar di hari berikutnya, Ustadz ?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      wa’alaikumus salam. puasanya sampai maghrib

  • Yuyun

     asalamualikum pak ustad, saya telah mulai melaksanakan puasa nabi Daud dan Alhamdulilah sudah hampir semingu saya melaksanakanya dan tidak ada halangan berarti karena sebelumnya memenag telah terbiasa puasa senin kamis. yang jadi pertanyaan saya adalah, jika puasa mulai hari senin, maka otomatis selasa tidak puasa, kemudian di lanjut hari rabu puasa lagi. tapi bolehkah menyambung hari rabu itu dengan kamis 2 hari berpuasa karena bertepatan dengan puasa senin kamis?begitupun sebaliknya jika jatuh nya senin kita harusnya idak berpuasa karena minggu sudah puasa, bolehkah kita tetap mendobelnya minggu dan senin?apakah ini bertentangan denga hukunm puasa Daud?saya merasa sayang meleps hari senin dan kamis jika tidak puasa. bagaimaa hukumnya?terimakaish jawabannya

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam.
      Puasa daud adl puasa paling maksimal yg kita dibolehkan, tidak boleh ditambah lg dg senin-kamis.

  • Andre_71tu

    Ada beberapa pengalaman teman2 yang telah sukses dalam berkarir maupuin usahanya. Rezeki yang ia dapatkan sangat melimpah dan tak pernah diduga-duga. Kebahagiaanya dapat ia rasakan, baik rohani maupun jasmani. Kuncinya ialah puasa Daud dan sering shalat dhuha. Coba bagi teman2 yg ingin mengikuti jejak mereka, lakukan Puasa Daud dan shalat Dhuha dengan ikhlas dan pengaharapan pahala dari Allah. Saya sendiri merasakan manfaat yang sangaaaaat besar baik rezeki maupun bathin. Alhamdulillah……Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim.

    • triwi

      subhanallah

    • chicy

      Subhanallah..
      Allah selalu menepati janji-Nya.
      besok saya akan belajar puasa nabi daud, semoga saya bisa. aamiin

  • Shofiahmad_gasek

    bagaimana niat puasa daud dan bagaimana cara melakukannya?

  • haryo

    pak ustad…..saya sudah menjalankan puasa senin kamis secara rutin….bolehkah menjalankan puasa senin kamis dan puasa daud secara bersamaan………

  • devi

    saya sdh hampir 4 th menjalankan puasa daud ne… meskipun blum sempurna tapi sungguh luar biasa faedahnya terutama untuk diri sendiri..

  • Purwantyoari

    MARI di tahun , dalam menyikapi penduduk bumi yang mencapai 7 miliyar ini kita lakukan david fasting. Sehingga mengurangi beban bumi dlam menyediakan makanan untk manusia

  • Ekirizki

    alhamdullillah
     

  • Triagus

    jazakumullo

  • Qie Dumm Menschen

    Jazakumullah ..

  • Sedayusaja

    assalaamu’alaikum
    ustadz, di jawab donk pertanyaannya mbak yuyun. karena permasalahannya, sama seperti yang saya alami… bolehkah kita berpuasa dawud hari senin-rabu-jumat dan di hari kamisnya tetap berpuasa ??

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Puasa daud adl puasa yg paling maksimal bg kita dibolehkan. Sehingga tdk perlu menambah puasa senin kamis lagi. Moga Allah beri kepahaman.

  • Dedidiah

    assalaamualaikum…ustad sbaiknya puasa daud di awali hari apa?
     

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Bebas

  • Seezhndieh

    assalamu’alaykum
    ustad, saya mau tanya , kalo shaum daud itu waktu berbukanya sama seperti shaum lainnya (tenggelamnya matahari), atau tidak ?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Iya sama

  • diyas

    assalamu’alaykum
    maaf saya mau menanya kalau puasa nabi daud apakah ada jangka waktu misalnya 40 hari atau sebagainya

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Tdk ada batasan waktunya.

  • Hamdaniwijaya

    terima kasih,,.

  • Ramdhan

    Assalamualaikum
    Maaf mau nanya kalau puasa daud minimalnya harus berapa hari ustad..?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Tdk ada batasan. Bebas, sesuai kemampuan.

    • frans

      sepanjang tahun. tidak ada batasan

      • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

        Betul, boleh sepanjang tahun

        Muhammad Abduh Tuasikal
        Rumaysho.com via Iphone

        في ٠٧‏/٠٩‏/٢٠١٢، الساعة ١:٥١ م، كتب “Disqus” :

  • aansudiro

    ketika qt berpuasa nabi daud dr hari jum,at puasa,sbtu’a tdak,mnggu puasa namun snin’a qt niatkan untuk
    puasa sunat snen apa mnggugurkan puasa daud kita ,
    mohon penjelasan’a secara rinci .
    makasih .

  • Ivyandriani

    Assalamualaikum Wr. Wb.,
    Jika kita berpuasa Daud, ketika Ramadhan datang, apakah kita langsung melanjutkan dengan puasa Ramadhan?
    Terima kasih.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam.
      Iya langsung dg puasa ramadhan dan puasa ramadhan itu lebih wajib

  • Gatot39

    bagaimana niat puasa daud

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Cukup dlm hati niat puasa sunnah daud

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Riyadh, Kingdom of Saudi Arabia

      By my IPhone

      في 4 Mar 2012، الساعة 12:00 PM، كتب “Disqus” :

    • Greenrainbow58

      sbnrx logh bwt niat sich t’gntung dgn qtha.x mo mke’ bhs eang ky’ pha,,,pzti allah toe faham,,,,

  • Gatot39

    bolehkah mengerjakan puasa daud dan puasa
     senin kamis

  • Prabandari

    Ass. wr. wb.. mau nanya ustad.. puasa daud itu jika dikerjakan bersamaan dg puasa qodho (ramadhan) apakah sah??

    • Greenrainbow58

      sah aslkhan b’niat puasa qada’x dlu bru b’niat pwsa daud
      pie lbih utma gugh usah dgabung

  • Ayuhewid_prastyo

    Ass wr.wb mau nanya ustad. Puasa daud  itu sebenarnya dilakukan berapa lama 40Hari Puasanya ato selama 40kali Puasa ?
     

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000701523836 Asih Xiemoz

    ass. . mohon penjelasannya bapak ustad , kulo boten faham ? 

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Di bagian mana yg belum paham?

      • http://www.facebook.com/nurlela.arsero Nurlela Fatmawati Arsero

        asalamualaikum..mau tanya p ustad, kalau puasa daudnya di mulai ndak dari hari senin gimana?? begitu jg kalau puasa senin kamis tapi di mulai dari kamis boleh ndak?
        terimakasih, wasalamualaikum

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Waalaikumussalam

          Kedua2nya boleh

          Muhammad Abduh Tuasikal
          Rumaysho.com via Iphone

          في ١١‏/٠٩‏/٢٠١٢، الساعة ٧:٢٨ م، كتب “Disqus” :

          • Budi O Prasetya

            Assalamualaikum , Bapak Ustad waktu saya puasa ramadhan tahun ini 2013 , 10 hari terakhir tengah malam seusai sholat Tahajud setelah berdoa saya seakan ada yg membisikkan saya untuk menjalankan puasa daud dan menyuruh kedua ortu saya sebelum tidur baca lailahailallah sebanyak 7 kali terus baca muhammadarrosullulah, menurut bapak apa saya kerjakan ya puasa daud ?

          • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

            Wa’alaikumussalam. Mimpi tidak bisa menjadi dasar hukum.

            2013/8/14 Disqus

  • Wahyupurwiningsih

    Ass…. Ustad apakah boleh puasa daud sekaligus untuk mengkodhok puasa ramadhan, dan bacaan apa yg biasanya di bc pd ketika menjalankan puasa daud. trims penjelasaaannnya 

    • Greenrainbow58

      boleh,,,asalkan eang dniatkan terlabih dhlu yaitu puasa qada’x,,,bru b’niat puasa daud
      logh mnrut sy sich bxak mmbca dzikir kpda allah

      • nn

        ngomong tapi tak ada dasarnya. kalo tak punya ilmu lebih baik diam.

      • putri

        ibadah kok menurut pendapat antum,ibadah itu sesuai dg tuntunan Rasulullah yg berdasarkan kepada dalil, sebab agama itu bukan berdasarkan logika tetapi berdasrkan dalil. Tentu tidak boleh jika Qodo’ puasa digabung dg puasa sunnah. yang satu wajib dan yang satu sunnah,apakah bisa antum jelaskan dalil yang membolehkan yang wajib dan sunnah di gabung ??? awas, berikanlah ilmu sesuai dg dalil bukan logika, sebab jika mereka menjalankan apa yg antum jelaskan(sesuai dalil yg shahih) maka pahala akan antum dapati juga tetapi begitu juga sebaliknya. berhati-hatilah, sebab sebelum memberikan nasehat kita harus berilmu tentang perkara yang di soalkan.

        • putri

          contohlah para sahabat Rasulullah, ketika ditanya tentang suatu perkara yang mereka tidak mengetahui ilmunya, mereka dengan tegas mengatakan ” aku tidak tahu ” padahal mereka ilmunya lebih banyak dibandingkan dengan kita sebab para sahabat hidup bersama Rasulullah, yang jika ada perkara/soalan maka langsung di ajukan kepada Rasulullah.

    • Ika Devi Permatasari

      kalo tadi saya baca diatas, kata uztad sih tidak boleh (dibawah ini saya copas yg saya baca td)

      rusyda zumara • 8 months ago
      Assalamulaikum.. Pak Ustaz saya mw tanya bolehkah puasa daud di barangkan niatnya dengan puasa Qodo (bayar hutang puasa ramadhan) terimakasih

      Muhammad Abduh Tuasikal Mod rusyda zumara • 8 months ago
      Wa’alaikumussalam. Tdk boleh, puasa sunnah tdk bisa digabungkan niatnya dg puasa wajib.

  • keni anno

    Alhamdulillah… ini baru belajar puasa daud.. bagi sahabat yang ada kendala.. tampilkan dalam hati.. bahwa pas kita puasa.. biasanya banyak kendala.. entah ada makan-makan dan lain-lain.. kejadian semacam itu .. sudah diatur sama Allah.. tinggal kita tahan cobaan ndak…
     

    • faila

      eapzzzz,,,bul,btuul,btuul bgtz toe smw t’gantung qtha.x kuat gugh nhan goda’n

  • Hadikaluwan

    alhamdullillah sudah berjalan, . . kami tidak ada kendala apa2 didalam fisik badan terasa lebih sehat,badan terasa hangat.hanya saja yg perlu kami evaluasi puasa indra yg akan kami perhatikan lg supaya ada keselaran qalbu dalam jiwa.

  • Betyasya

    assalamualakum ust, benarkah puasa daud harus seumur hidup? lalu ada yang bilang juga 1 tahun. saya sudah mencari jawabannya tapi belum menemukan. mohon jawabannya ust. terimakasih

  • Faila

    assalamualaikum,,,,
    apakah hukum bagi org eang puasa daud tpi slah stu kwjbanx dtnggal???
    mohon djwab,,,,trma ksih

  • Faila

    asslkum,,,,
    kira” pha dha faedah”eang khusus sputar puasa daud????
    mhon djlaskan????

  • Allnache

    aslkm…bertanya ttg puasa daud,khususnya ttg niat&lamanya. bagaimana niat puasa daud, apakah blh diucapkan dlm bahasa Indonesia menurut versi kita sendiri. cth:Saya berpuasa Daud hanya karena Alla Swt.dan yg masih saya bingung adalah, berapa lamanya puasa Daud itu, apakah boleh semampu kita. misalkan satu minggu saja dan tidak terus menerus. terima kasih banyak sblmnya…Barakallah…. 

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      niat cukup dlm hati, terserah memakai bahasa apa. puasa daud tdk dibatasi berapa lama, sebulan boleh.

  • http://profile.yahoo.com/JOFNK5BUNRGFH3BI223PK6TMQI alin

    aslkm…bertanya ttg puasa daud,khususnya ttg niat&lamanya. bagaimana niat puasa daud, apakah blh diucapkan dlm bahasa Indonesia menurut versi kita sendiri. cth:Saya berpuasa Daud hanya karena Alla Swt.dan yg masih saya bingung adalah, berapa lamanya puasa Daud itu, apakah boleh semampu kita. misalkan satu minggu saja dan tidak terus menerus. terima kasih banyak sblmnya…Barakallah…. 

  • Nuning Karmila

    Assalamu’alaikum.
    Mau bertanya mngnai shlt daud,sy bru memulai untuk puasa daud,dan puasa jtuh pda hri rabu,krn keesokan hrinya adlh hri kamis sy lanjutkan puasa sunnat krn brbda niat pdhl ktntuan puasa daud shari ga shri puasa, dan sy lanjutkan puasa pda hari sabtu pdhl htungan puasa daud yg tlah sy jalankan sharusnya puasa pda hari jumat sabtu ga,tpi krn sy puasa pda hari kamis jdi keesokan harinya ga.bgmna itu?minta penjelasannya ya..

  • rusyda zumara

    Assalamulaikum.. Pak Ustaz saya mw tanya bolehkah puasa daud di barangkan niatnya dengan puasa Qodo (bayar hutang puasa ramadhan) terimakasih

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam. Tdk boleh, puasa sunnah tdk bisa digabungkan niatnya dg puasa wajib.

  • laily

    ass…, berarti puasa daud boleh dilakukan tnpa guru?

    tapi afdholan mana? dgn guru/tidak?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Boleh tanpa guru.

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via Iphone 4

      في ٠٩‏/١١‏/٢٠١٢، الساعة ٩:٢٥ ص، كتب “Disqus” :

  • sa sa

    Assalamualaikum ustad, saya bertanya, jika kita selalu mengerjakan puasa senin-kamis, akan tetapi pada stiap hari jum’at kita melakukan puasa daud sehingga pada hari sabtu kita tidak berpuasa dan hari minggunya berpuasa, apakah hukumnya boleh ustad?
    mohon jawabannya
    wassalamualaikum

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam

      Puasa daud itu sdh cukup, tdk perlu ditambah dg puasa senin kamis

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via Iphone 4

      في ١٢‏/١١‏/٢٠١٢، الساعة ٥:٠٥ م، كتب “Disqus” :

  • corry

    Assalamuallaikum,apakah kita boleh melaksanakan puasa daud pada waktu yang diharamkan untuk berpuasa.terimakasih

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam. jelaskan maksud pertanyaannya, contohnya.

  • zulfikar

    asslkum ustad , saya ingin melaksanakan puasa daud ini, bagaimanakah cara melaksanakannya… niatnya bagaimna? ti

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam. Niat dalam masalah ibadah cukup dalam hati, tdk ada lafazh niat tertentu yg rasul ajarkan. Untuk pelaksanaannya adalah sehari berpuasa, sehari tidak.

  • http://www.facebook.com/anita.larashati.7 Anita Larashati

    asslkum,saya mau tanya pak klo puasa nabi daud kan selang seling iya..sehari puasa dan sehari tidak.klo kita mulai dr hari senin berarti hari rabu kita puasa tp mnurut info yg sy tau bhwa hri rabu diharamkan utk puasa jadi gmn pak??wsllm

  • yudha sandi

    assalamualaikum
    sya mau bertanya apa puasa daut tuch pahalanya besar

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam. Besar, jika mau dirutinkan.

  • amri

    tolong beri tahu niat untuk menjalankan puasa daud ya.

    • Akbar Abdulfattah

      niat itu dalam hati, tidak dilafadzakan, setau saya gitu

  • Agus Vedic

    Saya suka sekali penjelasannya,,Jadi tahu keutamaan puasa Nabi Das AS. terima kasih..SUBHANALLAH .

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Barakallahu fiikum …

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  • Agus Vedic

    Saya suka sekali penjelasannya..jadi tahu keutamaan puasa Nabi Daud AS. terima kasih ..SUBHANALLAN.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Barakallahu fiikum.

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  • anim

    Assalamu’alaikum ustadz..
    ustadz knapa faedah puasa daud ini gk di rincikan faedah dalam kehidupan dunia, seperti halnya puasa senin-kamis yang anim dapat faedahnya mendktkan jdoh, awet mudah, dll..
    anim uda lakuin puasa daud tapi anim ingin dapat faedah yang riil lah ustadz supaya semakin semangat anim laksanainnya, karena slama ini anim biasa puasa senin kamis ustadz… :(

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Kita rincikan berdasarkan dalil.

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ٢٢‏/٠٣‏/٢٠١٣، الساعة ٧:٥١ م، كتب “Disqus” :

  • Nurhidayati

    jika kita berniat puasa sunnah senin dan juga berniat puasa daud kemudian pusa daud dilaksanakan lagi pada hari rabu setalah itu pada hari kamisnya berniat pusa sunnah kamis bagaimana ustad ?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Tidak boleh krn puasa daud sdh paling maksimal. Jadi pilihlah salah satunya.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      • Nurhidayati

        trus bagaimana dengan puasa kamis yang sy lakukan hari ini ustad ?
        apakah sah atau tidak ?

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Sesuaikan ajaranmu dg ajaran Rasul. Sehingga lain kali harus berilmu sblm beramal.
          Sent from my BlackBerry®
          powered by Sinyal Kuat INDOSAT

          • Nurhidayati

            syukran ustad atas ilmunya,mudahan dengan ini saya bisa mengamalkannya

          • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

            Barakallahu fiikum.

            Sent from my BlackBerry®
            powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  • http://www.facebook.com/ciaul.ontaarab Ci’ Aul Siihareem OntaArab

    assalamualaikum,sampai kapan kita dianjurkan untuk berpuasa daud pak ustadz.. apakah semampu kita kah?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Semampunya.

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ١٠‏/٠٥‏/٢٠١٣، الساعة ١:١٠ م، كتب “Disqus” :

  • eka

    Assalamu alaikum wr wb, saat ini sy puasa (tepat dihari jumat ) untuk byr utang puasa, tp bsk ( sabtu )niat untuk puasa rajab..itu gmn ustad, ?diperbolehkan atau gimana….
    Tks, mhn sarannya

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam

      Tdk ada puasa khusus di bulan rajab

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ١٠‏/٠٥‏/٢٠١٣، الساعة ١:١٣ م، كتب “Disqus” :

  • Eka Nuraini

    Assalamu’alaykum wr wb.

    Ustadz,

    jika kita puasa daud dimulai hari senin, selanjutnyakan hari rabu, jum’at dst.

    jika hari kamis kita puasa sunnah kamis (diantara rabu dan jum’at), apakah boleh..?

    Syukron.

    wassalamu’alaykum wr wb

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Puasa daud sdh paling maksimal, tdk bisa ditambah lg dg puasa senin kamis
      Muhammad Abduh Tuasikal
      Rumaysho.com via my Iphone

      في ٢٣‏/٠٥‏/٢٠١٣، الساعة ٤:٠٥ م، كتب “Disqus” :

  • Iwan Fadilah

    Assalamualaykum warahmatullah.., pingin laksanakan lagi…dulu pernah pada tahun 1998-1999, hasil diperoleh tak bisa diuraikan dengan kata..Syukron Ustadz..terima kasih sudah mengingatkan.

  • Akbar Abdulfattah

    Ustad, puasa daud + puasa sunnah lainnya dibolehkan ndk ? contoh puasa daud + assyura ?

  • Bayu Ashmara

    assalaumalaikum wr wb .
    maaf ustad saya sudah liat posting ustad dan yang lain* .
    dan juga hampir yang mau saya tanya sama dengan teman* yang lainya ustad .
    saya disini hanya bertanya yang lebih jelas lagi ..
    jadi kalau misalnya kita sudah puasa daud , kita dilarang puasa sunnnah senin kamis gtu ustad ?
    trus kita puasa daut sehari puasa sehari berbuka . gmana kalau hri ni puasa untuk menunaikan puasa daut besoknya puasa 9 10 11muharram/puasa Arafah atu juga puasa yang sunah yang lainnya . apa kita puasa atau tidak untuk puasa ??

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam.

      jadi kalau misalnya kita sudah puasa daud , kita dilarang puasa sunnnah senin kamis gtu ustad ? >> iya dilarang, karena puasa daud sdh paling maksimal.
      Ketika bertemu dengan tgl 9,10,11 Muharram, saran kami hentikan puasa Daud untuk sementara.

      2013/11/21 Disqus

  • Ade Safitri

    Jazakallahu khairan.. sangat bermanfaat ilmunya ya Ustadz.

  • mohammad ibnu ahmad

    Assalamu’alaikum ustadz,
    afwan, ada yg bertanya kepada saya: apakah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam juga melaksanakan puasa daud ataukah itu hanya anjuran kepada ummatnya saja..?
    Syukron.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam.
      Kalau beliau pun tidak melakukannya, namun sudah cukup perintah beliau bagi umatnya, menunjukkan perintah tersebut boleh diamalkan.

      • mohammad ibnu ahmad

        Syukron wa jazakallahu khairan

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Wa jazakumullah khoiron.

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Wa’alaikumussalam. Masih boleh.

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Moga Allah beri keistiqomahan pada kita semua.

    2014-03-15 7:09 GMT+07:00 Disqus :

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Silakan datang ke kajian2 kami di Jogja.

  • elfimardi123

    Ustadz, bgm jika kita berpuasa daud hr selasa, kemudian dilanjtkn hari kamis, namun hari sabtu dan senin tdk puasa krn suatu sebab, lalu kita lanjutkan lagi selasa berikutnya. Apakah itu dibolehkn ustadz?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Namanya puasa daud, sehari puasa sehari tidak. Aturannya spt itu.