Hukum Wanita Memakai Celana Panjang


Syaikh Ibnu Jibrin rahimahullah ditanya, “Apa hukum memakai celana panjang bagi para wanita ketika bukan di hadapan suaminya?

Beliau rahimahullah menjawab,

Tidak boleh bagi seorang wanita di hadapan selain suaminya untuk mengenakan celana seperti itu karena jika ia mengenakan seperti itu maka itu akan menampakkan bentuk lekuk tubuhnya. Padahal para wanita diperintahkan untuk mengenakan pakaian yang menutupi seluruh badannya[1].  Wanita adalah biang fitnah (mudah menggoda yang lainnya). Segala sesuatu yang menampakkan bentuk lekuk tubuhnya diharamkan untuk ditampakkan pada pria atau pada wanita dan selainnya, kecuali pada suaminya. Suaminya boleh saja melihat dirinya, yaitu pada seluruh badannya. Wanita boleh saja menggunakan celana panjang yang longgar atau yang sempit sekali pun, atau semacamnya. Wallahu a’lam.

[Syaikh Ibnu Jibrin, An Nukhbah minal Fatawa An Nisaiyah[2]]

Syaikh Sulaiman bin ‘Abdillah Al Maajid ketika ditanya masalah ini menjawab,

“Jika celana tersebut longgar dan menutupi hingga lutut, maka boleh dikenakan di hadapan para wanita dan mahromnya. Adapun jika celana tersebut sempit, maka tidak boleh ditampakkan pada wanita lainnya kecuali pada suaminya saja. Wallahu a’lam.”[3]

***

Fatwa ini kami sertakan untuk menjawab pertanyaan Ummu Shafiyyah di kolom konsultasi Rumaysho.com di sini. Semoga bermanfaat.

 

Prepared after Zhuhur in Riyadh, KSA, 25 Dzulhijjah 1431 H (01/12/2010)

By: Muhammad Abduh Tuasikal

www.rumaysho.com




[1] Beda dengan pria, aurat pria mulai dari pusar hingga lutut. Sehingga tidak mengapa menggunakan celana panjang selama tidak terlalu ketat. Dalam hadits disebutkan, “Karena di antara pusar sampai lutut adalah aurat.” (HR. Ahmad 2/187, Al Baihaqi 2/229. Syaikh Syu’aib Al Arnauth menyatakan sanad hadits ini hasan) Sedangkan wanita diperintahkan untuk menutup auratnya seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangannya.

[2] Dinukil dari http://majles.alukah.net/showthread.php?t=30276.

[3] Silakan lihat di sini: http://www.salmajed.com/ar/node/5964



Pernah mengenyam pendidikan S1 di Teknik Kimia UGM Yogyakarta dan S2 Polymer Engineering di King Saud University Riyadh. Pernah menimba ilmu diin dari Syaikh Sholeh Al Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy Syatsri, dan Syaikh Sholeh Al 'Ushoimi. Aktivitas beliau sebagai Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul, Pengasuh Rumaysho.Com, serta Pimpinan Redaksi Muslim.Or.Id.

Artikel Terkait

  • Samnawi

    alhamdulillah

  • ummu abdul aziz

    ustdz, afwan ana mau, apakah wanita memakai celana panjang, tidak termasuk pada wanita yang menyerupai pakaian laki2???

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      itu tidak menyerupai pakaian laki2 jk dipakai dalam rumah. banyak ulama yg jelaskan demikian.

  • Eby

    assalamu’alaikum…
    saya mau tanya..
    d sekolah adik saya di haruskan memakai celana panjang ketika pelajaran olahraga..
    apakah boleh memakainya atau tidak???

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      wa’alaikumus salam.
      bertakwalah kepada Allah semampu kalian.

  • Sundiana711

    Assalamualkm ww… Bukannya ada satu hadist yg isinya melarang wanita memakai pakaian yg menyerupai pakaian laki2 (mis: celana panjang) ?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam.
      Sebagian ulama pernah kami baca fatwanya, menyatakan bahwa selama celana panjang itu tidak dipakai di luar rumah dan tidak sempit jika dipakai dihadapan wanita lain, mk itu tdk menyerupai pria.

  • Juniyetty

    Assalamu’alaikum… saya mau tanya bagai mana klu wanita pakai celana panjang tapi atasannya panjang (melebihi pantat) karena saya sering mengendarai sepeda motor…. apakah boleh….??

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam.
      Kalau itu dipakai di dalam rok, mk itu tdk mengapa. Wallahu a’lam.

  • D354iner

    Ustadz, afwan mau tanya. apa yg dimaksud pakaian laki-laki? di Arab sana khan banyak juga laki-laki memakai gamis. jazakallohu

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      pakaian laki2 adl dilihat dr kebiasaan masyarakat setempat. Di Arab memang sudah terbiasa pakai gamis.

  • D354iner

    tanya lagi, bagaimana hukumnya sholat memakai celana panjang (plus kaos kaki)? mohon dijawab. Jazakallohu

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      coba renungkan lagi tulisan di atas.

  • riesha al muslimati

    assalamu’alaikum wr.wb…afwan ustad, ana mau tanya bagaimana hukumnya tentang wanita yg menggunakan celana panjang karena tuntutan, mis:seperti di rumah sakit…sebagian besar para perawat menggunakan celana panjang, namun tidak ketat. mohon dijawab ustad, sukron

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      wa’alaikumus salam
      tetap tdk dibolehkan.

  • Yathieati

    jadi wanita haram memakai celana,aq sampai sekarang ga pernah memakai celana karena bagaimana pun longgar tapi bentuk tubuh tetap kelihatan yang wloupun teman2 mengolok q ketinggalan zaman tapi aq ga pengaruh

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Alhamdulillah … Moga Allah terus beri keistiqomahan.

  • tha-tha

    saya masih sering pakai celana karena sering pakai motor (pada dasarnya saya lebih suka pake rok) tapi kalo pake rok,,agak ribet,,apakah itu tetep gak boleh???terus seperti yang diitanyakan sahabat sebelumnya,,kalo itu ketentuan instansi n celananya juga longgar???apakah tetep gak boleh????
    agama islam itu kan mempermudah uztadz…
    dan apakah itu gak bisa dimasukkan ke dalam hukum darurat???

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      1. wanita tempatnya adl di rumah, jadi alasan spt di atas itu untuk wanita yg keluar rumah
      2. tetap rok yg harus digunakan karena itu yg lebih menutup sempurna aurat wanita.

  • Yantiitb08

    Assalamualaikum ust. Saya seorang mahasiswi teknik geologi, terkadang karena prosedur keamanan di lapangan (misal ketika mendaki bukit) saya memakai celana panjang yang longgar. Lalu bagaimana jika kondisi saya seperti ini ust? Terimakasih

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam. Bertakwalah pd Allah semampumu. Tetaplah memakai rok, dilapisi celan di dalamnya.

      Wallahu waliyyut taufiq.

  • kurnia

    saya menggunakan gamis sehari2 dikantor dan dimanapun jika keluar dari rumah. didalamnya (di dalam gamis) saya manggunakan celana panjang yang longgar karena biasanya menggunakan motor. gimana dong ustdz? 

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Spt itu boleh.

  • Ruqayanisa

    assalamu’alaikum ustz..
    sebelum saya menikah saya menggunakan rok dan kaus kaki tapi setelah menikah suami saya menyuruh saya menggunkan celana dan melepas kaus kaki saya. bagaimana ini ustz?

  • Dewi_QA

    assalamu’alaikum..
    saya selalu menggunakan celana panjang baik dirumah maupun saat keluar. sebenarnya saya juga ingin memakai rok setiap waktunya, tetapi saya tidak memiliki rok, dan saya juga tidak berani meminta kepada orangtua saya karena faktor ekonomi. lalu bagaimana ustadz? terima kasih, mohon dijawab.

  • http://medindra.wordpress.com/ Indra Yudhawan

    Afwan ustadz, jika seorang wanita itu trauma karena beberapa kali memakai rok, dan menjadi “incaran” orang yang berniat buruk (bukan kepada kejahatan tapi pelecehan), sehingga menimbulkan trauma berkepanjangan. dan sebenarnya dia ingin memakainya setiap saat, tapi baru berani nanti setelah memiliki suami dan kemana-mana dengan suami, makan setiap hari dia akan meninggalkan traumanya secara perlahan. 

    sedangkan untuk celana yang dipakainya adalah yang cukup besar, dan longgar (seperti celana agak kebesaran).
    bagaimana menurut ustadz? jazakallahu khair

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Tetap tdk boleh walaupun longgar, krn celana panjang menampakkan lekuk aurat wanita. Sikapi diri dengan memakai jilbab yg besar, mk insya Allah tdk akan dinakali.

  • abu nabila

    kalau bagi yang produksi celana khusus untuk daleman akhwat boleh tidak ustadz ?celana model daleman akhwat trus di pasarkan lewat kajian2…

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Asalnya boleh.

  • ratih yulimurti

    bagaimana kalau wanita pake celana panjang sopan n atasan sepanjang paha, boleh gak? karena saya nyaman seperti itu, trimakasih<