Barang yang Haram Diperdagangkan


Banyak warung, toko dan pusat perbelanjaan tidak lagi mengenal halal dan haram, pokoknya apa saja dijual asalkan mendapatkan untung. Dengan modal yang berusaha sekecil mungkin, diharap bisa meraih keuntungan yang besar. Maka segala cara pun ditempuh bahkan untuk memperdagangkan barang yang haram. Padahal Islam tidak menghalalkan segala cara untuk meraih rizki. Ada cara yang benar yang mesti ditempuh. Seorang muslim harus menghindarkan diri dari memperdagangkan barang yang haram demi mendapatkan rizki yang barokah.

Berikut adalah beberapa komoditi atau barang yang haram diperdagangkan atau diperjual belikan:

1. Khomr (minuman keras atau setiap yang memabukkan)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ketika turun ayat-ayat akhir surat Al Baqarah (tentang haramnya khomr), Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar lantas bersabda,

حُرِّمَتِ التِّجَارَةُ فِى الْخَمْرِ

Perdagangan khomr telah diharamkan” (HR. Bukhari no. 2226).

2. Bangkai

3. Babi

4. Berhala

Dari Jabir bin Abdillah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di Mekah saat penaklukan kota Mekah,

إِنَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الْخَمْرِ وَالْمَيْتَةِ وَالْخِنْزِيرِ وَالأَصْنَامِ » . فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْتَ شُحُومَ الْمَيْتَةِ فَإِنَّهَا يُطْلَى بِهَا السُّفُنُ ، وَيُدْهَنُ بِهَا الْجُلُودُ ، وَيَسْتَصْبِحُ بِهَا النَّاسُ . فَقَالَ « لاَ ، هُوَ حَرَامٌ » . ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – عِنْدَ ذَلِكَ « قَاتَلَ اللَّهُ الْيَهُودَ ، إِنَّ اللَّهَ لَمَّا حَرَّمَ شُحُومَهَا جَمَلُوهُ ثُمَّ بَاعُوهُ فَأَكَلُوا ثَمَنَهُ

Sesungguhnya, Allah dan Rasul-Nya mengharamkan jual beli khamar, bangkai, babi, dan patung.” Ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu mengenai jual beli lemak bangkai, mengingat lemak bangkai itu dipakai untuk menambal perahu, meminyaki kulit, dan dijadikan minyak untuk penerangan?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh! Jual beli lemak bangkai itu haram.” Kemudian, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semoga Allah melaknat Yahudi. Sesungguhnya, tatkala Allah mengharamkan lemak bangkai, mereka mencairkannya lalu menjual minyak dari lemak bangkai tersebut, kemudian mereka memakan hasil penjualannya.” (HR. Bukhari no. 2236 dan Muslim, no. 4132).

5. Anjing

Dari Abu Mas’ud Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَمَهْرِ الْبَغِىِّ وَحُلْوَانِ الْكَاهِنِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang hasil penjualan anjing, penghasilan pelacur dan upah perdukunan” (HR. Bukhari no. 2237 dan Muslim no. 1567).

Dalam hadits Jabir bin ‘Abdillah dikecualikan anjing yang dimanfaatkan untuk buruan. Dari Jabir, ia berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ السِّنَّوْرِ وَالْكَلْبِ إِلَّا كَلْبَ صَيْدٍ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang upah penjualan kucing dan anjing kecuali anjing buruan” (HR. An Nasai no. 4668. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

6. Darah

Dari Abu Juhaifah, beliau berkata,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – نَهَى عَنْ ثَمَنِ الدَّمِ ، وَثَمَنِ الْكَلْبِ ، وَكَسْبِ الأَمَةِ ، وَلَعَنَ الْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ ، وَآكِلَ الرِّبَا ، وَمُوكِلَهُ ، وَلَعَنَ الْمُصَوِّرَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang hasil penjualan darah, hasil penjualan anjing dan upah dari budak wanita (yang berzina). Beliau juga melaknat orang yang mentato dan yang meminta ditato, memakan riba (rentenir) dan yang menyerahkannya (nasabah), begitu pula tukang gambar (makhluk yang memiliki ruh)” (HR. Bukhari no. 2238). Yang termasuk di sini adalah darah yang haram dimakan disebut “dideh” (dikumpulkan dari hasil penyembelihan hewan lalu diolah) atau darah untuk transfusi (donor darah).

7. Kucing

Dari Jabir, beliau berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari hasil penjualan anjing dan kucing” (HR. Abu Daud no. 3479 dan An Nasai no. 4668. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

8. Gambar yang memiliki ruh (manusia dan hewan)

Dari Sa’id bin Abil Hasan, ia berkata,

كُنْتُ عِنْدَ ابْنِ عَبَّاسٍ – رضى الله عنهما – إِذْ أَتَاهُ رَجُلٌ فَقَالَ يَا أَبَا عَبَّاسٍ إِنِّى إِنْسَانٌ ، إِنَّمَا مَعِيشَتِى مِنْ صَنْعَةِ يَدِى ، وَإِنِّى أَصْنَعُ هَذِهِ التَّصَاوِيرَ . فَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ لاَ أُحَدِّثُكَ إِلاَّ مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ سَمِعْتُهُ يَقُولُ « مَنْ صَوَّرَ صُورَةً فَإِنَّ اللَّهَ مُعَذِّبُهُ ، حَتَّى يَنْفُخَ فِيهَا الرُّوحَ ، وَلَيْسَ بِنَافِخٍ فِيهَا أَبَدًا » . فَرَبَا الرَّجُلُ رَبْوَةً شَدِيدَةً وَاصْفَرَّ وَجْهُهُ . فَقَالَ وَيْحَكَ إِنْ أَبَيْتَ إِلاَّ أَنْ تَصْنَعَ ، فَعَلَيْكَ بِهَذَا الشَّجَرِ ، كُلِّ شَىْءٍ لَيْسَ فِيهِ رُوحٌ

Aku dahulu pernah berada di sisi Ibnu ‘Abbas –radhiyallahu ‘anhuma-. Ketika itu ada seseorang yang mendatangi beliau lantas ia berkata, “Wahai Abu ‘Abbas, aku adalah manusia. Penghasilanku berasal dari hasil karya tanganku. Aku biasa membuat gambar seperti ini.” Ibnu ‘Abbas kemudian berkata, “Tidaklah yang kusampaikan berikut ini selain dari yang pernah kudengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku pernah mendengar beliau bersabda, “Barangsiapa yang membuat gambar, Allah akan mengazabnya hingga ia bisa meniupkan ruh pada gambar yang ia buat. Padahal ia tidak bisa meniupkan ruh tersebut selamanya.” Wajah si pelukis tadi ternyata berubah menjadi kuning. Kata Ibnu ‘Abbas, “Jika engkau masih tetap ingin melukis, maka gambarlah pohon atau segala sesuatu yang tidak memiliki ruh” (HR. Bukhari no. 2225).

9. Segala benda yang haram dan yang dimanfaatkan untuk tujuan haram

Dari Ibnu ‘Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى إِذَا حَرَّمَ شَيْئًا حَرَّمَ ثَمَنَهُ

Sesungguhnya jika Allah Ta’ala mengharamkan sesuatu, maka Allah mengharamkan upah (hasil jual belinya)” (HR. Ad Daruquthni 3: 7 dan Ibnu Hibban 11: 312. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Dalam lafazh musnad Imam Ahmad disebutkan,

وَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِذَا حَرَّمَ أَكْلَ شَيْءٍ ، حَرَّمَ ثَمَنَهُ

Sesungguhnya jika Allah ‘azza wa jalla mengharamkan memakan sesuatu, maka Dia pun melarang upah (hasil penjualannya)” (HR. Ahmad 1: 293. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih). Oleh karenanya segala makanan atau minuman yang diharamkan, maka diharamkan pula jual belinya semisal jual beli hewan buas yang bertaring, darah, anjing, burung yang bercakar, hewan jalalah (yang mengkonsumsi najis), tikus, ular, semut dan katak.

Contoh yang dimanfaatkan untuk tujuan haram adalah alat musik dengan berbagai macam jenisnya, bahkan terdapat hadits khusus yang menyebutkan penjualannya yang haram. Dari Abu ‘Amir atau Abu Malik Al Asy’ari telah menceritakan bahwa dia tidak berdusta, lalu dia menyampaikan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِى أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ ، وَلَيَنْزِلَنَّ أَقْوَامٌ إِلَى جَنْبِ عَلَمٍ يَرُوحُ عَلَيْهِمْ بِسَارِحَةٍ لَهُمْ ، يَأْتِيهِمْ – يَعْنِى الْفَقِيرَ – لِحَاجَةٍ فَيَقُولُوا ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا . فَيُبَيِّتُهُمُ اللَّهُ وَيَضَعُ الْعَلَمَ ، وَيَمْسَخُ آخَرِينَ قِرَدَةً وَخَنَازِيرَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Sungguh, benar-benar akan ada di kalangan umatku sekelompok orang yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat musik. Dan beberapa kelompok orang akan singgah di lereng gunung dengan binatang ternak mereka. Seorang yang fakir mendatangi mereka untuk suatu keperluan, lalu mereka berkata, ‘Kembalilah kepada kami esok hari.’ Kemudian Allah mendatangkan siksaan kepada mereka dan menimpakan gunung kepada mereka serta Allah mengubah sebagian mereka menjadi kera dan babi hingga hari kiamat” (HR. Bukhari secara mu’allaq –tanpa sanad- dengan lafazh jazm/ tegas).

Yang termasuk dalam hal ini lagi adalah jual beli rokok, dadu, kartu judi, buku yang berisi kekufuran, kebid’ahan, pemikiran sesat atau berisi akhlak yang rusak seperti buku porno, buku yang berisi gambar perempuan yang membuka aurat, baju yang terdapat gambar makhluk yang memiliki ruh –seperti pada baju anak atau kaos bola yang terdapat gambar pemain bola-, baju yang terdapat gambar wanita, pakaian wanita yang ketat dan seksi, dan baju yang memiliki salib.

Semoga Allah memudahkan para pedagang dan setiap yang terjun dalam bisnis untuk memperhatikan yang haram untuk dijauhi dan mencukupkan diri dengan yang halal.

Wallahu a’lam, wallahu waliyyut taufiq was sadaad.

 

Referensi:

  1. Al Mulakhosh Al Fiqhiy, Syaikh Dr. Sholih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al Fauzan, terbitan Darul Ifta’, cetakan kedua, 1430 H.
  2. Al Wajiz fi Fiqhis Sunnah wal Kitabil ‘Aziz, Syaikh Dr. ‘Abdul ‘Azhim Badawi, terbitan Dar Ibnu Rajab, cetakan ketiga, 1421 H.
  3. Syarh ‘Umdatul Fiqh, Syaikh Prof. Dr. ‘Abdullah bin ‘Abdul ‘Aziz Al Jibrin, terbitan Maktabah Ar Rusyd, cetakan keenam, 1431 H.

 

@ Ummul Hamam, Riyadh, KSA, 17 Rabi’uts Tsani 1433 H

www.rumaysho.com



Pernah mengenyam pendidikan S1 di Teknik Kimia UGM Yogyakarta dan S2 Polymer Engineering di King Saud University Riyadh. Pernah menimba ilmu diin dari Syaikh Sholeh Al Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy Syatsri, dan Syaikh Sholeh Al 'Ushoimi. Aktivitas beliau sebagai Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul, Pengasuh Rumaysho.Com, serta Pimpinan Redaksi Muslim.Or.Id.


  • Adityanuril

    apa yg dimaksud penjualan darah disini? apakah darah yang haram dimakan (dideh)? atau darah utk transfusi? kan di rumah sakit mau tidak mau beli darah kalo dah keadaan darurat….

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Dua-duanya termasuk.
      Untuk kasus di rumah sakit, yg menjual itulah yg makan uang haram saat si konsumen butuh krn darurat.

      • Myusuf

        Bagaimana hukum si konsumen? apakah dikategorikan mubah karena darurat ?

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Jika yg dimaksudkan adl untuk membeli darah transfusi dan dalam keadaan darurat, itu boleh. Dosanya bagi yg menjual.

          • Rienz Snailly

            bagaimana kalau alasannya bukanlah untuk mengabil keuntungan?
            misalhnya untuk mengganti biaya dalam penyelenggaraan donor darah, misalnya biaya makanan, biaya pekerjanya, biaya trnasportasi, biaya iklan dsb.
            kan tidak mungkin ada acara donor darah yang tanpa biaya?
            dan kalau mengandalkan dari donatur saja, mungkin tidak cukup.
            gimana pak ustad?

  • Osabrina44

    jd klo jual kalender yg ada gambar manusia,misalnya gambar ka’bah yg ada org lg thawaf,bgmn…

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Jk kalender yg jadi tujuan utama, bukan gambarnya, maka spt ini tdk masalah. Namun sebaiknya dihindari semacam ini.

  • Silviaali Sharma

    Sy berpfrofesi sbg tk jait,kbanyakan dr mrk menjait kebaya dan gaun pesta,apakah itu jg haram?trimakasih

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Tdk boleh menerima orderan spt itu jika pakaiannya ketat. Wallahu a’lam.

  • kholis

    bagaimana hukum menjual telur semut untuk pakan burung?  apakah haram juga ustadz?

    jazakallahu khoir

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wallahu a’lam, sebaiknya tdk dijual

  • Sugianto Gianto

    Ustdz izin saya share

  • adin

    bagaimana dengan usaha warnet ustadz?haram atau halal?

  • Arfi

    Assalamualaikum,,izin share

  • Klimatologi

    Assalamualaikum…. Brarti penjualan jasa tatto = Haram ??

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Waalaikumussalam. Iya

      Muhammad Abduh Tuasikal
      Riyadh, Kingdom of Saudi Arabia

      By my IPhone

      في 13 Mar 2012، الساعة 01:57 PM، كتب “Disqus” :

  • Rienz Snailly

    kalo melukis ga boleh, kalo foto boleh ga?

    pajang foto keluarga di rumah, apa boleh?
    trus katanya gambarlah pohon atau yg tdk memiliki ruh.
    bukankah pohon itu makhluk hidup? makhluk hidup itu punya ruh kan?

    mohon bimbingannya…

  • Pras

    asslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    maaf sebelumnya ,, saya siswa dari sekolah seni,
    kalo kita menggambar, melukis, sketsa dan sejenisnya dan kita dituntut oleh guru kita untuk menggambar, melukis, sketsa makhluk hidup yang ada ruhnya  itu bagaimana?

    apa yang harus kita lakukan?
    tetap melaksanakan atau mennolaknya,,

    terima kasih
    jazakallah

  • Tututmargasari84

    asslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    kalo pembelinya hukumnya bagaimana? saya sering membelikan anak saya pakaian dengan gambar hewan. mohon penjelasannya. terima kasih.
    wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam wa rahmatullah wa barakatuh

      Kalau tujuannya untuk memanfaatkan gambar hewannya, itulah yg bermasalah.

  • kusnia

    assalamualaikum..kalau menjual tirai yang berfungsi untuk menghindari nyamuk,,tp di tirai tersebut ada gambar kartunnya..boleh ngga ustadz..Mohon pencerahannya..syukron

  • http://www.facebook.com/YoungcubeR Jaenal Aripin

    Assalamualaikum ustadz

    jikalau saya menggambar robot, mobil ataupun motor, apakah itu berdosa dan haram?

    karena saya suka sekali menggambar itu, terus gimana kalo saya menjual gambar desain robot, mobil ataupun motor itu?

    lalu apakah boleh kita menggambar manusia dengan wajah yang dihapus? bagaimana hukumnya kita menjual gambar yang seperti ini (wajahnya dihapus macam yang ada di buku panduan sholat)

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam. Asal tidak berbentuk seperti makhluk.

      2012/12/30 Disqus

      • http://www.facebook.com/YoungcubeR Jaenal Aripin

        tapi saya sering liat di buku tata cara berwudhu atau sholat, peraganya gambar manusia, hanya wajahnya saja yg hilang, apakah itu tidak termasuk haram?

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Iya, kalau wajah hilang maka boleh.

          2012/12/30 Disqus

          • http://www.facebook.com/YoungcubeR Jaenal Aripin

            adi menggambar robot, mobil ataupun motor itu tidak apa, sebab mereka tidak punya wajah.

      • http://www.facebook.com/YoungcubeR Jaenal Aripin

        terus kalo saya menggambar pesawat gimana hukumnya? pesawat saja punya sayap seperti burung.

        berarti orang yg memperjualbelikan pesawat berdosa, sedangkan modal untuk membuat pesawat saja besar sekali.

      • http://www.facebook.com/YoungcubeR Jaenal Aripin

        mmm kalo saya bikin cerita, namun ada ilustrasinya, lantas ilustrasinya wajahnya saya hilangkan seperti yg ada di buku islami, apa cerita yang saya jual itu menjadi haram?

        saya lebih menekankan untuk menjual ceritanya

  • aris

    ass…
    gmn hukumx mnjual kosmetik yg terbuat dr minyak ular??

  • vian

    assalamuallaikum ukhti/akhi,
    kalau jual ebook dan software itu yang tidak kasat mata, dan transaksi via transfer bank serta ijab qabul lewat sms itu hukumnya bagaimana?
    mohon ditanggapi :)

  • hartina

    Saya mau buka usaha tempat olahraga memanah, yang saya jual adalah fasilitas untuk latihan memanah sekaligus menjual barang-barang yang digunakan untuk memanah. Apakah itu halal? Dalam hal ini, saya tidak dapat mengantisipasi pengunjung yang datang akan menggunakan baju apa, atau uang yang mereka bayarkan ke usaha saya berasal darimana. MOHON DIJAWAB, karna jika tidak halal, tidak akan saya buka.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Selama yang jual barang yang mubah sifatnya seperti itu, maka hukum membuka usaha tsb halal.

      2013/9/2 Disqus

  • Miko Sulistyo

    Asslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Saya mau tanya soalnya soal KUCING. Saya bingung karna ada sebagian Ulama yg mangatakan Kalau jual beli Kucing itu Halal karena KUCING ada manfaatnya.

    Apakah memelihara KUCING itu haram ? saya pernah dengar kalo KUCING itu adalah hewan kesayanga Nabi.

    Tolong dijelaskan. Terimakasih :)

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

    Keumuman hadits menyatakan bahwa kucing haram diperjualbelikan.

    2014-03-06 19:39 GMT+07:00 Disqus :

  • Budi

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

    Saya bekerja sebagai Quality Controller di perusahaan furniture, diantara produknya nya adalah kursi yang munkin digunakan untuk kebutuhan di Bar (Barstool) , bagaimana hukum pekerjaan saya ini , dan juga jenis pekerja lain yang bekerja di perusahaann seperti ini (bagian pengiriman,admin,dan team produksi)?

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.
    Walau tidak berkaitan langsung dg khamar, namun penjualan seperti itu sudah pantas dijauhi.

  • Isdar

    Mohon Maaf…Sya punya usaha jual beli ular…dan saya msh bingung..hukum haram atau tidak..??? tolong penjelasannya..thanks

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Jual beli ular, hukumnya haram.

  • alamsyah

    asslamua’laikum
    tolong jelaskan maksudnya “kaos bola yang terdapat gambar pemain bola”?

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Baiknya tdk.

  • Rahma

    Assalaamu’alaikum…
    Ustadz, bagaimana hukum menjual/membeli barang2 KW (tas, jam, dll) yg mana pembeli mengetahui bahwa barang yg dijual adalah kw/tiruan. Sedangkan pembeli tdk mampu membeli produk originalnya dikarenakan harganya terlalu tinggi (jutaan bahkan ada yg puluhan juta).
    Jazakallah…

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

    Kalau diketahui tiruan, tak masalah. Wallahu a’lam.