Ampuhnya Do’a Sapu Jagad


Banyak mungkin yang belum tahu bahwa do’a sapu jagad (Robbana aatina fid dunya hasanah …) mengandung makna yang luar biasa. Sampai-sampai dijelaskan bahwa do’a sapu jagad ini juga adalah do’a untuk mendapatkan wanita sholihah yang setiap orang menginginkannya. Coba kita renungkan baik-baik dalam artikel singkat berikut ini. Hanya Allah yang beri taufik.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Sangat Menyukai Do’a yang Singkat Namun Penuh Makna

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Hadits ini menunjukkan beberapa hal:

  1. Dianjurkannya do’a dengan lafadz yang ringkas namun mengandung banyak makna kebaikan.
  2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah diberi keistimewaan dengan jawami’ul kalim, yaitu diberikan kalimat-kalimat yang ringkas ketika diucap namun mengandung banyak makna dalam hukum dan ilmu.
  3. Kalimat yang paling baik adalah kalimat yang sedikit (ringkas), namun syarat makna. Oleh karena itu, sangat dianjurkan seseorang menggapai maksud dari pembicaraan dengan kalimat yang mudah, namun sarat makna.

Di antara do’a ringkas, namun penuh makna adalah do’a sapu jagad:

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma (Robbana) aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.”

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan,

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ .

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Muslim menambahkan,

إِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدَعْوَةٍ دَعَا بِهَا فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَدْعُوَ بِدُعَاءٍ دَعَا بِهَا فِيهِ.

“Jika Anas ingin menyeru dengan suatu seruan, beliau membaca do’a ini dan jika beliau ingin berdo’a dengan suatu do’a, beliau pun membaca do’a ini.”

Beberapa pelajaran dalam hadits ini:

  1. Dianjurkan untuk merutinkan do’a ini karena lafadznya begitu ringkas, namun mengandung permintaan kebaikan dunia dan akhirat.
  2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam paling sering membaca do’a ini karena do’anya sungguh penuh makna yaitu mencakup tiga hal: [1] meminta kenikmatan di dunia, [2] meminta kenikmatan di akhirat, serta [3] agar terbebas dari api neraka. Semoga Allah menganugerahkan kita tiga hal ini.
  3. Permintaan kebaikan di dunia yang dimaksudkan dalam do’a ini mencakup nikmat sehat, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rizki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal sholih, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir. Masya Allah … luar biasa cakupan do’a sapu jagad ini. Sampai-sampai meminta istri yang sholihah pun sudah tercakup di dalamnya.
  4. Adapun kebaikan di akhirat yang diminta dalam do’a ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia yaitu dimasukkannya ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut) dan diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat.
  5. Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram. –Inilah penjelasan Ibnu Katsir rahimahullah yang kami sarikan dari kitab tafsirnya ketika menjelaskan surat Al Baqarah ayat 201-. Begitu luar biasa dan ampuhnya do’a sapu jagad ini, begitu ringkas, namun makna yang dikandung begitu mendalam. Itulah do’a yang seharusnya bisa kita rutinkan.
  6. Para sahabat begitu semangat dalam memperhatikan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga mereka pun begitu semangat dalam menjalani ajaran Allah dan Rasul-Nya.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Referensi:

Bahjatun Naazhirin Syarh Riyadhish Sholihin, Salim bin ‘Ied Al Hilali, cetakan Dar Ibnul Jauzi, cetakan pertama, tahun 1430 H.

Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir, Dar Thoyibah, cetakan kedua, tahun 1420 H.

 

Disusun di Wisma MTI dan disempurnakan di Panggang-GK, 24 Rabi’ul Akhir 1431 H (08/04/2010)

 

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel www.rumaysho.com



Pernah mengenyam pendidikan S1 di Teknik Kimia UGM Yogyakarta dan S2 Polymer Engineering di King Saud University Riyadh. Pernah menimba ilmu diin dari Syaikh Sholeh Al Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy Syatsri, dan Syaikh Sholeh Al 'Ushoimi. Aktivitas beliau sebagai Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul, Pengasuh Rumaysho.Com, serta Pimpinan Redaksi Muslim.Or.Id.


  • http://www.facebook.com/ladyViekaSiregar Vĭĕ ◀◇━━○◦▪▫○◦▪◦○━━◇

    hmm…..ilmu bertambah :)

  • imadelveq

    yups.. alhamdulillah tambah n ilmu…
    sampai2 kl qt mau minta sepatu ya doanya tu ja.. hehe.e.^^

  • widh

    sukron atas pencerahannya ustadz, jazakallah khoiron…

  • abuahmad

    Bismillaah… ‘afwan akhi ‘Abduh, ana mau tanya kenapa dalam banyak artikel, kita menggunakan Tulisan Allah untuk mengaffirmasi Allooh Robbul ‘aalamiin..afwan,sepanjang pengetahuan ana yg terbatas ini,dalam bermanhaj yg benar bahkan Rosulullooh selalu mengajarkan kepada Sahabtnya R.A dan umatnya untuk menyelisihi orang kaafir/musyrik yng mana kita ketahui umumnya Kristiani di Indonesia dan bumi melayu lainnya menggunakan ejaan Allah tsb,sekali lagi niat ana hanya ingin tahu semoga dapat lebih menyempurnakan jariyah antum melalui tulisan2 yg bermanfaat..semoga antum brkenan menjawab,Baarokallooh fiikum.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Beberapa pertimbangan seperti ini sudah kami perbincangkan dengan redaksi di buletin At Tauhid tempat kami biasa menulis. Kami putuskan untuk memakai ejaan “Allah”, sesuai EYD. Ini tidak tasyabuh dengan nashrani, karena kita pun selalu membacanya dengan Alloh. Dan inilah yang biasa dipraktekan kaum muslimin di negeri ini, mereka menulis Allah tapi mereka bacanya Alloh. Silakan tanyakan pada yang lain. Dan juga hal ini akan membuat orang tidak menilai aneh ejaan kita. Suatu waktu ada yang tidak mau baca buletin At Tauhid dan web muslim.or.id gara2 kami memakai lafadz Alloh dan Rosululloh. Sehingga dengan ini kami putuskan ikuti EYD saja. Coba bandingkan dengan web sahabat kami di abumushlih.com.

      Semoga Allah beri hidayah demi hidayah pada antum.

  • http://www.facebook.com/people/Goo-Pray/100000120454303 Goo Pray

    Alhamdulillah….
    tambah ilmu ana….
    syukron ustadz

  • AbuSulthan

    Assalamu’alaikum Akhi Abduh, Ana mau tanya seputar tentang do’a yaitu tentang adab berdo’a mengangkat tangan. Saya pernah baca bahwa Rasulullah SAW waktu perang Badar pernah berdo’a dengan mengangkat tangan yangmana waktu itu dikisahkan karena beliau melihat pasukan kafir yang berjumlah 1000 orang sedangkan pasukan muslim hanya berjumalah 300 sekian (ma’af ana lupa angka pastinya) bahkan sahabat Abu Bakar berkata kepada beliau kenapa engkau sampai begitu sekali bukankah Allah pasti mengabulkan do’amu…..dst. Di lain riwayat juga dijelaskan bahwa menurut sahabat Anas bin Malik menceritakan bahwa beliau tak pernah melihat Rasulullah SAW berdo’a dengan mengangkat tangan kecuali pada shalat Istisqa’. Jadi mana yang rajih Akhi? Mohon penjelasannya. Jazaakallah khairan katsiiran !

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumus salam wa rahmatullah wa barakatuh

      Kesimpulan yang benar jika kita memperhatikan dalil2 yang ada mengangkat doa hukum asalnya dengan mengangkat tangan. Namun ada beberapa kondisi yang tidak mengangkat tangan semacam doa ketika sujud, ada yang cukup dengan jari telunjuk seperti ketika khutbah, dan ada yang dengan mengarahkan punggung telapak tangan ke langit. Kami belum sempat memasukkan hal tersebut di web ini, namun kalau di blog kami yang lama rumaysho.wordpress.com kami pernah bawakan fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin.

      Semoga Allah selalu beri tambahan ilmu kepada kita sekalian.

  • abu_abdillah_al_hanif

    assalamu’alaikum
    izin share ustadz…

  • hmamustofaskep

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Izin share ustadz . . . thanks that info

  • wawan

    Doa sapu jagad itu juga terdapat dalam al-Qur’an dalam surah Al Baqarah ayat 201 :

    وِمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    “Dan di antara mereka ada orang yang berdo’a: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” .

  • israyanti

    Saya rutin membaca doa ini sehabis shalat, tapi selamaini saya tidak tahu kalau maknanya begitu dahsyat. Terima kasih atas penjelasannya.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Alhamdulillah.

  • yanti koesmirawati

    alhamd.tambah. ilmu, terimakasih..mhn ijin share…

  • http://www.facebook.com/people/Tzunade-Az-zahra/100000293588129 Tzunade Az-zahra

    nice,,, i,, like it…

  • candradikarta

    akan kuamalkan walaupun do’a setelah sholat sering ku pintakan kepada allah swt..dan dipintakan setiap saat….makasih…wassalam…

  • Ababariq

    syukron, ustadz. izin copy

  • Megamustikam

    Alhamdulillah sudah saya baca sesudah shalat…

  • aca

    “Sampai-sampai dijelaskan bahwa do’a sapu jagad ini juga adalah do’a untuk mendapatkan wanita sholihah yang setiap orang menginginkannya.”
    Apakah berlaku hal yg sama untuk perempuan/akhwat tadz? Untuk mendapatkan suami yg sholeh? Barakallahufiik.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Iya itu pun berlaku. Semoga Allah mudahkan.

  • Fathanabu

    syukron,ijin share akh..

  • Wowongsuwandana

    syukron akh

  • Aryasaga

    Mohon tanya Pak ustad..apakah jika kita membaca doa ini akankah istri anak, kedua orang tua dan saudara2 saya, juga sdh otomatis terikut di doakan?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      kalau hati kita ditujukan pd mereka artinya ingin menyertakan mereka di dalamnya, maka itu pun termasuk. Semoga Allah mudahkan meraih kebahagiaan dunia, akhirat dan terlepas dr siksa neraka.

  • Aryasaga

    Apakah doa ini bisa dibaca didalam sholat khusunya pada sujud, duduk diantara 2 sujud dan setelah baca tahyiat akhir?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      kalau dlm shalat dibaca saat sujud dan setelah bacaan tahiyat akhir.

  • mira

    alhamdulillah bermanfaat sekali……hatur nuhun ustad………

    • rasidin

      ahli togel sgp hbgi 082319769444

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100002174897819 Ndutykehandmade Shop

    ternyata manfaatnya lebih dahsyat dari yg kuduga…

  • toni hartono

    kenapa ya padahal saya udah sering berdo’a dan bersedaqoh tapi ujian masalah ekonomi masih kekurangan

  • Azmi Fuadi96

    insya allah saya coba .. hehe

    ijin share ya wan .. syukron .. :D

  • Arifin_ridwan90

    insya allah…saya coba..saya hanya tinggal amal kan..saja ini.

  • Suhermanandi91

    semua amalan yg di berikan ke saya alham dulilah terbukti.

  • Embiesio

    Allahu Akbar ! Masya Allah begitu hebatnya doa sapu jagat :’)

  • Pmomen62

    subhanallah….

  • Fariz Darari

    Sekedar info bung, doa sapu jagad disadur dari Al Quran, Surat Al Baqarah ayat 201, jadi doa ini berasal dari Qur’an

  • syekh achmad syarief

    doa ini sangat bermanfaat bagi umat islam diseluruh dunia

  • mull

    subhanallah………

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Barakallahu fiikum.

  • jpry

    doa yg singkat dan bermakna
    alhamdulillah ats doa itu . oya gmna untuk doa tsbt untuk dzikir boleh ndak ya

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Alhamdulillah …

    • Erick Dwi Darmanto

      bolehaja mas bro asal niat karena allah

  • http://www.facebook.com/muhamadnooh.lasa Muhamad Nooh Lasa

    Masya Allah,banyak yang belum saya ketahui……”Perbaikilah urusan dunia akhiratku,ya Allah”

  • http://www.facebook.com/dohan.utama Dohan Utama

    saya pernah dikasih amalan sapu jagat untuk mencari jodoh dari seorang kyai(almarhum)… sebanyak
    21x ba‘da sholat fardu. tapi knp tdak dng waqina adzabannar? mohon opini sdr2, wassalaam…

  • Muhammad Riky Efendy

    Ustadz, pakai Allahumma atau Robbana di awal do’a?
    Setau saya, di Al-Qur’an di awali dengan “Robbana” ?
    Mohon penjelasannya ustadz..

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Boleh pakai dua2nya, karena dlm hadits pakai allahumma juga.

      Muhammad Abduh Tuasikal, MSc
      Rumaysho.com via My Ipad

  • Adjie Nurwahid

    Amiiin yaa Alloh yaa Robbal’alamiinn ….. semoga selamt dunia akhirat yaa Roob … Solla’alaa muhammad >>>> @.

  • ismaya

    Qobiltu,…………..Mohon ijin mengamalkan…….

    • rasidin

      Izinkan kami membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…
      Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!

      Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini:

      1. Di Lilit Hutang
      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
      3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel
      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat
      Jangan Anda Putus Asa…Anda Sudah berada Di blog yang sangat Tepat..Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja…

      Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual Dari MBAH KARYA 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% silahkan:

      Hub MBAH KARYA
      DI NOMOR 082-319-769-444

  • Imam Faiq

    Subhanallah…sungguh luar biasa do’a sapu jagad ini.

  • ibufirmida

    SAYA SEKELURGA BERTERIMAH KASIH BANYAK KEPADA (KI SOLEH) ATAS BANTUAN
    AKI YG ANGKA TELAH AKI BERIKAN KEPADA SAYA [2024] DULUNYA AKU MENDERITA
    SEKELUARGA SELAMA 2TAHUN SAYA HARUS KEMANA AMBIL UANG SAMPAI2 MOTOR SAYA
    KU GADAIKAN BUAT MAIN TOGEL ISTRI SAYA DAN KELURGA SAYA SLALU MENGELU
    GARA2 TIDAK MAKAN 1 HARI 1 MALAM TAPI SHYUKUR ADA TEMAN MEMBERIKAN SAYA
    NMOR (KI SOLEH) ALHAMDULILLAH ANGKA DARI (“KI SOLEH”) TRNYATA BETUL2
    JEBOL 100% DAN YG SKARANG SAYA SUDAH MEMBUKA TOKO DAN MOTOR SAYA YG
    PRNAH KU GADAIKAN SKARANG SAYA SUDAH BISAH TEBUS KEMBALI DAN YG INGIN
    BERLANGANAN (“KI SOLEH”) SILAHKAN HUB DI NMOR
    (_0_8_2_3_1_3_3_3_6_7_4_7_) SILAHKAN BUKTIKAN SENDIRI SAMA (“KI SOLEH”)
    TRIMAH KSIH…????

  • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

    Wa’alaikumussalam.
    wafii al-aakhirati hasanatan waqinaa
    ‘adzaaba alnnaari