Bermaksiat Lalu Beralasan dengan Takdir

Tidak boleh kita beralasan dengan takdir atas maksiat dan dosa yang telah kita lakukan. Mengapa?

Read more

Hukum Menyalatkan Orang yang Mati Bunuh Diri

Bolehkah menyalatkan orang yang mati bunuh diri? Misalnya, ia sengaja menggantung dirinya, menusuk diri dengan sebilah pisau, membakar diri, mengonsumsi racun atau menenggelamkan dirinya di tepi...

Read more

Ancaman Tidak Mengamalkan Ilmu

Sebagian orang yang belajar agama hanya untuk menambah wawasan, enggan diamalkan. Padahal seharusnya ilmu dipelajari supaya meningkatkan amalan. Karena amalan itu adalah buah dari ilmu.

Read more

Belajar Agama Hanya untuk Mencari Dunia

Inilah akibat orang yang belajar agama hanya untuk mencari dunia, tujuannya belajar bertahun-tahun adalah hanya untuk meraih gelar. Niat yang ikhlas karena Allah, itu yang mesti diperhatikan.

Read more

Perjanjian yang Tidak Sah dalam Jual Beli

Pernah kita melihat ada suatu persyaratan yang dipajang oleh sebuah toko, "Barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan lagi." Ini adalah persyaratan yang dibuat pemilik toko. Apakah setiap...

Read more

Muamalah

Perjanjian yang Tidak Sah dalam Jual Beli Perjanjian yang Tidak Sah dalam Jual Beli

Pernah kita melihat ada suatu persyaratan yang dipajang oleh sebuah toko, "Barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan lagi." Ini adalah persyaratan yang dibuat pemilik toko. Apakah setiap persyaratan atau perjanjian semacam ini sah? Atau masih melihat pada aturan Islam.

Shalat

Amalan

Akhlak

Ilmu Ushul dan Kaedah Fikih