Puasa Arafah Hari Jumat ataukah Sabtu?


Puasa Arafah Hari Jumat ataukah Sabtu?

Kita tahu bahwa puasa Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun. Kaum muslimin pada saat ini benar-benar bingung, apakah mesti berpuasa Arafah mengikuti wukuf di Arafah ataukah mengikuti hasil penglihatan hilal di negeri masing-masing?

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Ibnu Muflih dalam Al Furu’ -yang merupakan kitab Hanabilah- (3: 108) mengatakan, “Disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah. Demikian disepakati oleh para ulama.” Baca: Keutamaan Puasa Arafah.

Lalu untuk tahun ini (1435 H atau 2014), papan puasa Arafah? Jumat besok ataukah Sabtu lusanya? Temukan jawabannya di sini: Bingung, Puasa Arafah Ikut Siapa?

Kesimpulan dalam tulisan tersebut, puasa Arafah tetap mengikuti hasil penglihatan hilal di negeri masing-masing yaitu berpuasa pada 9 Dzulhijjah yaitu pada hari Sabtu meskipun tidak bersesuaian dengan wukuf di Arafah.

Saran saya sih puasa saja dua hari 8 dan 9 Dzulhijjah bagi yang memilih Idul Adha pada hari Ahad. Puasa tanggal 8 dapat keutamaan puasa awal Dzulhijjah.

Karena sepuluh hari pertama di awal Dzulhijjah adalah hari utama beramal shalih sebagaimana disebutkan dalam hadits,

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu ‘Abbas. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim)

Adapun dalil yang menunjukkan istimewanya puasa di awal Dzulhijjah karena dilakukan pula oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana diceritakan dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ .

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, …” (HR. Abu Daud no. 2437. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Di antara sahabat yang mempraktekkan puasa selama sembilan hari awal Dzulhijah adalah Ibnu ‘Umar. Ulama lain seperti Al Hasan Al Bashri, Ibnu Sirin dan Qotadah juga menyebutkan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut. Inilah yang menjadi pendapat mayoritas ulama. (Latho-if Al Ma’arif, hal. 459)

Puasa pada hari Sabtu dapat keutamaan puasa hari Arafah. Perlu diingat bahwa tidak ada dalil yang menyebutkan bahwa puasa Arafah harus ikut wukuf di Arafah. Bahkan yang lebih tepat syariat Puasa Arafah ada lebih dahulu dibanding syariat haji. Sehingga hari Arafah lebih tepat dikatakan pada 9 Dzulhijjah, bukan menyesuaikan wukuf jamaah haji di Arafah.

Adapun puasa Arafah pada hari Sabtu tidaklah masalah karena larangan puasa hari Sabtu tidak berlaku jika ada sebab seperti bertemu dengan puasa Arafah. Baca: Hukum Puasa Arafah pada Hari Sabtu dan baca pula Larangan Puasa Sunnah pada hari Sabtu.

Tak mengapa juga melakukan puasa pada hari Jumat meskipun tidak diikuti dengan hari sebelum atau sesudahnya. Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin berkata dalam Syarhul Mumthi’ (6: 465), “Dikecualikan dari larangan ini adalah jika berpuasa sebelum atau sesudah Jum’at, atau bertepatan dengan kebiasaan puasa seperti berpuasa pada ayyamul bidh, atau bertepatan dengan puasa Arafah, atau karena puasa nadzar.” Selengkapnya: Puasa Sunnah pada Hari Jumat.

Semoga bermanfaat. Hanya Allah yang memberi taufik.

Disusun di Pesantren Darush Sholihin, menjelang Ashar, 7 Dzulhijjah 1435 H

Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoComInstagram RumayshoCom

Milikilah buku karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal yang membahas qurban dan aqiqah secara lengkap dengan judul “Panduan Qurban dan Aqiqah”. Harga Rp.23.000,-, terbitan Pustaka Muslim Yogyakarta. Lihat infonya di sini.

Segera pesan via sms +62 852 00 171 222 atau BB 27EACDF5 atau WA +62 8222 604 2114. Kirim format pesan: buku qurban#nama pemesan#alamat#no HP#jumlah buku.



Lulusan S-1 Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan S-2 Polymer Engineering (Chemical Engineering) King Saud University, Riyadh, Saudi Arabia. Pernah menimba ilmu agama dari ulama besar seperti Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Sa'ad Asy-Syatsri dan Syaikh Shalih Al-'Ushaimi. Aktivitas: Pimpinan Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul dan Pengasuh Rumaysho.Com dan Penasihat Muslim.Or.Id.


  • Adhy Irawan S. Genic

    Di Indonesia sendiri Pemerintah menetapkan hari Ahad… Gimana?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Sdh jelas di artikel, ikut pemerintah.

  • Hamba Allah

    kalo mau puasa 8 dzulhijah tetap niatnya puasa 10 hari awal dzulhijah kan ust?
    bukan niat puasa arafah ?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Iya.

      Sent from my iPad Air

      • ivan

        Pa ustad jika sy awalnya niat puasa arafah di hari ini jumat, lalu setelah siang hari boleh tdk jika saya rubah niat puasa jadi puasa awal djulhizah, krn memilih puasa arafahnya nanti di hari sabtu.

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Boleh, dan itu yang lebih tepat.
          Barakallahu fiikum.

          Sent from my iPad Air

  • Hammam

    Assalamuallaikum wr.wb.
    Apa hukumnya yg melaksanakan puasa Arafah hari Jum’at besuk? Karena akan melaksanakan sholat Iedul Adha hari sabtu ssuai kyakinannya..
    Mohon penjelasannya..trmksh..

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Baiknya berpuasa dan berhari raya sesuai dg keputusan pemerintah krn yang pemerintah lakukan sdh sesuai sunnah.

      Sent from my iPad Air

      • fitri

        Assalamu’alaykum. Afwan ustadz apa klo menyelisihi pemerintah ( dlm hal ini puasa arafah) itu tdk sesuai sunnah. Soalnya sy ikut saudi. Maaf ustadz sy jd bingung.

        • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

          Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

          Ikuti pemerintah dlm puasa Arafah dan hari raya Idul Adha pd Sabtu dan Ahad, itu lebih selamat.

  • Abu fares

    tadz… jdi puasa arafah tahun ini di indonesia jatuh pada hari sabtu y tadz ???

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Iya, betul sekali.

  • gal

    ustad, apakah niat puasa di awal bln dzulhijah bs diniatkan saat pagi hari spt puasa sunnah lainnya atau hrs niat pd malam harinya?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Puasa sunnah blm niat di pagi hari asal blm makan sebelumnya.

  • muhammad yusuf

    assalamualaikum ustadz. lw saya puasa hari arafah pada sabtu , terus klau diteruskan puasa sunnah di hari keesokannya yaitu hari ahad , boleh ustadz.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Hari Ahad itu Idul Adha, tdk boleh puasa.

  • metta

    tadz,sy ikut sholat idul adha hari minggu, tetapi saya bingung dengan puasanya, berarti kan puasa arafahnya sabtu, kalau hari ini (jumat) puasa boleh ndak?
    jadi puasanya dua hari, sy bingungnya itu kan hari jumat, berarti kan phalanya adalah puasa awal dzulhijjah tapi hanya 1 hari dan hari jum’at.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Puasa Arafahnya hari Sabtu.

  • Pingback: Hari LebaranHari Lebaran Idul Adha 2014 berbeda | JatisariKu()

  • Rully Rahmawati

    Assalamu’alaikum ustad. kalo puasanya cuma hari sabtu besuk boleh kah ustadz ??

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Boleh.

      Sent from my iPad Air

  • Ahmad Rifa’i

    Kalo
    lebaran haji beda gini.. gmna besok puasa Arafahnya neh? kita berpuasa
    tapi di Saudi sudah lebaran. kalo ditinggalkan, sayang banget sunnah
    setahun sekali terlewat..?!
    ==============

    Sebagian ulama menyebutkan bahwa puasa arafah adalah puasa pada hari di mana jamaah haji melakukan wukuf di arafah.

    Tapi..
    jika
    di masa silam standar hari arafah itu mengikuti kegiatan jamaah haji
    yang wukuf di arafah, tentu kaum muslimin yang berada di tempat yang
    jauh dari Mekah, tidak mungkin bisa menerima info tersebut di hari yang
    sama, atau bahkan harus menunggu beberapa hari.

    Jika
    ini diterapkan, tentu tidak akan ada kaum muslimin yang bisa
    melaksanakan puasa arafah dalam keadaan yakin telah sesuai dengan hari
    wukuf di padang arafah. Karena mereka yang jauh dari Mekah sama sekali
    buta dengan kondisi di Mekah.

    Bagaimana menyikapi perbedaan penanggalan tersebut??

    Simak selengkapnya dalam video berikut:
    Puasa Arafah Berbeda dengan Hari Arafah
    https://www.youtube.com/watch?v=lH_knajH38I&list=PLjHEnudCFDrrEC_dTj4snIgoIFC5IsAWd&index=1

    Bantu
    BC ya.. agar smakin banyak muslim yang tahu info ini. semoga menjadi
    amal jariyah untuk anda telah menyebarkan kebaikan. thx

  • Haryani

    Pak ustadz bukankah disunahkan berpuasa 2hari 8dan9 dzullhijah. Hari jumat ini berpuasa sunah tarwiyah dan sabtu besok berpuasa sunah arafah
    tapi kok tidak dibahas puasa tarwiyahnya… berarti hari jumat ini bolehkan berpuasa sunah tarwiyah

  • Abdullah

    Tadz, hari Sabtu puasa Arafah ada yang yakin dan menganggap hari tasryik.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Sabtu bagi Indonesia masih puasa Arafah.

      Sent from my iPad Air

  • Ahmad Muridan

    Assalamu`alaikum. Wr. Wb. Pak Ustadz .
    Pak ustadz tapi berdasarkan hisab yang dilakukan Muhammadiyah bahwa idul adhanya hari sabtu tgl 4 Okt. berarti puasa arofahnya hari jumat sedangkan menurut pemerintah puasanya hari sabtu terus yg betul yang mana Pak Ustadz.mohon pencerahannya.
    Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Ikuti pemerintah yang sdh gunakan cara yang sesuai tuntunan.

      Sent from my iPad Air

  • muhammad yusuf

    assalamualaikum ustadz. Niatnya puasa hari arafah bagaimana tadz . . .?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Cukup dalam hati berkeinginan puasa Arafah.

      Sent from my iPad Air

  • miftahul fauzi

    Assalamualaikum ustd ,
    hari ini hari jumat saya sedang puasa, tapi td pagi saya niatnya puasa arafah ..gmana itu stad ?
    sdgkan sy mau ikut pemerintah iedul adha pd hari ahad.
    terimkasih

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh

      Bisa puasanya diganti puasa Awal Dzulhijah, besok baru puasa Arafah.

      Sent from my iPad Air

  • http://www.busanabidadari.com Busana Bidadari III

    lakukan apa yang menurutmu yakin untuk dilakukan.. jika ragu maka tinggalkan..
    saya pikir keputusan pemerintah sudah benar kita berpedoman pada hilal, te

  • Ida AW ZA

    Ustad niat puasa arafah?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Cukup dalam hati berkeinginan puasa Arafah, itu sdh disebut niat.

      Sent from my iPad Air

  • http://batam-kuliner.blogspot.com Abu Rama

    ustadz,,,bagaimana jika sudah terlanjur niat puasa arafah nya hari jum’at, apakah baiknya dilanjut saja atau di batalkan,,,karena niat awalnya sudah niat puasa arafah, sekarang setelah jalan setengah hari malah saya berkeyakinan ingin puasa arafahnya hari sabtu, bagaimana ustadz,,mhn penjelasanya

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Dilanjutkan dg niatan puasa awal dzulhijjah, besok baru berpuasa Arafah. Barakallahu fiikum.

      Sent from my iPad Air

  • M.Fikri Juan Saputra

    Bagaimana tadz jika saya puasa hari ini(hari jumat) apa hukumnya? Haram atau tidak?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Boleh, namun besok puasa Arafahnya.

      Sent from my iPad Air

  • haris pribadi

    Ustadz, sy ikutan kurban sapi di kampung, dn sy berniat idul qurban minggu semntara di kampung idul qurban sabtu. Apa sy ikut lebaran sabtu?

    • http://rumaysho.com Muhammad Abduh Tuasikal

      Pindahkan penyembelihan qurban pd hari Ahad.

  • AHMAD

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.ustadz, sy pernah baca buku, kita tidak boleh berpuasa hanya pada hari jum’at harus di ikuti hari seblum dan hari sesudah hari jum’at, klo puasa hari jum’at makruh. kalau hari sabtunya lebaran, brarti hari jum’atnya puasa ustadz, jdi kita harus puasa di hari kamis atau tdkppah kalau tidak ustadz?

  • Pingback: Hukum Puasa Arafah pada Hari Jumat | Rumaysho.Com | Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat()